7/03/2016
0
Baju lebaran haruskah dengan berbaju baru?
Jawabannya tidak harus. Seperti lirik lagunya Dhea Ananda "Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya, tak ada pun tak apa-apa masih ada baju yang lama". Tapi karena sudah merupakan sebuah tradisi sebagai bentuk euforia menyambut hari kemenangan maka rasanya tidak afdhol ya berlebaran tanpa baju baru. Alhamdulillah kalau mampu membeli baju baru silahkan, nah tapi kalau rezekinya lagi seret ya gak usah dipaksain ya. Baju boleh lama, tapi hati harus baru. Kan baru selesai Ramadhan kita dilatih untuk menahan hawa nafsu.

Berhias dan memakai pakaian terbaik memang disunnahkah oleh Rasulullah SAW. Garis bawahi pakaian terbaik. Pakaian terbaik bukan berarti harus memakai baju baru. Memakai baju lama pun tak apa-apa yang penting baju tersebut merupakan baju terbaik yang kita miliki. Jadi tidak ada unsur mengharuskan dalam hal ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan limpahan rezeki. Walaupun kita bilang "ah... ga usah beli baju baru soalnya lagi bokek, ga ada yang ngasih THR". Toh juga, di bulan Ramadhan pasti banyak rezeki yang tidak disangka-sangka akhirnya bisa beli deh baju baru. Hal itu beberapa kali saya alami. 

Bagaimana jika emang rezekinya benar-benar seret, ga bisa beli baju baru buat lebaran. Tenang.... ada solusinya kok biar baju lama terlihat baru. "Mix and Match" pakaian lama kamu menjadi baju lebaran yang bisa mengikuti style kekinian. So... baju lamanya jangan buru-buru dibuang. 

Contohnya : 
  • Baju gamis padukan dengan blazer atau jaket jeans
  • Celana jeans dipadukan dengan t-shirt dan tambahkan kemeja lengan panjang sebagai luarannya
  • Celana jeans dipadukan dengan dress panjang selutut dengan tambahan blazer sebagai luarannya
  • Dress dengan panjang 3/4 dipadukan dengan legging, dan tambahkan ban pinggang sebagai pemanis
  • Rok panjang dipadukan dengan kemeja
  • Celana jeans dipadu dengan kemeja putih, tambahkan rompi sebagai pemanis
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya bongkar lemari kamu dan lakukan berbagai eksperimen fashion dengan baju lama kamu. 



Seandainya diberikan rezeki lebih di bulan Ramadhan ini buat membeli baju lebaran, Alhamdulillah banyak pilihan busana dengan harga miring alias diskon besar-besaran. Toko-toko sudah dipadati dengan orang-orang yang lagi ngejar diskon hehehe...
Tidak terkecuali juga dengan situs-situs belanja online alias e-commerce. Toko-toko online ini juga memberikan harga yang miring. Sebenarnya ada enaknya belanja online, kita tidak harus capek desak-desakan di toko, berebut barang diskon, dan antri di kasir. Cukup hunting beberapa menit di situsnya, transfer, dan barang siap dikirim ke tempat tujuan.

So... pilihan ada di tangan kita. Mau pake baju lama? Mau membeli baju baru baik langsung ke toko ataupun online? Yang penting kita tetap bisa berlebaran ya, saling memaafkan dan mempererat silaturahim.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners