9/08/2012
5
Seru dan Meriahnya Bloglicious Maros 2012 (Bag. 1) - Pukul 06.30, pagi benar saya berangkat dari rumah menuju kota Maros tepatnya di Aula Kantor Bupati Maros karena info dari panitia 7.30 sudah mulai registrasi peserta. Maklum perjalanan Makassar-Maros membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Jika lalu lintas tak macet dan pete-pete (alias angkot) tidak lama nge-temp (tunggu penumpang) waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.

Saya sudah janjian berangkat bareng Mirna (teman satu komunitas di Anging Mammiri, IIDN dan Bloof), kami bertemu di depan Mesjid Raya. Yup!!! kami cuma berdua, sebenarnya banyak kawan yang sangat ingin mengikuti Bloglicious Maros 2012 ini tapi sayang belum rezeki karena pendaftaran mereka tidak dikonfirmasi oleh panitia. Di luar dugaan jumlah pendaftar Bloglicious Maros 2012 mencapai 500 orang lebih, sebuah rekor baru memang!!! padahal kuotanya hanya untuk 200 orang. (Catatan tersendiri buat IBN jika tahun depan Bloglicious diadakan kembali, untuk Sulsel kuotanya harus lebih banyak karena kami disini sangat haus akan ilmu dan melek teknologi informasi). Jumlah peserta yang hadir pada hari itu lebih dari 300 orang (sumber : Website KBM)
Wow... meriah banget ya ^^

Tiba di Kantor Bupati Maros sekitar jam 8 pagi, sudah banyak orang yang antri untuk registrasi pendaftaran. Wuiihhh... pesertanya banyak yang remaja alias pelajar berwajah unyu-unyu (hehehe... saya merasa tua jadinya). Takdir mempertemukan kami kembali personil "Group Destiny" Iis dan Amel jadi panitia registrasi "saya merindukan kalian" (tentang group destiny suatu saat nanti saya akan menceritakannya di postingan yang berbeda). Begitupula dengan mbak Rahmah yang langsung menyapa dan menyalami kami "miss you juga mbak Rahmah, setahun lebih baru bertemu kembali". Boleh dibilang Bloglicious Maros 2012 menjadi ajang reuni tersendiri juga.

Saya dan Mirna memutuskan mengambil tempat duduk paling depan, bukan karena pengen narsis ya tapi semata karena soal indra penglihatan kami, sama-sama bermata minus dan memakai mata tambahan alias kacamata. Agar kami bisa melihat pemateri dan membaca materi mereka dengan lebih jelas. 

Acara dibuka dengan pentas seni tari tradisional dan tradisi Angngaru (semacam debus ya, terus terang saya ngeri melihatnya). Setelah itu biasalah kata-kata sambutan dari pihak yang berkepentingan.



Materi pertama tentang "Etika nge-Blog" dengan pemateri pak Anjari Umarjianto beliau adalah pendiri dari Detik Blogger Community.


Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi tersebut adalah "Etika dalam nge-blog itu perlu karena seorang blogger berinteraksi dengan jutaan blogger lainnya dan juga kepada pembacanya jadi sebagai seorang blogger kita harus menjaga dengan baik interaksi tersebut antara lain dengan publikasi yang nyata, memberi referensi jika kita meng-copas suatu artikel, meminta maaf jika ada kesalahan, dan tulisan kita bisa dipertanggungjawabkan"


Materi kedua tentang "Menulis di Blog dan Manfaat Yang Menyertainya" dengan pemateri pak Amril Taufik Gobel.  Materi yang dibawakan pak Amril TG sangat padat dan berisi berkenaan tentang Blog dan kiat-kiat menulis dan membuat postingan yang baik serta berbagai manfaat dari nge-Blog. Mau tahu banyak tentang materinya silakan download disini.


Materi ketiga tentang "UseeTV - Mobile Primetime, pematerinya adalah pak Aris Bahtiar dari Divisi Multimedia PT. Telkom. Euummm... tentang UseeTV saya tidak harus menulis banyak disini karena sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang UseeTV "Ngaku Keren!!! Pake UseeTV" (hehehe karena pengen ikut lomba blog).



Selain materi padat, berisi, dan bermanfaat banget pada event Bloglicious Maros 2012 ini diisi berbagai quiz dan lomba dengan hadiah yang keren-keren serta menggiurkan. Lombanya antara lain Lomba Blog dan Lomba Live Tweet. Seru kan!!!!

Materi terakhir di hari pertama Bloglicious Maros 2012 tentang "Blogpreneur". Pematerinya teman satu komunitas saya di IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar mbak Winarni K yang akrab dipanggil Inar. Memang pantas Inar menjadi pemateri tentang Blogpreneur. Inar adalah salah satu finalis Wirausaha Muda Mandiri asal sulawesi selatan dan usaha W-Cakenya boleh dibilang telah menuai sukses. Berawal dari modal Rp. 50.000 dia membangun usahanya dan mempromosikannya secara online.


Banyak ilmu dan motivasi serta kiat bisnis online yang diberikannya. Saya sendiri sempat mengajukan satu pertanyaan kepadanya tentang kiat meningkatkan bisnis online yang sedang saya geluti saat ini, dan materi "blogpreneur" ini kami lanjutkan diatas pete-pete (maksudnya perjalanan pulang Maros-Makassar kami seangkot dengan Inar). Sepertinya saya harus memberikan postingan khusus tentang materi "Blogpreneur" ini Ngomong-ngomong saya juga pernah mencoba salah satu kue buatannya "klapper tart", dijamin enak banget ^^. Oh ya di salah satu postingan, saya pernah membahas soal kue buatannya. Baca disini ya!!!

Sekian dulu ya postingan kali ini, hoaamm... sudah ngantuk...
To be continue Seru dan Meriahnya Bloglicious Maros 2012 (Bag. 2)

5 comments:

  1. seru dan seru sayang kita gak sempat ketemuan disana disebabkan ramainya perserta dibarengi dengan hawa panasss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan bloglicious juga ya ^^
      Smoga kt bisa bertemu di lain kesempatan

      Delete
  2. Waaah Winarni jadi pemateri? Kerenn :)
    Upload ini di grup ya Nu. Mention Winar juga ...
    Kak Amril datang ya, sayang saya ndak bisa hadir. Mungkin tahun depan bisa ikutan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak inar jadi pemateri k'...
      nnt sy share. td sore mau share di grup IIDN tp koneksi internet sy lalod k'...
      Iya k' mgkn lokasix tlalu jauh ya buat kk...
      Smoga tahun dpn bisa ikutan lg ^^

      Delete
  3. wah meriah banget yah di maros....
    salam kenal, saya dari blogger banjarmasin

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners