10/02/2012
15
7 Tips Menghilangkan Galau - Aku Galau!!! Itu kata sebuah iklan di Tipi. Kata ABG sekarang galau tuh lagi ngetrend. Oh ya... masa sih??? Iya lihat saja di status-status FB kebanyakan facebookers mania update status yang galau melulu.
Kadang saya capek lihat beranda FB "OMG!!! Berandaku penuh dengan status galau tingkat dewa para galauwan dan galauwati" (Trus... gue mesti bilang WOW gitu sama loh). Ckckckck.... Galau Mode On deh.




Galau.... galau.... dan galau terus....
Sebenarnya apa sih galau itu? Setelah ane searching-searching, berkelana dari blog satu ke blog lainnya akhirnya mendapatkan beberapa definisi tentang galau tersebut :


  • Galau versi KBBI Edisi V : Galau berarti kacau (tentang pikiran); Bergalau berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); kegalauan berarti sifat (keadaan hal) galau.
  • Galau, versi Google Translate dan Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily :
    Bahasa Inggris galau adalah hubbub atau confusion. Yang artinya, galau lebih menonjol kepada sebuah suasana pikiran yang sedang dilanda kebingungan.
  • GALAU, versi bidang psikologi :
    Sebuah keadaan dimana kejiwaan seseorang yang memiliki rasa kurang percaya pada sahabat-sahabatnya. Dengan kata lain, saat ia memiliki sebuah masalah (lebih cenderung kepada hal percintaan) orang tersebut tidak mempercayai saran-saran dan keberadaan orang-orang terdekatnya, cenderung lebih mencintai kesendirian, kesakitan dan ketersesatan, merasa tidak (kurang) diperhatikan atau dicintai oleh orang-orang di sekitar, mencari perhatian dan merasa patut di kasihani dengan melakukan aktifitas “update status” pada situs jejaring sosial dengan kalimat-kalimat yang bermakna sakit hati dan kekecewaan, tidak percaya sepenuhnya pada rencana TUHAN. (sumber : gugling.com)
Dari definisi diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa galau itu sama dengan pikiran kita lagi kacau balau alias bingung. Ternyata kebanyakan galau bisa membahayakan juga loh karena bisa berdampak pada psikologis dan keimanan kita. Ya iyalah berbahaya karena kalau galaunya over dosis bisa saja menggiring kita melakukan hal-hal yang negatif misalnya memakai memakai obat terlarang dan minum minuman keras (misalnya es batu hehehe... bukan itu, maksud saya minuman yang memabukkan).
Dan galau itu menular loh.... ga percaya??? lihat saja di fb.

Yang membuat kita galau biasanya hal-hal yang membuat kita berada dalam keadaan dilematis sehingga membuat kita memikirkan berbagai kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan solusi. Nah kemungkinan tersebut yang membuat kita bingung dan pikiran kacau.



Trus, apakah ada cara untuk menghilangkan galau?
Ada dong, berikut 7 tips menghilangkan galau versi Nunu Sang Pemimpi (bukan versi on the spot loh)
  1. Be Calm, tenangkan diri dan pikiran. Caranya adalah cari tempat yang tenang jauh dari kebisingan. setelah mendapatkan tempat yang pas, duduk bersila, biarkan badan kita rileks dan santai. Atur pernapasan kita. Kosongkan pikiran. Tarik nafas tahan hingga 10 detik lalu hembuskan. Lakukan terus sampai 10 kali atau sampai merasa tenanglah (eits.... jangan sampai kentut loh)
  2. Bagi yang muslim sholatlah itu bisa membuat pikiran tenang, apalagi sholat malem. Cakep banget tuh!!! Yang non muslim beribadahlah sesuai keyakinan masing-masing. Intinya sih mendekatkan diri kepada yang Maha Esa
  3. Jangan lupa zikir, baca Al-Quran dan berdoa tentunya biar diberi cahaya hidayah biar bisa keluar dari masalah yang menggalaukan kita
  4. Nonton acara-acara komedi yang bisa membuat kita tertawa. Tertawa bisa membuat kita rileks, pernapasan jadi teratur, dan membuat otot muka kita yang tadinya kusut keriput menjadi kencang kembali. (Cepat... ganti channel nonton Sule, dkk)
  5. Jangan atau kurangi nonton sinetron karena itu membuat kita bertambah galau. Kebanyakan sinetron yang tayang di Tipi itu kurang mendidik dan membuat kita jadi cengeng dan melankolis. Layaknya opera sabun isinya cuma buih... emang mau di kasi buih??? (ane mah ogah)
  6. Makan yang manis-manis misalnya coklat dan es krim karena bisa memperbaiki mood kita (jangan banyak-banyak nanti giginya berlubang loh)
  7. Minum teh hangat karena menurut saya sih kalau minum teh ada sensasi tersendiri yang membuat pikiran kita tenang. (Apapun makanannya tetap teh.... ups... ga boleh iklan)
OK, itu tadi 7 tips menghilangkan galau, ada yang mau menambahkan? silakan layangkan di kolom komentar ^^
Jika setelah membaca dan mempraktekkan tips ini dan kamu masih galau, sepertinya kamu harus konsultasi sama psikiater deh....

So... 
Say No To Be Galauwan and Galauwati
Say Yes To GALAU (God Always Listen And Understanding)

15 comments:

  1. postingan yang mantap gan, dari analogi sampai ke tips2 menghilankan galau Lengkap hehehe *happy blogging*

    ReplyDelete
  2. wah nice tips... siap laksanakan...
    memang tidak ada ramuan yang paling mantap selain curhat ke yang maha kuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, klu dkt sm Allah, Insya Allah ga bakal galau

      Delete
  3. Jadi ... semua tipsnya pernah dicoba Nu? Kereeen #Eh?#

    :D

    Oya, widget ViVA yang di sebelah kanan ini, coba diperkecil ukurannya Nu. Sy kurangi panjangnya masing (25 atau 50 ya .. lupa), jadi muat ki di side bar-ku. Kalo ndak dikurangi pasti kelewatan. Coba Nunu kurangi, supaya tampak lebih cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sudah dipraktikkan kak ^^
      Terima kasih buat saranx, kegedean ya kak :)

      Delete
    2. Waah ramping skali sekarang widget itu :D

      Delete
    3. Iya kak... upss.... tulisan "kabar populer" huruf "R"-nya ga masuk... perlu sedikit d lebarkan

      Delete
  4. Replies
    1. Silakan... tp sumberx d cantumkan ya ^^

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. galau oh... galau... dimana-mana ada galau, yang komenpun lagi galau...
    *mba aku ikut GA pake artikel ini. trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbak...
      smoga setelah memabaca artikel ini galaux bs hilang.
      Terima kasih sdh b'partisipasi

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners