8/17/2018
0
Assalamu alaikum mentemen...


Hufff... hufff... hufff.... (sambil niup-niup laptop) hehehe... soalnya laptopnya lagi berdebu, eh... bukan laptopnya sih, tapi blognya yang sudah berdebu dan penuh sarang laba-laba (entar lagi mas Spiderman lewat he...) sebulan lebih baru diisi lagi. Maklumlah mbak/mbro lagi sibuk UAS dan kerjain laporan kerja praktek plus sidangnya plus revisi-revisiannya. 

Alhamdulillah sekarang daku lagi libyurrrr kuliaaahhhh dan sekarang lagi cutaiiiii kerja dulu hingga lebaran haji. So... sekarang daku punya kesempatan buat ngeblogg... maafkeun kalau kalimatnya rada kacau-kacau gitu, ini akibat dari nge-follow dan sering stalking instagramnya @mrsayudewi wkwkwkwk....

Oke neh... kembali ke ala nunu saja.

Btw... ada yang kangen ga dengan postingan tutorial saya (ngacung dong!).
Dulu... dulu banget... several years ago, waktu lagi rajin-rajinnya ngeblog, tiada hari tanpa ngeblog, waktu ga lagi sibuk banget (sekarang lagi sibuk atau cari kesibukan atau sibuk sendiri) dan saya kangen dengan masa-masa itu, saya suka banget bikin postingan tutorial blog.  



Now... pengen bikin postingan tutorial lagi yang ada hubungannya dengan blog. Terinspirasi dari pertanyaan teman-teman peserta Training Blogging untuk Pemula. Alhamdulillah diajak oleh Indscript dan mbak Widyanti Yuliandari (Para blogger pasti kenal dong dengan mba Wid, emak blogger dengan segudang karya dan prestasi, mba Wid juga Ibu Ketua Ibu-Ibu Doyan Nulis) dari tanggal 13-16 Agustus 2016 untuk berbagi ilmu kepada kaum hawa yang ingin belajar tentang blogging.

Pertanyaan teman-teman adalah seputar label, fungsinya, dan menambahkan label di blog. Oke... mari kita kumpas tuntas setajam silet 😆

Apa Itu Label?


Label pada blog atau disebut juga tag adalah sebuah penanda yang bertujuan untuk mengelompokkan postingan kita ke kategori-kategori tertentu. Ilustrasinya seperti ini, saya punya banyak buku dengan berbagai genre, biar rapi dan saya mudah menemukannya saya mengelompokkan buku tersebut dan memberikan keterangan berupa label di rak buku saya. Di rak bagian kiri atas adalah kumpulan novel dan saya beri label novel, di rak bagian tengah atas adalah kumpulan buku motivasi atau pengembangan diri dan saya beri label buku motivasi, dan seterusnya. 

Nah... kebayang kan, label di blog juga seperti itu. 

Fungsi Label  

  • Label pada blog potongan-potongan informasi meta data, yang akan sangat membantu postingan kita dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • Mengelompokkan postingan ke dalam kategori yang sama
  • Mempermudah pengunjung untuk melihat postingan lainnya berdasarkan kategori
  • Label juga berfungsi untuk menampilkan Related Post/Artikel Terkait/Baca Juga Ini

Cara Menambahkan Label di Postingan Blog


Label pun ga asal bikin. Harus punya rencana juga. Kita bayangin dulu nih, di blog saya nanti postingannya apa saja macam-macamnya. Misalnya kayak blog saya yang gado-gado menggoda ini isinya campur aduk ada yang isinya reportase, review produk, tutorial, traveling, kuliner, dan sebagainya
Jadi kalau postingan tentang reportase saya beri label reportase, postingan tentang resep masakan saya beri label berbagi dan bisa juga masuk di label kuliner, dan seterusnya.

Tiap membuat postingan sebaiknya tambahkan label. Seperti gambar dibawah ini, text box label terletak di sidebar sebelah kanan. Cukup ketikkan label anda di kolom tersebut, bisa lebih dari satu dan klik tombol Selesai untuk mengakhiri.




Peletakan Label Pada Blog


Agar kumpulan label yang kita buat dapat tampil di halaman blog, kita bisa menambahkan gadget baru yang berjenis Label. Caranya sebagai berikut :


  • Pilih menu Tata Letak, masing-masing blog berbeda nih tata letak templatenya. Tergantung selera masing-masing mau diletakkan di mana. Lalu klik Tambahkan Gadget

  • Setelah itu akan tampil box berisi berbagai gadget yang ada di Blogger.com, pilih gadget Label

  • Dan akan muncul lagi box untuk konfigurasi label, silakan lakukan konfigurasi sesuai selera dan kebutuhan. Setelah itu klik Simpan

  • Oke... selesai deh pasang labelnya. Tampilan Label di halaman blog kira-kira seperti gambar di bawah ini


Okey deh... sekian dulu postingan dari saya. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba 😉









0 comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners