Seru dan Meriahnya Bloglicious Maros 2012 (Bag. 2)

Seru dan Meriahnya Bloglicious Maros 2012 (Bag. 2) - Hari kedua Bloglicious Maros 2012 saya datang lebih awal karena himbauan dari panitia agar bisa datang lebih cepat untuk registrasi pukul 7.30 teng...
Hari kedua ini saya  berangkat ke Maros tidak bareng Mirna lagi, soalnya dia bilang akan datang agak telat karena ada urusan sebelumnya.

Ada hikmahnya juga saya datang lebih awal, pertama saya tidak harus antri berdesak-desakan untuk registrasi ulang. Kedua, saya memiliki waktu lebhi di ruangan untuk menyelesaikan tulisan saya tentang UseeTV (Pengen ikutan lomba blog). Soalnya pada malam harinya saya tidak sempat merampungkan tulisan tersebut terlalu banyak pekerjaan rumah tangga yang harus saya kerjakan (Ibuku lagi ke Jakarta, so saya jadi nona rumah tangga deh).

Bloglicilous Maros 2012 hari kedua berlangsung lebih seru dan meriah. Selain karena pemateri yang keren dengan materi-materinya yang padat dan berbobot, hari kedua ini semakin seru karena banyak quiz dengan hadiah yang menggiurkan serta lomba blog dan live tweet.

Materi pertama tentang SEO (Search Engine Optimized) dengan pemateri Mas Gempur Abdul Gofur. Materi yang sangat menarik dan sudah saya tunggu-tunggu memang karena terus terang saya sangat tertarik dengan ilmu SEO. Saya sendiri waktu sesi pertanyaan memberanikan diri untuk bertanya kepada mas Gempur. Hal yang saya tanyakan ini adalah uneg-uneg saya tentang SEO. 




"Saya beberapa kali ikut lomba semi SEO, saya sudah menerapkan tips-tips SEO yang mas jelaskan tadi. Pada awalnya sih hasilnya cukup baik tulisan saya berada di halaman pertama Google, tetapi lama kelamaan posisi tulisan saya menurun terus. Bagaimana caranya agar saya bisa mempertahankan posisi tulisan saya agar tetap berada di halaman pertama?"

Mas Gempur memberikan saya dua tips SEO :
  1. Atur Strategi, minta teman membuat postingan blog tentang artikel kita tersebut dengan memberikan link yang menuju ke tulisan kita. (Blognya harus yang sejenis)
  2. Minta backlink ke blog yang Do Follow

Materi SEO mungkin terlalu panjang untuk saya tuliskan di sini. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Blog dan SEO silakan kunjungi blog baru saya (masih dalam tahap underconstruction)  http://blogging-and-share.blogspot.com/

Materi kedua tentang Blog Monetizing dengan pemateri dari Tim IDBlogNetwork yaitu Mas Kukuh TW dan Mas Radityo DA. Materi ini membahas semua hal tentanIDBlogNetwork. Mau tahu lebih banyak tentang IDBlogNetwork silakan klik disini.



Oh ya, acara ini diselingi dengan kuis dengan hadiah menarik yaitu "Job Review senilai Rp. 1.000.000". Wuih... siapa yang tak tertarik ya... hehehe mataku langsung hijau (kelihatan matrenya).
Astagfirullah, entah saya kerasukan apa dengan PeDenya saya pun memberanikan diri naik ke atas panggung sebagai salah satu peserta kuis. Seingat saya ada 6 orang yang naik ke atas panggung.
Setelah mengetahui pertanyaan tentang "fitur-fitur campaign yang ada di IBN" ada yang menyerah turun dari panggung menyisakan beberapa orang termasuk saya. Yang lain kurang berhasil menjawab dengan lengkap. Terakhir tiba giliran saya, dengan deg-degan saya berhasil menjawab 6 dari 7 jenis campaign IBN. Karena support dari seluruh peserta dan kebijakan mas Kukuh TW akhirnya saya mendapatkan hadiah "Job Review senilai Rp. 1.000.000" Horeeee.... *jingkrak-jingkrak...

Materi ketiga tentang Mozilla Webmaker yang dibawakan oleh pak Benny Chandra dari Mozilla Firefox. Pak Benny Chandra memperkenalkan fitur baru dari mozilla yaitu Mozilla Webmaker dimana dengan fitur tersebut kita bisa membuat sebuah web. Tujuannya untuk menolong jutaan orang yang awalnya hanya seorang user bisa menjadi pembuat web. 
Kesimpulan saya sih Mozilla Webmaker sama saja seperti Blog versi Mozilla (mungkin sebaiknya searching di google ya, siapa tau ada tutorial tentang Mozilla Webmaker. Sayang cuma teori saja, coba langsung praktek ya :(

Setelah istrirahat untuk santap siang dan sholat dhuhur materi dilanjutkan. Pemateri kali ini adalah Daeng Ipul Ketua Komunitas Blogger Makassar "Anging Mammiri". Materi yang dibawakan oleh Dg. Ipul tentang Social Media. Sayang sekali saya melewatkan materi ini karena saya telat masuk ke ruangan. Saya tiba di ruangan disaat sesi pertanyaan dimulai. Setelah sesi pertanyaan Dg. Ipul pun mempromosikan tentang Kopdar Blogger  Nusantara 9-11 November 2012 dan menghimbau seluruh peserta agar bisa menghadiri kopdar tersebut.



Materi terakhir tentang Security Blog dan Design Blog dengan pemateri Mas Aldy "Terren" Putra dan Kak Anshari (Ketua Komunitas Blogger Maros). Terus terang materi yang terakhir ini saya kurang konsentrasi karena hawa didalam ruangan yang sangat panas dan listriknya sering padam.

Acara terakhir adalah pengumuman hasil Lomba Blog UseeTV dan LiveTweet. Sedikit deg-degan juga menunggu pengumumannya.Hasil lomba blog pun diumumkan oleh Bapak Aris Bahtiar dari Divisi Multimedia PT. Telkom. Tak menyangka, tulisanku juara 3 Alhamdulillah ya ^^ dan lumayan dapat bingkisan dari UseeTV. 


Mau tahu isinya apa?!?!?!?


Setelah acara penutupan, panitianya bagi-bagi goodie bag ^^



Setelah bagi-bagi goodie bag, kita foto bareng ^^ di depan Kantor Bupati Maros


Pengalaman yang sangat mengesankan dari Bloglicious Maros 2012. Tak salah, satu tahun saya menunggu untuk mengikuti event ini karena tahun lalu saya telat dapat info tentang Bloglicious Makassar 2011.  Banyak hal yang saya dapatkan ilmu, wawasan, pengalaman, teman-teman baru (farah dan alfa, miss u ^^), dan masih banyak lagi yang lain. Bloglicious Maros 2012 event yang tak kan terlupakan dalam sejarah hidupku.

7 comments

  1. Memang keren kan acaranya?
    Nunu juga keren ... selamat ya, pulang bawa banyak hadiah.
    Hebat memang tong adikku yang satu ini :)
    Turut bangga Nu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget k' ^^
      Alhamdulillah dpt rezeki..
      Terima kasih k' niar

      Delete
  2. Waduh.. keren amat ya, suatu saat pingin ikut hadir berkumpul dengan para blogger2 @@ apalagi kalau ada event kayak semacam bloglicious

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget... ikutan sj klu ada event sprt ini d kota anda. Banyak manfaat yg bisa kita dptkan ^^

      Delete
  3. huhuhu..
    ndak liat pas saya tampil..padahal kan saya juga mau direview..

    huhuhuhuhu...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye, sy nda lihat ki bawakan materi... (gara2 sibuk foto2 d masjid Al-Markaz Maros)
      sayang sekali, pasti seru materi ta krn ttg social media.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam