2/03/2012
15
Mengapa Saya Menulis???

Mengapa???
Mengapa???
Mengapa???
Yaaa....

Sebenarnya menulis adalah kegiatan sehari-hari kita, apalagi untuk anak sekolahan, anak kuliahan, yang kerja di kantor pasti SERING atau HARUS  menulis kan ^^. 

Tapi coba kita persempit definisi "Menulis" di artikel ini. Menulis menurut saya adalah menciptakan sebuah karya berupa tulisan baik untuk tujuan pribadi ataupun publikasi. Misalnya menulis diari, cerita fiksi ataupun non fiksi, artikel, proposal, laporan ilmiah, bahkan menulis surat. 

OK... kembali ke inti postingan ini, Mengapa saya menulis???
Menulis merupakan sebuah media untuk menuangkan segala isi di hati, hal-hal yang mengganggu di pikiran kita, berbagi ilmu, pengalaman yang kita miliki, serta aktivitas-aktivitas kita yang unik dan menarik.
Saya memiliki keterbatasan dalam hal komunikasi, saya sulit untuk bercerita atau mengungkapkan sesuatu secara lisan. Saya seorang manusia biasa yang juga ingin di dengar. So.... salah satu cara agar orang-orang disekeliling saya bisa mengetahui dan mendengar isi hati dan pikiran saya adalah dengan menulis. 

Saya seorang blogger...
dan di blog nunu sang pemimpi inilah saya menuangkan melalui postingan-postingan saya tentang isi hati, pikiran, ide, berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki. 

Dulu saya sangat jarang menulis. Kalau saya lagi punya masalah yang teramat sulit yang tidak bisa saya curhatkan kepada orang lain "Sangat Pribadi" barulah saya menulis. Ataukah pada akhir tahun untuk menuliskan segala rencana-rencana hidup dan resolusi untuk tahun baru yang akan datang.

Setelah mempunyai blog dan sebelum bergabung dengan komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis). Aktivitas menulis mulai menjadi sebuah kebiasaan. Baru saya sadari bahwa dengan menulis saya mendapatkan banyak hal yang positif antara lain :
  1. Menulis adalah sebuah terapi. Menulis bisa mengurangi stress loh... setelah kita mengungkapkan isi hati dan pikiran melalui tulisan maka kita akan merasa plong atau lega.
  2. Menulis memotivasiku untuk memperbanyak bahan bacaan (artinya rajin-rajin membaca)
  3. Menulis bisa meningkatkan kemampuan berbahasa
  4. Dengan menulis saya memiliki banyak teman. Kok bisa... saya kan gabung di berbagai grup penulis dan blogger, so... teman-teman kita bertambah dan ilmu kepenulisan maupun blogging juga bertambah karena selalu ada sharing ilmu dari teman-teman penulis dan blogger
  5. Dengan menulis bisa meningkatkan prestasi saya. Belum cukup setahun saya aktif menulis dan nge-blog (kira-kira baru sembilan bulan) Alhamdulillah sudah ada satu karya saya  yang dibukukan dalam sebuah buku Antalogi "Seringkuh-Bunga Rampai Selingkuh". Insya Allah tahun ini akan ada beberapa tulisan saya (antalogi) yang masih dalam proses terbit. Dalam dunia blogging pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog post tentang "Makassar Tidak Kasar" yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri, dan juga di awal tahun ini masuk 7 besar dalam kontes semi SEO tentang "Bantimurung Objek Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan" yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Maros. Prestasi inilah yang membuatku semakin semangat untuk selalu menulis dan nge-blog. Semoga bisa memenangkan lomba-lomba kepenulisan dan blogging yang bertebaran di tahun ini #make a wish.

Selain IIDN masih ada satu komunitas penulis namanya Forum Lingkar Pena (FLP). FLP adalah sebuah wadah  bagi penulis dan calon penulis untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis mereka. Sebenarnya mendengar kata FLP sudah tidak asing bagi saya, sebelum saya aktif menulis beberapa tahun yang lalu saya pernah mengunjungi website FLP dan membaca berbagai info didalamnya tentang kepenulisan. Tapi sayang ilmu tentang kepenulisan yang saya dapatkan di website FLP belum saya terapkan. Maklum waktu itu punya keinginan untuk menjadi penulis tapi tidak ada action (Big idea but no action). Entahlah mungkin karena waktu itu saya belum berani mencoba dan belum tahu berbagai hal positif yang kita dapat dari kegiatan menulis.

Jalan untuk menggapai mimpi itu masih panjang, tanpa adanya tindakan nyata mimpi itu hanya akan menjadi sekedar mimpi. Menjadi seorang penulis masih butuh banyak belajar, latihan, kerja keras, dan doa tentunya.
SEMANGKA ^^



15 comments:

  1. " Saya memiliki keterbatasan dalam hal komunikasi, saya sulit untuk bercerita atau mengungkapkan sesuatu secara lisan. Saya seorang manusia biasa yang juga ingin di dengar. So.... salah satu cara agar orang-orang disekeliling saya bisa mengetahui dan mendengar isi hati dan pikiran saya adalah dengan menulis.

    Menulis adalah sebuah terapi. Menulis bisa mengurangi stress loh... setelah kita mengungkapkan isi hati dan pikiran melalui tulisan maka kita akan merasa plong atau lega. "

    asalan yang sama dengan yang saya tulis di blog.... :)

    ReplyDelete
  2. Maaf saya ga nyontek loh....

    ReplyDelete
  3. wah setelah membaca postingan mba nunu saya jadi bertambah semngat, baru lama ngeblog sudah ada tulisan yg dibuku kan wah salut mba e, saya pun bercita2 pingn tulisan saya di buku kan, insyaallah oneday...saya harus banyak berguru dengan mba nih..bagi2 ilmu ya mba..trima kasih sudah berbagi cerita disini ...keep writing, salam kenal dari aceh :)

    ReplyDelete
  4. wah mba ee tulisan ini membuat saya juga semngat untuk terus menulis, tulisan2 mba nunu udah ada yg di bukukan keren keren..bagi2 ilmu ya mba ke saya...trima kasih sudah mengerjakan PR nya ....tetap smngat menulis ^___^

    ReplyDelete
  5. @meutia rahmahSy masih newbie mbak, msh hrs byk bljr n latihan. Selalu semangat utk menulis !!!

    ReplyDelete
  6. Dengan menulis juga bisa menambah teman, salah satunya saya :D
    Oia salam kenal ya nunu, sekalian ijin follow blog ini juga :)

    ReplyDelete
  7. saya memiliki keterbatasan dalam komunikasi kak. bahkan, seorang guru saya pernah mengkritik saya karena saya sering diam. terimaksih kak, tulisannya menginspirasi saya untuk terus menulis...


    ne alamat blog sederhana saya kak, Shalelahmajidah.blogspot.com
    sebuah kebahagian bagi saya jika k2k berkenan men-follow blog saya :)

    ReplyDelete
  8. Betul Nu, menulis juga untuk terapi. Sama dengan saya, insya Allah kita akan sebuku di bukunya pak Jonru tentang terapi menulis ya ... ^__^

    Oya, sedikit koreksi: 'didengar', bukan 'di dengar', itu kan kata kerja pasif, 'di' di situ bukannya berfungsi sebagai kata depan.

    ^__^

    ReplyDelete
  9. @meutia rahmah

    Tia, sering jalan2 ke kronologi saya dan Nunu, sering ada info2 menulis dari teman2 di situ ^__^

    ReplyDelete
  10. @HEЯRYYup benar skali... Salam kenal, nnt d follow back ^^

    ReplyDelete
  11. @Majidah NurSalam kenal majidah... nnt sy b'kunjung n follow blog kmu

    ReplyDelete
  12. @MugniarUps... terima kasih buat koreksix k' ^^

    ReplyDelete
  13. @MugniarIya mbak tia, jln2 k kronologi kami ^^

    ReplyDelete
  14. Menulis itu menurut saya adalah untuk mengisi waktu luang dengan menuliskan beberapa kata2 yang ada dalam pirikan kita, dan juga untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners