2/14/2012
18
Assalamu Alaikum....
Aga kareba kawan-kawan sang pemimpi???

Kawan, jika kita mengunjungi/berwisata ke suatu tempat atau daerah kita pastinya selalu ingin membawa oleh-oleh atau buah tangan khas dari daerah tersebut (So pasti dong). Nah, jika kalian berkunjung ke kota saya tercinta Makassar ataupun daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh. Asal tahu saja di Sulawesi Selatan itu terdiri dari empat etnis yaitu Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar. So... budaya, adat istiadat, karakter, kuliner, kerajinannya beranekaragam dan memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari kerajinan tangan bernilai seni tinggi sampai cemilan-cemilan yang memanjakan lidah bisa kalian borong dengan harga yang nyaman di kantong. Pusat penjualan buah tangan ini terletak di sepanjang jalan Somba Opu.

Nah... berikut ini ada beberapa gambar Buah Tangan Khas Sulawesi Selatan. Kebetulan kemarin saya menemani kakak sepupu saya yang datang dari Jakarta menjelajahi toko demi toko di sepanjang Jalan Somba Opu untuk membeli Songkok To Bone (Pesanan om saya), so saya sempat jeprat-jepret sana sini (hehheehe.. untungnya yang punya toko ga marah). Ok.. Cekidot ya ^^

:: Songkok To Bone

Songkok To Bone artinya songkok orang bone. Dari namanya sudah tahu kan asal dari songkok ini. Yup benar, dari Bone. Songkok khas suku bugis ini biasa juga di sebut Songkok Recca'. Songkok ini terbuat dari serat pelepah daun lontar dengan cara dipukul-pukul (bahasa bugisnya : di recca-recca).

Menurut sejarahnya  Songkok To Bone ini tercipta ketika terjadi perang antara Bone dan Tanah Toraja pada Tahun 1683. Pasukan Bone pada waktu itu menggunakan Songkok Recca' sebagai tanda untuk membedakan dengan pasukan tator. 

Pada zaman pemerintahan A. Mappayukki (Raja Bone ke-31) di buat dengan pinggiran emas (Pamiring Pulaweng) yang menunjukkan strata pemakainya. Tapi seiring berkembangnya zaman, songkok recca' ini bisa dipakai oleh siapapun. (Baca sejarah lengkapnya di Wikipedia).

Nah, harga Songkok Recca' ini bervariasi loh, tergantung kualitasnya mulai dari Rp. 80.000 - Rp. 1.000.000, bahkan ada loh yang sampe puluhan juta rupiah. Saya sendiri sempat melihat Songkok Recca' seharga Rp. 10.000.000 (Wahh.... busseeetttt.... songkok saja harga segitu). Eitssss... tapi jangan salah itu emas asli loh, tergantung ringgit emasnya. Songkok Recca' yang berharga 10 juta tadi itu terbuat dari emas 1 ringgit artinya emas 1 ringgit tersebut di lebur kemudian di buat benang emas untuk dijadikan pemanis songkok recca' tersebut. Hehehe... dan ternyata songkok recca' masih menunjukkan strata pemakainya ya ^^

:: Sutera Sengkang

Sutera Sengkang merupakan hasil tenunan handmade tradisional dari daerah Sengkang-Wajo. Ciri khas dari kain sutera Sengkang ini adalah motifnya yang bergaris-garis dengan warna-warna yang cerah alias ngejreng. Harganya bervariatif tergantung kualitas bahannya dong mulai dari Rp. 30.000 - Rp. 900.000 per meter. Kain sutera sengkang ini biasa di pakai untuk acara-acara resmi seperti pernikahan.

:: Sarung Mandar

Sarung tenun khas mandar ini merupakan masih dilakukan dengan cara tradisional (Handmade). Perbedaannya dengan kain sutera sengkang tadi adalah motifnya. Motif kotak-kotak merupakan ciri khas sarung ini dengan warna-warna ngejreng tentunya. Harganya juga variatif lagi-lagi tergantung kualitas bahannya mulai dari Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 250.000

:: Sirup Markisa



:: Aneka Cemilan Khas Sulawesi Selatan


  



:: Kopi Toraja


:: Ukiran Khas Toraja


:: Kerajinan Dari Perak


:: Minyak Gosok



Kawan-kawan Sang Pemimpi, sekian dulu yach reportase dari saya. Berkunjung ki di' ke Sulawesi Selatan dan jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas daerah kami. 



18 comments:

  1. Skrg jualan ole2 ya?sy pesan dong...hehehe

    ReplyDelete
  2. @Azwan AndiGa kok.. cuma reportase saja, sekalian promosi Visit South Sulawesi 2012 ^^

    ReplyDelete
  3. Songkoknya bagus sahabat...Dijual juga ndak yah di Semarang ?
    Pengin beli nih...
    Follow juga sahabat sini dengan nama Ferry Nurse

    ReplyDelete
  4. @Blog Keperawatanwah... kalo itu sy krg tau, ada d semarang ato ga. btw, kmks sj ^^

    ok... nnt follow back

    ReplyDelete
  5. Postingan menarik Nu. Sy juga pernah posting ttg oleh2 Makassar, pas habis dari toko di Somba Opu ... :)

    ReplyDelete
  6. @MugniarTerima kasih k' ^^ untungx penjualx tidak marah jie sy foto2 brg daganganx

    ReplyDelete
  7. Like This yoo....
    visit south Sulawesi
    ^^

    ReplyDelete
  8. @mbom cons : ok deh... terima kasih ^^

    ReplyDelete
  9. Wah wah sunggung kaya makassarku jaya selalu untuk Makassar and admin blog ini

    ReplyDelete
  10. dijual gak songkok nya.?

    ReplyDelete
  11. Indonesia itu kaya akan segalanya,dari keindahan alamnya dan kerajinan tangannya hingga makanan khasnya.

    Sulawesi..someday aku kesana..semoga :D

    ReplyDelete
  12. Saya juga pengen kesana liat pantainya :D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners