Ini Dia 7 Alasan Kenapa Harus Studi S2 di Telkom University




"Kenapa memilih Telkom University?"
Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan orang-orang di sekililing saya sejak awal mendaftar beasiswa LPDP tahun 2022 lalu hingga saat ini. Pertanyaan ini juga dilontarkan oleh pewawancara ketika mengikuti tes substantif LPDP. 

Sebuah pilihan yang agak anti mainstream bagi penerima beasiswa LPDP hehe...
Dimana biasanya para awardee memilih melanjutkan pendidikan magister di kampus luar negeri ataupun memilih kampus negeri yang paling top jika mendaftar untuk beasiswa dalam negeri.

Ketika mendaftar beasiswa LPDP kita bisa memilih tiga perguruan tinggi dan program studi. Pada waktu itu urutan prioritas kampus tujuan saya, sebagai berikut:
  1. Telkom University dengan program studi Manajemen
  2. Universitas Bina Nusantara dengan program studi Manajemen
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan program studi Magister Manajemen
Benar-benar anti mainstream kan!  

Pilihan perguruan tinggi tersebut bukan asal-asalan loh. Hal ini sudah melalui proses riset dan pertimbangan yang matang. Sini saya beri bocoran! Salah satu tips agar bisa lulus beasiswa LPDP adalah kita sudah tahu betul diri ini pengen belajar apa? pengen fokus di bidang apa? passion-nya apa? Bukan hanya melihat ranking kampus ya, tapi yang terutama adalah kampus yang kita tuju tersebut memberikan ilmu yang sesuai dengan bidang yang ingin dipelajari. 

Di depan Gedung Marore
Kampus Tel-U Gegerkalong



Berikut 7 alasan saya memilih melanjutkan studi S2 di Telkom University:

1. Hanya Telkom University yang punya konsentrasi Digital Business Strategy

Saya tertarik dengan Ekonomi Digital dan Transformasi Digital. Sayangnya berdasarkan riset yang saya lakukan, di Indonesia belum ada program studi ataupun konsentrasi yang terkait dengan ekonomi digital, hanya ada mata kuliah peminatan Ekonomi Digital di beberapa kampus negeri. 

Saya cek lagi nih daftar perguruan tinggi di list LPDP, ternyata ada universitas swasta juga, salah satunya adalah Telkom University. Saya pun mengunjungi situs Magister Manajemen Telkom University (MM Tel-U). Ternyata MM Tel-U menawarkan beberapa konsentrasi, salah satunya adalah konsentrasi Digital Business Strategy. Menarik! Dan setahu saya, belum ada kampus di Indonesia yang punya konsentrasi ini.

Saya cari tahu lebih detail lagi terkait konsentrasi ini seperti mata kuliah yang akan dipelajari, kemampuan yang akan didapatkan oleh mahasiswa jika mengambil konsentrasi tersebut, dan siapa saja dosen-dosennya. Ternyata sesuai dengan apa yang ingin saya pelajari dan cukup ada hubungannya dengan ekonomi digital serta transformasi digital.

Selain itu, konsentrasi Digital Business Strategy juga bisa melengkapi ilmu saya ketika studi S1 Sistem Informasi, dimana saya mengambil peminatan e-Business. Jadi walaupun S1 dan S2 saya tidak linear (dari teknik ke ekonomi) setidaknya dengan mengambil konsentrasi tersebut saya berharap bisa cepat menyesuaikan.  

Suasana di Kelas



2. Informasi Terkait Program Studi sangat lengkap di Website

Salah satu yang bikin saya jatuh cinta dengan Telkom University adalah informasi yang disajikan di website kampus sangat jelas dan detail. Jika dibandingkan dengan website kampus lain, Telkom University paling TOP dah (soalnya saya sudah menjelajahi berbagai website kampus di Indonesia)

Saya dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang saya cari mulai dari informasi terkait program studi, konsentrasi, mata kuliah, profil dosen, informasi biaya kuliah, tata cara pendaftaran, kalender akademik, dan masih banyak lagi.  

3. Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Telkom University sudah sejak lama dikenal sebagai Universitas Swasta Terbaik di Indonesia. Didirikan oleh PT. Telkom sejak tahun 1990 yang merupakan gabungan tiga kampus yaitu MBA Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain. 

Untuk akreditasi Institusi Perguruan Tinggi berdasarkan BAN-PT, Telkom University merupakan Universitas Swasta Pertama di Indonesia yang meraih akreditasi UNGGUL. Bangga!

Telkom University memiliki 7 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Informatika, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan. Di dalam fakultas-fakultas tersebut terdapat 50 program studi yang terakreditasi oleh BAN-PT, sebanyak 53% program studi memiliki akreditasi UNGGUL. Keren ya! 


4. Akreditasi "Unggul" untuk Program Studi Magister Manajemen 

Senangnya lagi karena program studi yang saya tuju yaitu Magister Manajemen memiliki akreditasi UNGGUL oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA). 


5. Fasilitas Kampusnya Oke dan Ramah untuk Disabilitas

Kampus Telkom University Bandung ada dua lokasi yaitu Kampus Telkom University di Buah Batu dan Kampus Telkom University di Gegerkalong Hilir (khusus untuk Magister Manajemen). Apa saja fasilitasnya?
  • Asrama untuk Putra dan Putri yang aman dan nyaman
  • Fasilitas untuk Olah Raga dan Kesehatan yang terdiri dari jogging track, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli, lapangan bulu tangkis, kolam renang, ruang gym, dan klinik pratama
  • Kafe dan Kantin
  • Open library
  • Language Centre
  • Student Lounge
  • Auditorium
  • Masjid Syamsul Ulum
  • Pendopo Tel-U
  • Terdapat fasilitas minibus yang bernama Tuc-Tuc untuk menjelajahi kampus Telkom yang luas banget
  • Book Store
  • Social Room
  • Fasilitas untuk minoritas
Open Libarary Tel-U



Selain itu kampus Telkom University ramah loh untuk penyandang disabilitas. Baik itu berupa fasilitas fisik yang sudah dirancang agar bisa diakses oleh penyandang disabilitas seperti ramp untuk pengguna kursi roda, parkir khusus disabilitas dan toilet khusus untuk penyandang disabilitas. Untuk sistem pembelajarannya pun aksesibel seperti:
  • Buddy: Komunitas relawan peduli tuna rungu yang berasal dari para mahasiswa yang bertugas sebagai note-taker selama perkuliahan
  • Layanan Konseling Online
  • Layanan Aplikasi Telkom University yang friendly user interface
  • Sistem pembelajarannya di desain sesuai dengan kurikulum inklusif
  • Peta akses disabilitas

6. Dosennya Keren-Keren

Waktu pertama kali stalking di websitenya Telkom Universitiy, saya kepoin latar belakang pendidikan dosennya yang wow keren banget, publikasi jurnal yang dilakukan, serta riset dari dosen tersebut. Para dosen yang mengajar di Telkom University memang berkualitas. Itu saya rasakan selama semester satu kemarin. Dosen-dosennya berasal dari akademisi dan praktisi yang mumpuni di bidangnya. Kelasnya juga selalu menarik dan mendukung keaktifan mahasiswa. Selalu hadir dan pulang tepat waktu. Jarang ada dosen yang bolos, kalau pun tidak hadir benar-benar diganti di hari lain. Selain itu di tiap semesternya ada acara Industrial Experts Week dimana mengundang dosen-dosen tamu yang merupakan praktisi di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Industrial Experts Week



7. Sistem Pembelajaran

Pembelajaran di Telkom University di dukung juga dengan fasilitas Learning Management System atau LMS, aplikasi iGracias (aplikasi untuk keperluan kemahasiswaan), email kampus untuk tiap mahasiswa, layanan office 365 gratis, dan akses gratis untuk jurnal-jurnal internasional.

Keren kan kampus saya!




Oke, terus bagaimana dengan alumninya?
Alumni Telkom University sudah banyak yang terserap di dunia kerja baik itu di sektor pemerintahan, BUMN, dan swasta. Banyak juga yang mendirikan Start Up.


Gimana tertarik jadi mahasiswa Tel-U?

Ayo #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University!


Sumber: website Telkom University


17 comments

  1. Wow, selamat untuk Mbak Nunu yang sedang kuliah lagi, dan asli keren banget kampusnya Mbak, apalagi konsentrasi yang Mbak ambil masih jarang, jadi peluang untuk masa depan nih. Semangat slalu Mbak.

    ReplyDelete
  2. Ponakan saya ada yg kuliah di Tel U.

    saya satu kali main ke kosannya.
    baguuuusss bgt kampusnya.
    luaasss

    ReplyDelete
  3. Keren banget memang Tel-U. Saat saya lulus SMA, pertama kali berubah nama dan status. Tahun sebelumnya masih skolah kedinasan STT Telkom yang masuknya itu susahnyaaa karena memang berkualitas. Kini makin maju dan menjadi univ swasta terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Keren sekali ya university telkom ini, jadi pengen main ke situ mba liat kampusnya, aku mandek pas skripsi jadi pengen kuliah lagi rasanya

    ReplyDelete
  5. Blogger nggak jauh-jauh dari digital ya, Mbak Nunu. Hehehe. Sukses selalu dan lekas meraih gelar Masternya.

    ReplyDelete
  6. Masyaa Allah keren ya kampus Telkom University. Semoga lancar kuliahnya ya Mbak. Btw kalau di Jabodetabek ada berapa kampus Telkom University, Mbak?

    ReplyDelete
  7. Semangat Nunu keren banget cara memilih universitasnya sesuai dengan minat dan keinginan. iya Telkom U bagus banget fasilitasnya saya pernah berkunjung kesini dulu waktu nganter si bungsu olimpiade matematika

    ReplyDelete
  8. Masyaallah tabarakallah, keren sekali Mbak Nunu bisa tembus beasiswa LPDP. Ternyata Tel-U sebagus itu, ya. Dulu sepupu ada yang kuliah di sana pas namanya masih Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

    ReplyDelete
  9. Sejauh ini aku taunya Telkom University jurusannya terbatas bangett, eh ternyata sekarang udah banyak pilihan yaaa, apalagi skrg ui ux designer kan lagi dicari cari buangetttt

    ReplyDelete
  10. Wah keren ya Telkom University, kampus swasta dengan status Unggul, kampusnya juga nyaman ternyata untuk disabilitas, benar-benar kampus favorit

    ReplyDelete
  11. Setuju mba. Dulu teman saya juga mikirnya yang penting kuliah di luar negeri. Cuma ambil poin pandangan di negara ini bagus, negara ini keren. Bukan fokus di tujuan dia sekolah mau ngapain di masa depan. Akhirnya Setelah lulus ya ujung-ujungnya nggak sesuai sama apa yang diinginkan.
    Kalau tujuan jelas, saya rasa kuliah dimanapun bakal berhasil. Telkom university menurut saya juga bagus untuk fokus program studi dan jelas lulusannya nanti bakal jadi apa

    ReplyDelete
  12. Telkom University ini termasuk salah satu kampus swasta unggulan ya mbak
    Keren, kampus dengan fasilitas lengkap ini juga ramah disabilitas

    ReplyDelete
  13. Kaka Nunu, barakallahu fiik~
    Selamat dan sukses untuk study S2-nya. Ikut senang dan semoga Allaah mudahkan lancarkan dan menjadikannya ilmu Digital Business Strategy yang bermanfaat.

    Kak Nunu nyaman banget kuliah di Tel-U.
    Ini berarti kak Nunu tinggal di asrama Tel-U, kah?

    ReplyDelete
  14. Keren banget mbak.. Selamat ya, seneng banget ya bisa kuliah di jurusan yang benar benar kita inginkan. Semoga makin sukses kedepannya..

    ReplyDelete
  15. Inspiratif sekali mba.. memilih jurusan memang harus tahu strong WHY nya apa ya. Dengan begitu LPDP juga bisa menilai ketertarikan kita untuk melanjutkan studi.

    ReplyDelete
  16. Mantap. Aku baru tahu kalau Mbak Nunu ambil s2 di Tel-U. Berarti lolos beasiswa LPDP ya mbak? Keren euy. Suamiku juga mau kuliah di Tel-U euy

    ReplyDelete
  17. Telkom dari dulu memang unggul ya. Waktu SMA nggak banyak yang diterima disana. Sulittt masuknya.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam