4/03/2016
18
Ngeblog atau blogging saat ini bukan hanya sekedar menulis. Menulis dan mempublikasikannya di blog kita itu hal yang sudah mainstream. Tapi kepikiran ga sih tentang beberapa hal ini :
  • Bagaimana caranya agar tulisan yang kita publikasikan tadi dibaca oleh banyak orang dunia maya? 
  • Bagaimana caranya link tulisan kita berada di halaman pertama atau berada di posisi teratas mesin pencari?
  • Bagaimana caranya me-monetize blog kita biar bisa dapat duit dari ngeblog?
  • Bagaimana caranya mengoptimasi social media yang kita miliki? sekali bikin status atau nge-tweet bisa dapat duit?
Yupss... kalau saya mah kepikiran banget, pengen tahu rahasia gimana para blogger kece tersebut bisa dapat duit hanya dari blog dan social medianya. 
Terus terang dua tahun belakangan ini saya kurang aktif ngeblog (lihat saja arsip blog saya tahun 2014-2015 yang sepi postingan) berdalih sibuk dan capek bilang saja malas hehehe...
Begitu pun dengan ilmu blog terus terang saya kudet (kurang update). 



Ketika dapat Newsletter dari akun gmail Blogger Perempuan tentang [Workshop #BlogHolicID] Taking Your Blog To The Next Level saya langsung mendaftarkan diri. 

Dari segi waktu oke lah pas weekend. Lokasi acaranya memang agak jauh sih, tepatnya di Jl. Pajajaran Gedung OPMC DiLo Bogor. Ga masalah sih yang penting bisa dapat ilmunya.

Menurut schedule, workshop di mulai pukul 10.00. Pengalaman saya beberapa bulan lalu ketika kali terakhir berkunjung ke kota Bogor, waktu tempuhnya sekitar 2 jam lebih bisa sampe di lokasi. Start pukul 7.00 pagi dari kosan saya di daerah Galur, Alhamdulillah perjalanan berjalan lancar. Ga lama nunggu busway menuju stasiun Juanda, ga lama nunggu KRL, dan mudah mendapatkan layanan Gojek di Bogor. Walhasil saya tiba di lokasi pukul 09.20

Hehehe... perkiraanku sudah banyak yang datang, ternyata DiLo masih sepi, panitianya pun belum datang, saya jadi peserta pertama ^^

Sekitar beberapa menit menunggu, satu peserta datang. So pasti kenalan dong. Anggota BP juga namanya ibu Inna Riana bersama kedua anaknya, tak lama kemudian mom blogger lainnya datang. Mbak Ernawati Lilys dan memboyong dua anaknya yang masih balita. Setelah itu berturut-turut peserta workshop berdatangan. Total peserta sekitar 26 orang dari Jabodetabek, sebagian pesertanya perempuan ada juga 2 lelaki yang hadir. 

Yang saya kagumi adalah semangat belajarnya para mom blogger yang ikut hadir. Beberapa dari mereka tak segan membawa anak-anak mereka yang terhitung masih batita dan balita untuk ikut workshop. Memang kelihatannya terkesan rempong (maklum saya belum emak-emak) tapi saya lihat mereka fine-fine saja menyimak sharing dari speakers sambil ngelonin anak. LUAR BIASA!!!

Workshop ini diisi oleh tiga speakers perempuan yang kece badai. So pasti sudah expert di bidangnya masing-masing. 

Sesi pertama, sharing tentang Menulis Konten Blog Menggunakan SEO yang dikupas secara mendalam oleh mbak Nunik Utami (Writing Trainer & Konten Creator at AloDokter.com, yang artikelnya sering berada di posisi teratas mesin pencari)

Sesi kedua, sharing tentang Monetize Social Media yang dibahas seru oleh mbak Kartika Putri Mentari alias Putri KPM (Seorang social media specialist, buzzer, dan lifestyle blogger). Dan... diriku baru ngeh ternyata mbak Putri teman sekelompok di Arisan Link BP, seminggu sebelum hari H dan pada saat hari H sempat sahut-sahutan di grup WA tentang workshop BlogHolicID. Oalah... ternyata mbak putri narsumnya ^^

Sesi ketiga, sharing tentang SEO for Branding Blog oleh mbak Shintaries (Siapa yang ga kenal sih sama Founder Blogger Perempuan Network, beliau adalah blog trainer Fun Blogging dan Co-Founder Fun Blogging Community, Blog & Web Designer, dan Winner of Lifestyle Blog 2015 by Blogie Award)

Sumber : Facebook mbak Shintaries


Mantap-mantap kan materinya... Harus diterapkan. Ya iyalah... harus bisa, soalnya dapatin ilmunya penuh perjuangan. Pulang dari workshop kami (saya, mbak April, mbak Prita, dan mbak Umi) harus menerjang hujan deras yang mengguyur kota bogor. Sampai di stasiun Bogor kami sudah basah kunyup. Kata mbak prita "Ilmunya harus dipraktekkan nih, karena dapatnya butuh perjuangan". 

Apa yang saya dapatkan setelah mengikuti workshop BlogHolicID :
  1. Ilmu, itu pasti
  2. Network, yupss... pertemanan bertambah karena bisa kenal sama mbak Shinta, mbak nunik, mbak putri, mas salman, juga peserta workshop lainnya seperti mbak Inna, mbak Erna, mbak April, mbak Prita, dan blogger lainnya (ditunggu grup WA-nya)
  3. Dapat hadiah, menang doorprize "Buku Habiburahman El Sirazy" dan Notebook karena menjadi 10 peserta yang hadir pertama
  4. Jadi makin semangat nge-blog, so blog ini harus naik level ya!

Dan yang terakhir, tentu saja sesuai jargon Nunu Amir Blog "Karena hidup adalah belajar dan berbagi" ilmu yang saya dapatkan akan saya share di blog ini. 
So... Don't go anywhere ya ^^

#OneDayOnePost
#PostinganSebelumTidur



18 comments:

  1. Wow, kayaknya seru banget nih. Ditunggu lho bagi-bagi ilmunya. Salam kenal Bpers, aku di Arisan Link II. Yuk, follow2an di blog, G+, IG (aku @airakimber), dan twitter (@airakim) ^__^

    ReplyDelete
  2. serunya ..ngumpul-ngumpul dapet ilmu...

    ReplyDelete
  3. menanti sharing ilmunya mba nunu

    ReplyDelete
  4. kalau acara seperti ini saya mau ikutan. seru-seru dan dapat ilmu juga. salam kenal untuk semuanya. kalau ada lagi mungkin aku bisa ikut, kalau ada info. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... salam kenal juga.
      Klu jadi member BP sering dapat newsletter event2 BP

      Delete
  5. Wah, serunya... Kalau ada di Bandung mau ikutan ah...
    Ditunggu share ilmunya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. hihihi, aku belum nulis ini euy..dicukil juga omongan yg kluar begitu saja di stasiun, penuh perjuangan bgt kan mb, untung ada angkot yg nyamper kita atas ijinNya, kl ga, wah jalannya jauhhh, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Alhamdulillah diberikan kemudahan ya

      Delete
  7. Wah nambah ilmu lagi nich, saya juga baru tau mbak klo penggunaan bold itu tidak mesti pada keyword..hmmm Thanks Mbak Nunu

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Sipp.. mbak...
      sdh ada kok lanjutannya

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners