3/05/2012
14
Bismillahirrahmanirrahim....

Soto, kuliner yang satu ini pasti semua orang mengetahuinya dan pernah mencicipi kelezatannya. Jenis-jenis soto itu beragam, tiap daerah di Indonesia punya ciri khas Soto masing-masing. Misalnya di Jakarta ada namanya Soto Betawi, di Bogor namanya Soto Kuning, di Kalimantan ada namanya Soto Banjar, dan masih banyak jenis-jenis Soto yang lain dengan keunikan rasa yang berbeda-beda. 

Nah, karena  Soto sudah akrab di lidah orang-orang Indonesia banyak produsen makanan instan  menambahkan cita rasa Soto ke dalam produknya. Salah satunya adalah SOTOJI
Pasti banyak yang bertanya SOTOJI??? apa itu, baru dengar???
SOTOJI atau Soto Jamur Instan memang produk makanan instan baru sehingga masih kurang familiar di telinga kita. SOTOJI kalau diartikan ke dalam bahasa Makassar "Hanya Soto". Imbuhan "Ji" dalam bahasa Makassar artinya "Hanya". Tapi memang hanya SOTOJI yang memberikan warna baru "Ada Jamurnya Loh (Jamur Tiram Goreng)" dan rasanya pun tak kalah enak dengan makanan instan lainnya bahkan lebih enak menurut saya. Yup. SOTOJI memang bukan hanya sekedar Soto.



Sebelum saya dikirimi sampel produknya saya pikir SOTOJI itu sejenis Mie Instan, ternyata saya salah, bukan mie tapi sohun. Terus bagaimana cara memasaknya??? 

Gampang kok, caranya sama saja seperti membuat mie instan. 
1. Rebus sohun dan jamur tiram goreng kedalam 2 gelas air mendidih selama 2 menit
2. Siapkan bumbu, minyak soto, dan cabai ke dalam mangkok
3. Setelah sohun dan jamurnya masak, campur deh ke dalam mangkok berisi bumbu dan aduk hingga rata.
4. Taadddaa... hasilnya seperti gambar di bawah ini, SOTOJI siap dinikmati ^^


Eum.. yummy... rasanya enak, kuahnya saya suka "Soto Banget" dan Jamur Tiram Gorengnya itu loh yang bikin SOTOJI  makin unik. Selain lezat, SOTOJI mengandung kandungan serat dan protein nabati yang tinggi, so pasti bergizi dong. 

Setelah mencicipi kelezatan SOTOJI saya jadi punya ide untuk menghidangkan SOTOJI dengan lebih variatif (maksudnya berkreasi dengan SOTOJI) dan menambah bahan-bahan lain biar makin enak dan bergizi. Saya penggemar sayuran dan seafood, tak lengkap rasanya jika memasak makanan instan tanpa sayuran dan seafood. So... saya jadi punya resep baru nih, namanya SUP SOTOJI ala Chef Nunu. Yup... sensasi menikmati SOTOJI dengan cara yang berbeda. Kolaborasi antara Sup dan Soto dalam satu masakan. Mau tahu apa bahan-bahannya dan cara pembuatannya.... cekidot ^^

Bahan-bahan :
1. SOTOJI
2. Kentang (Potong dadu)
3. Wortel (Potong dadu)
4. Kol
5. Daun bawang
6. Udang
7. Tomat
8. Daun Sup
9. Telur Rebus
10. Keripik Tempe

Cara pembuatannya :
  • Rebus kentang, wortel, dan 3 gelas air ke dalam panci
  • Setelah kentang dan wortelnya agak matang, masukkan udang
  • Setelah kentang, wortel dan udangnya matang masukkan sayuran kol dan daun bawang
  • Lalu masukkan sohun dan jamur tiram goreng SOTOJI
  • Masukkan bumbu, minyak soto, dan cabai bubuk SOTOJI ke dalam masakan tersebut, aduk hingga rata
  • Dan Taadddaaa.... This is it "Sup SOTOJI ala chef Nunu" siap dihidangkan eeehhuummm.. Love it. Silakan tambahkan telur rebus, irisan tomat, daun sup, dan keripik tempe biar Sup SOTOJInya makin komplit dan menggugah selera. 


Gimana rasanya???
Makin leeeezzzaaatttt kawan, so pasti bergizi banget dong. Hehehe... pada ngiler ya lihat foto di atas.
Dimakan bareng nasi juga enak loh. Ibu dan adik-adikku juga menyukai SOTOJI, "enak banget" kata mereka "jadi pengen lagi deh". Sayang stok SOTOJI saya sudah habis, untuk daerah Makassar mungkin belum dipasarkan ya. Semoga produk SOTOJI distribusinya makin meluas sehingga bisa didapatkan di warung-warung terdekat. SOTOJI memang bukan hanya sekedar Soto.





14 comments:

  1. wah menggiurkan...

    gud luck ya :)

    ReplyDelete
  2. saya pesan 1 porsi ya...
    kirimnya lewat email aja.

    ReplyDelete
  3. @Phuji Astuty LipiDoakan supaya menang ya, siapa tau dapat paket sotoji 1 dos. lumayan bisa d mkn rame2

    ReplyDelete
  4. wooo kreasi yang mantap...

    kunjungan sesama peserta,hehe
    kunjungi balik dan follow juga
    Revolusi Galau
    ya

    ReplyDelete
  5. @Fajrin Thamriniye... doakan pale' na supaya jd salah satu pemenang, siapa tau dpt sotoji 1 dos. bisa d mkn rame2 ^^

    ReplyDelete
  6. banyak yg bikin review ttg ini, jdi penasaran... (**lap iler**).. Hlo kk nunu salam kenal, kita2 sama pemimpi :)

    ReplyDelete
  7. Kerennn ... bisa menang nih kayaknya, soalanya variatif :)
    Sukses ya NU ...

    ReplyDelete
  8. @idhaSalam kenal kawan sang pemimpi ^^

    ReplyDelete
  9. @MugniarAMIN... sukses juga buat kk. smoga kita sama2 menang. SEMANGKA ^^

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners