5/20/2016
26
Pantai Losari terkenal dengan sunsetnya yang indah dan wisata kuliner khas Makassar yang akan memanjakan lidah Anda

Haloha!!!
Bulan yang busy ya!!! (hehehe... busy karena lagi addict nonton drama korea)
Jadi jarang update deh... wush...

Postingan kali ini menjawab pertanyaan dari mbak Diah Dwi Arti. Beberapa waktu yang lalu mbak Diah mereview blog saya. Di postingannya tersebut dia bertanya kepada saya "Pantai Losari, namanya kok ada bau Jawanya?". Mungkin mbak Diah bertanya seperti itu karena ada sebuah daerah lebih tepatnya kecamatan di Cirebon yang bernama Losari.

Terus terang ini jadi Pe-Er penting buat saya. Sebagai seorang perempuan yang lahir dan besar di kota Makassar, tak pernah terpikirkan oleh saya mengapa pantai yang terkenal dengan sunset-nya yang indah ini dinamakan dengan pantai losari. #JadiMaluDeh

Senja di Pantai Losari
Sumber : Google Image

Oke baiklah... karena pertanyaan itu membuat saya amat sangat penasaran jadi saya coba mencari referensi sejarah tentang pantai yang sering jadi tempat nongkrong anak muda tersebut.

Berdasarkan beberapa referensi yang saya baca, sejarah penamaan pantai losari masih menjadi sebuah teka-teki sendiri, apakah berasal dari bahasa Belanda atau bahasa Makassar? Jawaban-jawaban yang ada masih sekedar asumsi saja. 

Hampir semua referensi tersebut menjelaskan bahwa pantai losari yang dulunya disebut Pasar Ikan berasal dari kata "Los" dan "Ari" bisa dimaknai secara sederhana sebagai kawasan lepas yang terselubungi oleh dua lapisan utama. Secara harfiah, kata "los" dalam bahasa Jawa memiliki makna yang ambigu, yaitu sebuah kawasan atau tempat untuk berjual beli, sebagai toko-toko atau pasar terbagi-bagi ke beberapa los. Kemudian, "los" dalam konteks kejawaan berarti terlepas atau udar. Mengingat dahulu pantai losari memang adalah tempat untuk berjualan. Sedangkan kata "ari"dimaknai sebagai pembungkus atau penyuplai. 

Hehe... mungkin jawaban saya bisa cukup memuaskan mbak Diah. Data-data yang ada masih minim mbak, jawaban yang ada adalah rekaan logika yang diadopsi. Saya rasa ini menjadi PR nih bukan hanya untuk Pemerintah Kota Makassar dan pihak terkait tapi juga warga kota Makassar yang peduli dengan sejarah kotanya untuk menemukan fakta sejarah yang sebenarnya. Biar kita enak ya jawabnya.


Kenangan Akan Pantai Losari

Sebagai orang Makassar, pantai Losari tentunya bukan hal yang asing. Ikon kota Makassar ini jaraknya kurang lebih 2 Km dari rumah saya. Saya memiliki banyak kenangan indah dengan pantai yang dulu terkenal dengan restoran terpanjang ini. Ketika masih kecil orang tua saya sering mengajak kami jalan-jalan sore ke pantai ini. Duduk di warung-warung tenda di bibir pantainya (tahun 90an restoran terpanjang ini masih ada. Restoran yang dimaksud disini adalah jejeran pedagang kaki lima), mencicipi lezatnya pisang epe ataupun semangkuk es teler, menikmati angin sepoi-sepoi, mendengar merdunya suara ombak, sambil menanti matahari terbenam. It's so beautiful. Sekarang Anda tak mungkin menemukannya di pantai Losari.   

Pantai Losari Tempo Dulu
Jejeran Warung Pedagang Kaki Lima di Bibir Pantai Losari
Sumber : Google Image

Beranjak remaja, saya mulai mengenal kegiatan yang lagi nge-trend dilakukan remaja pada saat itu "Bazaar". Berbagai bazaar diadakan di pantai Losari, paling ramai jika minggu malam. Wuishh... dipastikan pantai Losari akan macet abis. Bazaar-bazaar itu lebih banyak mengatasnamakan kelompok, organisasi, sekolah, komunitas, dll. Tujuan mengadakan bazar itu beda-beda ada yang mengumpulkan dana untuk kegiatan mereka atau hanya  sekedar ngumpul-ngumpul saja, mendapatkan kenalan baru dan kalau beruntung gebetan baru #tsah.  Baazarnya apa? Ya Bazar Makanan. Jadi kelompok tersebut bekerja sama dengan salah satu warung di bibir pantai losari sebagai lokasi bazar mereka. Nanti mereka membuat semacam kupon bazar yang berisi menu-menu makanan di warung tersebut dan dijual ke keluarga, teman-teman, temannya teman, gebetan, dll. Menunya mulai dari makanan hingga minuman. Saat ini mungkin sangat jarang ya remaja-remaja Makassar mengadakan bazaar semacam itu.

Lambat launt pantai Losari mulai banyak perubahan. Reklamasi dan Revitalisasi besar-besaran. Wajah pantai Losari perlahan-lahan berubah. Demi pembangunan Anjungan Pantai Losari, warung-warung tenda yang berjejer di pinggir pantai dipindahkan, awalnya warung itu dipindahkan di sepanjang jalan Metro Tanjung Bunga, kemudian akhirnya dipindahkan ke sebuah tempat didepan rumah jabatan Walikota Makassar, namanya pantai Laguna.

Minggu pagi, Anjungan Pantai Losari menjadi lokasi Car Free Day, sangat ramai dipadati oleh warga Makassar yang ingin berolahraga pagi atau sekedar jalan-jalan sembari belanja ataupun sarapan pagi karena pantai losari juga dipadati oleh berbagai pedagang baju, mainan, sepatu, tas, aksesoris, makanan, minuman, dll. 
Saya dan keluarga sering jogging kala weekend, jalan kaki dari rumah ke pantai Losari pulang pergi (makanya dulu saya langsing, karena sering olah raga. Sekarang lemak dimana-mana he...)

Bagaimana dengan pantai Losari sekarang? Terus terang saya kurang tahu keadaan pantai Losari saat ini, kabarnya sih akan ada mega proyek untuk pantai Losari. Sudah berbulan-bulan tidak pulang ke Makassar. I'm very... very... very... miss my city.
Kalau begitu tunggu  tulisan saya selanjutnya setelah mudik lebaran nanti ya. Insya Allah

Semoga bermanfaat :)




Sumber : http://www.kabarkami.com/sejarah-pantai-losari-dan-teka-tekinya.html
             http://makassarterkini.com/sejarah-pantai-losari/


26 comments:

  1. fotPo senjanya d pantai losari baguss, emang ya mak kalo udah lama gak balik ke kampung halaman rndu banget rasanya sama suasananya. aku ya jgua gitu rindu banget sama kampung halaman :(


    http://rusydinat.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... betul... betul... betul...;-(

      Delete
  2. menjadi tempat yan wajib dikunjungi kalau berunjung ke Makassar

    ReplyDelete
  3. isi artikelnya bagus banget mbak dan tiba2 gw jadi pengen kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)
      Ayo pak jalan-jalan ke Makassar

      Delete
  4. Terahir kesana pas kelas 2 SD.... ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... sayang bingitz.
      Ayo ke pantai losari lagi

      Delete
  5. wah belum eranh mampir ke pantai ini, jadi pingin. Betul di Cirebon juga ada daerah namanya Losari berbatasan dengan jawa tengah. Jadia ad Losari wialayh jawa barat (masuk cirebon) dan ada losari wiayah jawa tengah (masuk brebes)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.... nama losari ternyata banyak ya. klu ke mks jgn lupa mapir ke pantai losari :D

      Delete
  6. pengi next time bisa ke Losari
    amin

    ReplyDelete
  7. Masih bersih nih pantainya? udah lama gak kesana

    ReplyDelete
  8. Saya gak tau asal usul nama Pantai Losari :) pantai yang menghidupi saya saat 1997 - 2001 saat kuliah di Makassar. Banyak kenangan, banyak cerita... terima kasih sudah berbagi pendapat mengenai asal usul nama Pantai Losari :)

    tabe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.... semoga bermanfaat

      Delete
  9. owh? ku juga sering nemuin nama Jawa di cerita silat dg setting Bengkulu [jiahh] belum lepas dari pendekar 'next generation' daku nih >_<

    yg pasti aku jadi kenal Pantai Losari, Makassar karena pingin tau apa itu proyek reklamasi yg sering diberitakan di tv 0_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, pantai losari lagi di reklamasi sekarang

      Delete
  10. Saya belum pernah ke pantai Losari,hiks pingin juga

    ReplyDelete
  11. ooo gitu ya mbak. terjawab sudah ya mbak meski baru sekilas.

    iya ya, jangan-jangan ada unsur bahasa belandanya ya sehingga bisa mirip.

    makasih ya mbak sudah berkenan menjawab pertanyaan saya.

    ReplyDelete
  12. Rindu tempat ini..... syiruffff markisaaahhhh yummy *cheer*

    ReplyDelete
  13. disuruh nulis ttg pantai losari oleh kelas newbie AM Dan akhirnya nyasar kesini hihihi. ternyata tulisan ttg pantai losari sendiri msh minim bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... memang sangat minim.
      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners