11/15/2012
2
Tahun ini kota Makassar mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah sebuah event akbar berskala nasional. Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah ajang kopi darat blogger se-Nusantara. Wuihhh... keren kan!!! Bukan hanya sekedar kopdar tapi lebih dari sekedar kopdar, beragam pengetahuan bisa kita dapatkan disini. Mulai dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia blogging, internet, security, menulis, hingga sosial. So... Event ini tentunya memiliki nilai tambah bagi peserta yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar diselenggarakan selama 3 hari (9-11 November 2012) yang juga bertepatan dengan hari jadi kota Makassar tanggal 9 November dan juga hari Pahlawan 10 November. Event ini dipusatkan di Gedung LAN RI (Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia).

Dua minggu sebelum event ini sosialisasinya semakin heboh, dunia maya gempar Facebook dan Twitter topik utamanya tentang Kopdar Blogger Nusantara. Notifikasi facebook saya pun kebanyakan tentang KBN... KBN... dan KBN (singkatan untuk Kopdar Blogger Nusantara). Soalnya grup-grup blogging dan menulis ramai membahas tentang event ini.

Pra Event Kopdar Blogger Nusantara (9 November 2012)

Hari pertama KBN 2012 jadwalnya pukul 14.00 WITA, saya harus meminta izin setengah hari di kantor untuk mengikuti acara hari pertama ini, sayang kalau dilewatkan. Acara ini digelar khusus untuk peserta dari Makassar dan sekitarnya. Acara ini sifatnya pararel dan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas menulis kreatif, mobile fotografi, dan media sosial untuk UKM. Tiap kelas terdiri dari 40 peserta dan tidak dipungut biaya. 

Komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) mendapatkan undangan untuk menghadiri acara tersebut dan mendapatkan jatah 6 kursi. Saya dan mbak Erlina Ayu (Koodinator Wilayah IIDN Makassar) memilih kelas Media Sosial Untuk UKM alasannya karena kami sama-sama tertarik dengan dunia bisnis.



Dg. Taqdir menjadi pemateri pada kelas Media Sosial untuk UKM. Nah postingan kali ini saya ingin bagi-bagi ilmu yang saya dapatkan di Pra Event KBN tersebut.

Tahukah anda???
Media sosial yang pertama kali muncul adalah Blogger pada tahun 2002 (awalnya sih saya pikir media sosial pertama adalah Friendster yang saat ini sudah ditenggelamkan oleh Facebook dan Twitter)
Itulah tonggak awal lahirnya revolusi media sosial. Revolusi ini pada akhirnya memunculkan 2 tipe manusia yaitu :
  1. Over Connected Consumer : ciri-ciri orang yang sudah terjangkiti tipe ini adalah tangannya tak pernah lepas dari gadget, update status dan tweet melulu, bahkan tiap bangun tidur yang dikerjakan pertama hidupkan HP ataupun Tablet lalu update status.  Istilah adik saya untuk orang seperti ini adalah "Autis", autis karena seolah-seolah berada dalam dunianya sendiri tak peduli lagi dengan orang-orang nyata di sekelilingnya.
  2. Social Consumer : ciri-cirinya memiliki pengetahuan dan jaringan yang luas, mereka memiliki senjata pamungkas yaitu komunitas dan tools media misalnya twitter.
Apa sih ciri-cirinya sebuah situs itu dikategorikan sebagai media sosial :
  • Sharing : ada fitur untuk saling berbagi sesama user
  • Kolaborasi : dapat melakukan kerjasama antara user yang satu dengan user yang lain, antara komunitas yang satu dengan komunitas lainnya.
  • Koneksi : dapat dengan mudah terkoneksi dengan user lainnya
Media sosial sebagai media promosi memiliki keuntungan lebih dibanding media lainnya yaitu :
  • Lebih dekat ke pelanggan : sosial media saat ini menjadi trend, sebut saja facebook penggunanya sudah jutaan dari berbagai bangsa dan kalangan. Hampir semua orang yang saya kenal memiliki facebook. Biaya internet yang semakin murah membuat orang-orang lebih mudah mengakses internet dimanapun dan kapanpun. Tentunya ini merupakan sebuah ajang promosi yang tepat bagi pebisnis untuk memperkenalkan dan menjual produknya kepada para pelanggannya.
  • Promosi yang jauh lebih baik daripada TV, koran, dan majalah : karena sifat media cetak dan media TV yang satu arah.
Selain keuntungan di atas, kita juga harus berhati-hati jika menggunakan media sosial karena bisa membahayakan brand ataupun bisnis kita.

Social Media Marketing Untuk UKM
  • Pertama temukan target usaha kita misalkan remaja, wanita dewasa, pria dewasa, dan lain-lain
  • Harus tahu kepentingan bersama
  • Harus membangun conversation (percakapan/ngobrol dengan customer), activation (aktif membalas BBM, komentar, dan tweet) dan CoCreation (harus ada ide-ide/kreasi baru) 




Nah... maksud dari bagan di atas adalah : 
Hal yang paling utama untuk mulai mempromosikan bisnis online kita adalah membuat blog terlebih dahulu, mengisi blog tersebut dengan gallery produk kita, memberikan alamat dan contact person yang jelas sehingga customer bisa lebih percaya dengan bisnis kita. Setelah itu didalam blog tersebut ditambahkan widget-widget yang menghubungkan dengan sosial media yang kita miliki misalnya facebook, youtube, dan twitter.

Untuk mengukur keberhasilan kita berpromosi menggunakan media sosial dapat dilihat dari kualitas dan kuantitasnya :

Kualitas :
  • Kualitas topik yang diangkat dari brand kita
  • Siapa yang membicarakan
  • Info yang tersebar (positif atau negatif)
  • Bagaimana komunitas merespon komunitas aktivitas sosial media anda
Kuantitas :
  • Jumlah database (Followers, Friends, dan member)
  • Tingkat aktivitas komunitas social media
Tips berpromosi di Facebook :
  • Buat timeline
  • Buat cover yang bagus
  • Buat Grup
  • Buat Fanspage
Tips berpromosi di Twitter :
  • Pakai logo di Avatar
  • Tulis Biodata yang lengkap dan jelas
  • Buatlah kegaduhan di timeline (buzzer) dan gunakan hastag yang sama
  • Upload foto pengunjung
  • Go viral retweet (Brand Evangelist)
  • Beri hadiah, diskon, voucher, dll
Hati-hati jika men-tweet jangan sampai terjadi blunder contohnya :
  • Jangan spam follower, misal : "hai @nunu_amir ada barang baru nih!!!" dan melakukan tweet yang sama kemudian mention ke seluruh followers kita otomatis di timeline followers  kita penuh dengan kalimat yang sama tapi dengan followers yang berbeda (nah yang ini sudah termasuk spamming kan, mengotori timeline pelanggan kita akhirnya kita diblokir atau dihapus deh dari pertemanan). Nah... Dg. Taqdir bagi tipsnya nih biar tweet kita tidak terkesan spamming. Mentionnya diletakkan paling depan baru kalimatnya. Misalnya "@nunu_amir ada barang baru nih!!!" jika cara tweet kita seperti ini maka yang melihatnya hanya followers yang kita mention saja, tanpa mengotori timeline followers yang lain.
  • Self control your account : dalam satu sosial media biasanya kita memiliki beberapa akun (akun pribadi dan akun bisnis),  terkadang kita tidak sadar, kita membuat status atau tweet pribadi di akun bisnis kita. Ups... hati-hati loh, itu bisa merusak image brand kita.
CopyWriting

Apa itu copywriting??? ada yang sudah pernah mendengar istilah ini???
Copywriting adalah sebuah teknik memilih kata-kata untuk mempromosikan seseorang, gagasan, perusahaan, produk, jasa, atau lainnya agar orang yang membacanya mau membeli dan melakukan sesuatu seperti yang "diperintahkan" oleh tulisan itu. (sumber : Buku Jurus Sakti Copywriting)

Dalam kelas Media Sosial untuk UKM, Dg. Taqdir membagi beberapa tips dan trik copywriting yaitu :
  • Mencari topik yang populer saat ini  (Hastag Trending Topic) misalnya :
          a. Name Dropper
              "10 Pelajaran Hidup Steve Jobs"

          b. Rahasia
              "Rahasia Hidup Mario Teguh", "Rahasia Sukses Robert T Kiyosaki"
  • Membuat List yaitu merangkum banyak hal yang tampak acak menjadi satu. Hal ini tentunya sangat efektif dan efisien karena pembaca memiliki waktu yang terbatas. Rumus membuat List antara lain :
          a. Pakai kata "Paling" atau imbuhan "Ter"
              Contoh : 10 pantai paling indah di dunia, 7 wanita tercantik di dunia
          b. Pakai kata hiperbolis
              Contoh : 5 pekerjaan yang membuat cepat kaya
          c. Mencari persamaan
              Contoh : 7 Presiden yang hobi fotografi
          d. Memanfaatkan data
              Contoh : 50% orang yang suka pedas, otaknya encer
          e. Memancing rasa ingin tahu
              - Pakai kata pemicu, misalnya : "ini dia ....." atau "inilah rahasia......."
              - Pakai kata tanya, misalnya : "tahukah anda......."
          f. Pakai kata yang misterius
             Contoh : "Rahasia......." atau "misteri...... akhirnya terkuak" 
          g. Pakai kalimat yang membuka kedok
             Contoh : "Membongkar......"
  • Mengandung Efek Kejut, misalnya : "10 Artis Terkaya di Indonesia", "10 Pesepak Bola Paling Tampan di Dunia" 
Yupsss.... itu tadi materi-materi yang dibawakan oleh Dg. Taqdir, Mantap kan!!!!
Sharing ilmunya semoga bermanfaat ya :)
Mau yang lebih mantap dan seru lagi???
Tunggu postingan saya selanjutnya tentang Kopdar Blogger Nasional hari ke-2 dan ke-3 ^^

2 comments:

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners