Be A Mysterious Shopper

Yuk jadi Mysterious Shopper!!!

Eh... apa ini? kok langsung main ngajak-ngajak. Pasti pertanyaan itu yang ada di benak kalian ketika membaca kalimat pembuka postingan saya ini.

Tenang saya ngajaknya ke jalan yang benar kok. Insya Allah penghasilannya halal dan berberkah. Mengisi waktu senggang menjadi seorang Mysterious Shopper dan dibayar!!!

Benaran loh dibayar, tinggal pilih mau dibayar pake Dolar atau pake Euro.

Btw, apa sih Mysterious Shopper itu?
He... dari namanya sudah bisa merasakan aura keseraman dan bau petualangan ya.

Jadi kali ini saya mau bagi pengalaman nih gimana rasanya dan gimana caranya sih menjadi seorang Mysterious Shopper.



Ceritanya gini, saya menjadi Mysterious Shopper-nya Helion berawal dari membaca postingannya Mak Ratu (Teman sesama komunitas KEB). Beliau sudah lebih dulu gabung dan sudah merasakan hasilnya. Begitu pula dengan Kak Mugniar (Teman di Komunitas IIDN) yang baru saja withdrawl payment-nya dari Helion. So, karena mereka sudah merasakan hasilnya jadi saya percaya apa yang saya share kali ini bukan bohongan alias penipuan.

Dan saya sendiri sudah merasakan payment dari Helion, ASLI BERBAYAR!!! 
Setelah dua bulan bergabung saya baru berani menulis postingannya, kan sudah terbukti. 

Jadi Mysterious Shopper itu kita dikasi tugas sama Helion mengunjungi toko-toko yang ditunjuk, melakukan observasi, setelah itu setor laporannya ke Helion. Terus hasil laporan itu akan di review dan dinilai. Setelah final, baru deh kita dapat pembayaran atas kunjungan tersebut.


Nah pembayarannya saya terima via Skrill dengan mata uang Euro. Biar lebih percaya ini saya screenshot email notifikasi penerimaan dana dari Helion ke akun Skrill saya. Alhamdulillah ya!


Pasti pada penasaran gimana caranya jadi Mysterious Shopper? Mari kita bongkar :D

Step 1
Tentunya harus daftar dulu jadi member Helion. Bayar ga? Tenang it's FREE alias GRATIS.. TIS.. TIS... Input data diri dengan lengkap 

Step 2
Lengkapi profil sampai persentasenya 100%. Yup biar dipercaya untuk melakukan kunjungan ke toko-toko yang tersedia. Agar bisa 100% ikuti salah satu trainingnya

Step 3
Untuk payment bisa pakai Paypal atau Skrill. Karena lupa akun Paypall saya dan penasaran dengan yang namanya Skrill maka saya memilih Skrill sebagai media pembayaran dari Helion. Enaknya Skrill kita tidak perlu memiliki kartu kredit agar bisa terverifikasi. Jadi yang ga punya kartu kredit, Skrill recomended banget. Mau daftar Skrill ini linknya >>> https://www.skrill.com/
Note : pada saat daftar Skrill, saya sarankan pilih Currency-nya yang EURO, Hehe... biar kalau ditukar ke Rupiah nilainya lebih besar :D

Step 4
Tunggu sampai akun terverifikasi. Setelah terverifikasi kita bisa milih toko yang kita inginkan untuk dikunjungi. Daftar nama toko yang tersedia untuk dikunjungi beserta alamatnya ada di "My Available Evaluation". Untuk newbie dibatasi 4 toko dan harus disetujui dulu sama Community Manager. Setelah toko tersebut disetujui daftar toko itu akan masuk di menu "My Current Evaluation" biasanya juga ada emailnya juga. Kalau toko yang kita pilih belum ada di "My Current Evaluation" jangan langsung dikunjungi ya. Karena apa yang harus dikerjakan ada petunjuknya, harus dicatat dan ikuti trainingnya terlebih dahulu.  

Step 5
Setelah dapat persetujuan ikuti langkah dan petunjuk yang diberikan, lakukan kunjungan (sebisa mungkin jangan ketahuan pemilik/penjaga toko, namanya juga mysterious shopper), setelah itu isi kuisionernya. Gampang kan! Setelah ada penilaian dari Helion, fee-nya akan masuk di Payment Profile dan akan dibayarkan tiap tanggal 20 bulan berikutnya.

Nah kalau ada pertanyaan, bisa email si Community Manager. Emailnya pake sih kudu pake Bahasa Inggris (hehe... bisa pake google translate kok). 

Untuk tiap kunjungan beda-beda fee-nya dan semua dalam mata uang Euro. Tenang ada info nilai tukarnya kok dalam mata uang Rupiah. 

Tips :
  • Pilih toko yang dekat-dekat dulu, alias terjangkau dari tempat tinggal ataupun kantor. Untuk kunjungan perdana, pilih 1 toko saja. Kalau saya, milihnya waktu di Atrium Senen, Alhamdulillah dekat dari kosan dan kantor. 
  • Lihat due date-nya alias jatuh tempo evaluasinya. Apply jauh-jauh hari dari due date yang tercantum disitu. Kalau sudah mepet atau lewat dari due date bisa kirim email ke Community Manager diberi tenggat waktu dan due date-nya di undur. Tapi harus alasannya yang jelas kenapa due date-nya mau di undur.
  • Jangan lupa bawa handphone yang ada kameranya (usahakan kalo pas nge-jepret ga ketahuan sama karyawan/pemilik toko), bawa buku catatan dan pulpen, dan juga surat dari Helion bahwa kita adalah auditor (buat jaga-jaga kalau mereka curiga)
  • Perhatikan jadwal jam buka-tutup toko, jangan datang sebelum toko buka atau setelah tutup (hahaa... ya iyalah) 
Gitu deh kerjaannya Mysterious Shopper, seru! kayak berasa agen rahasia (tapi ini bukan mission imposibble loh). Kalau teman kantor saya nanya pas turun dari angkot "Ngapain lagi ke atrium?" saya jawabnya "nyari duit" hehehe :D
Jadi ke mall-nya bukan hamburin duit tapi nyari duit. Asyik kan!

Yuks! bagi yang pengen jadi Mysterious Shopper bisa daftar sekarang. Soale bulan depan project-nya sudah mulai jalan lagi. Dan banyak toko-toko yang masih di luar jangkauan misterious shopper yang lain. Apalagi di luar jawa kesempatan buat hasilin duit dari Helion lebih besar. Contohnya kak Mugniar, beliau Helioner pertama di Makassar hehe.. jobnya banyak tuh :D

Oke... sekian dulu sharingnya. Kalau ada pertanyaan tinggalin comment saja ya :D
Semoga bermanfaat!!!!



  





  

29 comments

  1. mba, saya dah ikutan.. ko g ada tugas sma sekali ya? apa emg udah selesai proyeknya? g ada yg buat apply nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk bulan ini mmg blm ada proyek mbak. Nnt bulan depan katanya baru ada lg

      Delete
  2. wah aku udah daftar, moga nanti ada proyek yang cocok lagi yaa aamiin

    ReplyDelete
  3. Kalau untuk Blogger daerah kabupaten, kira-kita tersedia toko atau tempat belanja yang bakal dituju nggak ya, mbak? *nasib blogger daerah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak elisa, iya mbak. Lokasi tokonya sesuai dengan yang terdekat dengan t4 tinggal kita masing2. Siapa tau mbak blogger pertama yang dapat job dari helion. kyk kak niar helioners pertama dari makassar :)

      Delete
  4. Mudah2an September nanti lancar ya Nu :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Validasi ID / KTP ya mbak. Iya tunggu verifikasi dari pihak helion. cepat kok biasanya :>)

      Delete
  6. waduh... berasa agen rahasia banget ya. Pake ngumpet2 segala buat ambil gambar aja. Tapi, ko jadi takut :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. iya mak rasa takutnya juga. Takut kepergok :-t

      Delete
  7. Aq juga mau daftar aaaah...
    Biar bs punya penghasilan yang lain, langsung resign dr kwrjaan yg skg...biar fokus ngurus rumah , anak² n suami...
    Semoga membawa keberkahan..aamiin..

    ReplyDelete
  8. hi mba..salam kenal..saya berdomisili di kota kecil di Mataram - Lombok..kira2 ada project sampe ke kampung gini ngga yah?? hehehe

    ReplyDelete
  9. mbak salam kenal, aku udah apply helion, sayangnya sebelum apply saya ga cek blog mbak dulu jd currency di skrill saya masukin dollar :(
    tp mbak, saya belum dapat job nih, kenapa ya?
    ada tips and trik ga mbak biar cepet dapat job? hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang lagi banyak job loh mbak!!!
      untuk lihat jobnya apa saja pilih menu My Assignment lalu pilih my available evaluation. Nah nnt akan tampi list nama2 toko yang mau d kunjungi, pilih saja toko yang terjangkau dengan tempat tinggal mbak.

      Oh iya... jangan lupa komplitin profilnya sampe 100% :d

      Delete
  10. Mak, mau nanya..Gimana buka trainingnya, ya? Mesti donlod apa? hehe..tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mbak, klik saja linknya yang ada tulisan "audit" atau "tablet non budget"

      Delete
  11. wah.. jadi penasaran! kebetulan kantor sebelahan sama mall.. :)) terima kasih infonya mbak..

    ReplyDelete
  12. Berasa agen rahasia ya mba. Tapi kalo di kota kecil apa ya memungkinkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mbak kyk agen rahasia gitu. Iya job helion masih di bbrp kota besar di Indonesia mbak

      Delete
  13. udah daftar, tapi job yg ada jauh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... jobnya baru di bbrp kota besar di indonesia

      Delete
  14. Kalau d Kota Parepare sdh ada kah ya? Eh tahun ini masih ada ngga nu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu di sulawesi cuma makassar saja blom ada d kabupaten.
      jobnya selalu ada sih per dua bulanan biasanya

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam