1/30/2017
1



Mata bor merupakan alat yang tepat untuk membuat lubang pada bahan kayu, plastik atau logam dengan rapi dan presisi. Untuk membuat sebuah lubang, kita harus menentukan terlebih dahulu ukuran mata bor yang sesuai. Banyak toko jual mata bor yang bisa ditemukan di kota Anda, namun tahukah Anda bahwa setiap jenis mata bor memiliki kegunaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya?
Berikut ini jenis-jenis mata bor beserta kegunaannya yang bisa Anda cermati.
1.      Twist Bits
Ini adalah jenis mata bor yang paling banyak dicari di toko jual mata bor karena cukup universal kegunaannya. Twist Bits dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor duduk dengan pemakaian secara horisontal maupun vertikal. Twist Bits juga dapat digunakan untuk membuat lubang pada bahan kayu, plastik bahkan logam. Umumnya, Twist Bits tersedia dalam ukuran 4 – 12 mm.

2.      Masonry Bits
Mata bor jenis ini biasanya digunakan untuk membuat lubang pada batu, beton dan tembok. Pada ujungnya terdapat mata pisau dan terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras. Hal ini disebabkan Masonry Bits tak hanya digunakan secara berputar namun juga dipukul. Masonry Bits tersedia dalam ukuran 4 – 15 mm.


3.      Spur Bits
Spur Bits dikenal dengan sebutan mata bor kayu. Pada bagian ujungnya terdapat bor runcing dengan pisau pengiris di bagian kelilingnya. Ujung runcing berfungsi menjaga agar mata bor tetap lurus sehingga menghasilkan lubang yang rapi dan presisi. Tersedia dalam ukuran 6 – 15 mm.

4.      Forster Bits
Mata bor ini juga cukup mudah ditemukan di toko jual mata bor dan digunakan dalam pembuatan lubang engsel sendok. Forster Bits paling tepat bila dioperasikan dengan mesin bor duduk agar lebih stabil. Sebaliknya, jika digunakan pada mesin bor tangan akan sulit mengendalikan kestabilan posisinya sehingga lubang yang dihasilkan kurang begitu bagus.

5.      Countersink Bits
Bersudut 90 derajat pada ujungnya, mata bor jenis ini memiliki fungsi untuk membuat lubang 45 derajat di permukaan kayu. Countersink Bits digunakan untuk kepala skrup agar permukaan rata.

6.      Hole Saw Bits
Bisa juga disebut dengan gergaji lubang, karena bentuk mata bornya yang mirip gergaji dengan diameter yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tersedia dalam diameter 25 – 60 mm.
Nah, itulah jenis-jenis mata bor beserta kegunaannya yang dapat Anda temukan di toko jual mata bor. Sekarang tak perlu bingung lagi membedakan mata bor apa yang tepat untuk Anda, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat!

1 comments:

  1. hihi tau yaa mbak jenis jenis peralatan pertukangan :D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners