5/19/2015
6
Orang di luar Sulawesi Selatan dan belum pernah berkunjung ke provinsi ini terutama di kota Makassar terkadang masih menganggap coto itu sama dengan soto. Pertanyaan ini banyak saya dapatkan dari teman-teman saya yang bukan orang sulawesi. 

"Nu' coto itu sama dengan soto?" chat salah seorang teman saya di salah satu jejaring sosial.
"Oh... beda dong!" balas saya.

Beda banget lah! Dari segi nama dan penyebutan memang hampir mirip, beda huruf "C" dan "S". Lidah kepeleset saja bisa salah sebut ya. Terus dari segi rasa dan bumbu itu jelas jauh berbeda.

Biar teman-teman tahu bedanya, yuk baca tulisan saya ;)

Coto itu apa?

Coto adalah makanan khas dari kota Makassar, hidangan berkuah yang biasa disantap untuk sarapan pagi.


Coto Makassar



Nah kalau ini Soto. Beda kan!

Untuk kuliner soto sendiri di tiap daerah punya kekhasan masing-masing antara lain soto betawi, soto banjar, soto kuning bogor, soto madura, soto lamongan, dll.

Kalau Coto Makassar asli memakai daging sapi (has dalam, hati, limpa, jantung, babat). Ada juga sih sebenarnya yang berinovasi  dengan memakai daging ayam. Saya pernah mencobanya pada waktu arisan di rumah keluarga. Tapi kalau menurut saya sih enaknya pakai daging sapi.


Bumbu Coto Makassar


Untuk membuat coto bumbu yang digunakan pun rempah banget antara lain : bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, merica, pala, sereh, lengkuas, dan yang membuatnya semakin khas adalah kacang tanah yang telah disangrai dan dihaluskan.

Kalau soto, bumbu yang biasa digunakan biasanya antara lain : bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kunyit, dan merica. 

Coto biasa dihidangkan dengan ketupat dan juga sambel tauco. Kalau soto biasa dihidangkan dengan nasi ataupun lontong.

Nah, sekian info dari saya semoga bermanfaat!







6 comments:

  1. Lengakapi dg cara membuatnya nu, kali aja ada teman2 yg minat mencobanya 😃
    ada yg kangen nih..... makan coto makassar hihihii.... maknyuuusss.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... iya nnt diposting resepnya kak

      Delete
  2. makanan khas makassar nih, mantep emang

    ReplyDelete
  3. what about konro with sop iga, apa bedanya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedalah pasti dari segi bumbu dan rasanya :-d

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners