Bacaan Doa Bangun Tidur Di Pagi Hari Yang Bisa Diajarkan Pada Anak


Doa yang perlu dipanjatkan sehari – hari tidak jauh dari aktivitas rutin seseorang mulai dari makan, mandi, tidur, hingga bangun tidur. Bunda, apakah si kecil di rumah sudah hafal doa bangun tidur?

Yuk Bun, ajarkan mereka untuk mengamalkan doa dalam kegiatan sehari – harinya. Memanjatkan doa bangun tidur sama pentingnya dengan saat kita memanjatkan doa sebelum tidur.

Membaca doa bangun tidur merupakan bentuk tanda syukur kita kepada Allah SWT karena masih diberi kesempatan untuk bernapas dan bisa beraktivitas kembali di pagi hari. Meski tampak mudah untuk dibaca, namun sebagian anak ternyata masih agak asing dengan doa saat bagun tidur ini.

Lantas, bagaimana bacaan doa bangun tidur yang bisa diajarkan pada anak? Terdapat beberapa bacaan doa yang bisa dibaca si kecil saat baru bangun tidur di pagi hari, termasuk juga ucapan dzikir di dalamnya.

Berikut bacaan doa bangun tidur di pagi hari yang bisa diajarkan pada anak :

1.     Bacaan Doa Bangun Tidur

Membaca doa bangun tidur sifatnya sunah. Berikut bacaan doanya :

Bacaan Latin :

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

Artinya :

“Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.” (HR. Bukhari nomor 6325).


2.     Bacaan Doa Bangun Tidur Ditambah Zikir Di Pagi Hari

Selain membaca doa bangun tidur, awali juga pagi hari dengan membaca dzikir sebagai bentuk keyakinan akan keesan Allah SWT. Doa setelah bangun tidur ditambah berzikir tersebut bisa dibaca seperti ini.

Bacaan Latin :

Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrih.

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.” (HR. Tirmidzi No. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani).

3.     Bacaan Doa Bangun Tidur Tanda Syukur

Selain itu, masih ada bacaan doa bangun tidur lainnya yang bisa diamalkan saat bangun di pagi hari. Bacaan doa ini merupakan bentuk syukur manusia kepada Allah SWT Sang Pencipta. Berikut bacaan doa bangun tidur sebagai tanda syukur yang bisa diamalkan dan diajarkan kepada si kecil.

Bacaan Latin :

La ilaha illal-lahu wahdahu la shareeka lah, lahul-mulku walahul-hamd, wahuma AAala kulli shay-in qadeer, subhanal-lah, walhamdu lillah, wala ilaha illal-lah wallahu akbar, wala hawla wala quwwata illa billahil-AAaliyyil AAatheem. Rabbigh-fir li.”

Artinya :

Sabda Rasulullah SAW : “Siapapun yang bangun di malam hari dan ketahui bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, berdiri sendiri tanpa sekutu dan memiliki segalanya dan Maha Paling Kuasa.

Betapa sempurnanya Allah SWT, dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada wujud lain yang berhak disembah kecuali Allah.

Allah Maha Besar dan tidak ada kekuatan lain yang bisa menandingi-Nya. Segala Puji Bagi Tuhan Yang Maha Kuasa, Yang Maha Esa.

Aku berdoa kepada-Mu : ‘Ya Tuhanku ampunilah aku.’ Kemudian diri-Nya berkata : ‘Berwudhu dan sholat, maka doanya akan diterima.

Dengan membaca doa bangun tidur maka hal itu merupakan bentuk syukur anak atas nikmat luar biasa yang bisa dirasakannya sebagai manusia. Bersyukur karena nafas yang dikembalikan saat terbangun dari tidur. Sebagaimana dalam arti doa bangun tidur diatas bahwa kita diberi kesempatan yaitu bangun di pagi hari atau ‘dibangunkan’ saat hari kiamat.

 

0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam