11/05/2011
3
Bismillahirrahmanirrahim....

Kawan-kawan sang pemimpi, Pada artikel yang lalu saya sudah membahas tutorial tentang cara memposting dan mengedit artikel di blog. Nah.. pada kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara mengelola komentar. Blogspot menyediakan fasilitas bagi para blogger agar dapat mengedit, menghapus, dan mendeteksi spam yang masuk ke dalam kotak komentar di blog kita.

Berikut langkah-langkah mengelola komentar :
Step 1
Login dulu di blog sobat, setelah itu pada Dasbor di bagian Kelola Blog klik link Komentar. Lihat gambar di bawah ini 

Step 2
Setelah itu akan tampil jendela baru, seperti gambar di bawah ini



Maka akan tampil seluruh komentar yang masuk ke blog kita. Pada bagian atas layar terdapat 2 menu yaitu Terbitkan dan Spam. 

:: Terbitkan 

Halaman yang menampilkan seluruh komentar yang masuk ke blog kita. Jika kita mengarahkan kursor mouse ke salah satu komentar itu maka pada bagian ujung kanannya terdapat tiga pilihan pengeditan yaitu Spam, Hapus, dan Hapus Konten.

  • Spam : Untuk menandai komentar tersebut sebagai spam, nah komentar tersebut tidak langsung terhapus di blog kita. tapi komentar tersebut akan dimasukkan ke menu Spam
  • Hapus : Untuk menghapus komentar yang tidak kita inginkan atau kita merasa komentar tersebut tidak sopan, kasar, ataupun berbau pornografi.
  • Hapus Konten : Bedanya dengan Hapus, hapus konten hanya menghapus konten/isi komentarnya saja sedangkan visitor yang memberikan komentar masih tampak di blog kita. pada bagian komentarnya hanya berisi pesan "posting ini telah dihapus oleh penulisnya". Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

:: Spam 


Nah pasti ada diantara teman-teman yang sejak tadi bertanya-tanya apa itu Spam????. Spam adalah komentar atau pesan yang dikirimkan ke blog kita yang isinya tidak sesuai dengan artikel kita alias ga nyambung (pasti kita tidak menginginkannya kan). Biasanya pesan/komentarnya berbau promosi atau iklan. Masih mending kalau pesan/komentarnya cuma satu nah kalau banyak bisa sangat mengganggu dan tidak enak di pandang tentunya.
Blogspot menyediakan fasilitas untuk mengelola komentar yang berbau spam. Untuk mengelolanya pada bagian atas jendela ada menu spam (disamping menu terbitkan) klik menu tersebut. Maka akan tampil jendela seperti di bawah ini :

Pada halaman tersebut terdapat pilihan untuk menghapus komentar spam tersebut ataukah menyeleksi komentar yang bukan termasuk spam (bukan spam). Caranya berikan tanda centang (dibagian kiri komentar) lalu pilih pengaturan sesuai keinginan kita.


OK kawan-kawan sang pemimpi, sekian dulu tutorial kali ini.
Selamat mencoba ^_^




3 comments:

  1. Gimana caranya kalo pengen menampilkan balsan komentar di bawah komentar yang nanya? semacam replay githu....

    ReplyDelete
  2. Nah itu... ilmu sy blm nyampe situ. sy jg lg nyari2 tutorial utk memodifikasi kotak komentar. Kotak komentar default blogspot "menyedihkan" rada ribet...
    Aq searching2 dlu ya.. klu ktmu nnt aq share ^_^

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners