7/24/2011
2
Bismillahirrahmanirrahim.....

Menjawab request dari teman-teman yang belum mendapat kesempatan mengikuti Event Telkomsel Kompasiana Blogshop di Makassar, nih saat saya transfer ilmunya ke kalian.... 
Siapin bluetooth ya hehehehehe.....
mumpung masih fresh di memory otak dan selagi otak saya belum hang, saya berbaik hati untuk berbagi ilmu dari materi-materi yang saya dapatkan dari event tersebut

Materi yang saya dapatkan disana tuh ada 2 yakni : Citizen Journalism dan Pengenalan Personal Branding yang dibawakan oleh Bapak Iskandar Zulkarnain dan Kiat Menulis Cepat, Menarik, dan Bermanfaat yang dibawakan oleh Bapak Pepih Nugraha. 

OK.. kita kupas satu-satu ya.....
Untuk postingan kali ini aku bahas materi pertama dulu ya....  yaitu Citizen Journalism dan Pengenalan Personal Branding. Untuk materi Kiat Menulis Cepat, Menarik, dan Bermanfaat akan saya bahas di postingan berikutnya.



CITIZEN JOURNALISM


Apa sih Citizen Journalism ???

Citizen Journalism juga menjadi istilah baru bagi saya sendiri, dan lewat event ini saya menjadi mengerti dan tahu lebih banyak All About Citizen Journalism. Citizen Journalism atau bisa di sebut juga dengan istilah people journalism/participant journalism adalah Kegiatan melaporkan berita terkini dan peristiwa sekitar yang dilakukan oleh warga biasa yang tidak dimaksudkan untuk memperoleh imbalan/uang tetapi lebih kepada minat akan suatu topik tertentu.

Contoh-contoh Citizen Journalism di beberapa negara antara lain :
  • Ohmynews di Korea
  • Now public di Kanada
  • CNN ireport di USA
  • Stomp di Singapura
  • Oknation di Thailand

Dan untuk Indonesia sendiri ada Kompasiana, dengan adanya Kompasiana ini kita bisa lebih berbagi informasi, berita, kisah, cerita, opini kepada khalayak ramai. Mulai dari topik politik, humaniora, ekonomi, hiburan, olah raga, lifestyle, wisata, kesehatan, tekno, media, lomba, dsb.
KEREN KAN….. siapa pun anda, dimana pun anda, kapan pun anda tetap bisa berbagi informasi kepada orang lain karena Berbagi Itu Indah.....
So... teman-teman yang pengen menjadi bagian dari Citizen Journalism, registrasikan dirimu di Kompasiana.com

Ciri khas dari Citizen Journalism antara lain :


  • Laporan dari tempat kejadian
  •  Tidak terikat nilai-nilai berita
  • Informasi ringan dan menarik
  • Gaya bahasa bercerita
  • Tetap memperhatikan 5w + 1h (What, Where, When, Who, Why + How) 

Personal Branding

Personal branding anda adalah gambaran dan pikiran orang lain terhadap diri anda. Hal ini menggambarkan tentang nilai, kepribadian, keahlian, kualitas diri anda, dan seunik apa anda di bandingkan dengan pesaing anda. 

Pada era globalisasi saat ini dunia datar bak lapangan bola, setiap individu di tuntut untuk berpikir global demi bertahan hidup. Era ini ditandai dengan munculnya internet dan setiap individu terhubung dengan internet bukan hanya lewat komputer tapi juga ponsel. Dengan adanya media tersebut dan semakin mudah mengaksesnya setiap individu lebih bisa mengapresiasikan, mengaktualisasikan dirinya, mempromosikan diri dan membangun personal branding kepada siapa pun di seluruh belahan bumi ini (hehehe.... dengan kata lain bisa narsis-narsisan...   ). Contohnya saja Facebook, Twitter, Google+, Blog, You Tube, dsb. Dan sudah banyak orang-orang yang menjadi populer dengan menggunakan jalur tersebut contohnya Raditya Dika yang populer karena blognya yang jenaka, Justin Bieber jadi populer gara-gara mengupload video-videonya lewat You Tube dan masih banyak lagi yang lain.

Kiat-kiat dalam membangun personal branding
  • Konsistensi : tema, gaya, tempo itu sama
  •  Identitas : pilih nama dan foto yang tepat
  • Konten berkualitas : tulisan mendalam, komentar berisi
  • Perhatikan etika online : respon jujur dan cepat
  • Bicara sebagai manusia bukan mesin
  • Promosi dirimu, gunakan jejaring digital

OK, Semoga bermanfaat.... 

To Be Continued ya >>>>>>












 

2 comments:

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners