6/12/2011
5
Bismillahirrahmanirrahim....

Halooo... Kawan 

Ketemu lagi ditutorial kita yang kedua mengenai Macromedia Dreamweaver. Kali ini kita akan membahas tentang Site Dreamweaver.

Perlu kita ketahui bahwa sebuah website itu kawan terdiri dari beberapa file  yang saling berhubungan menjadi satu kesatuan utuh. Nah.. file-file tersebut jumlahnya bisa sangat banyak so... diperlukan pengaturan untuk memudahkan dalam proses mendesain, mengedit, dan mengupload file-file ke internet nantinya.

Di Macromedia Dreamweaver dikena istilah Site yang dapat digunakan untuk menampung semua folder dan file-file pendukung website kalian.

OK... sekarang kita mulai saja ya... prakteknya...

Step 1
Pertama-tama kawan, siapkan dulu folder lokal (terserah simpannya dimana) yang akan digunakan untuk menampung semua file website anda misalnya E:\Siteku sebelum didefinisikan menjadi sebuah site.

Step 2
Melalui Start Page klik Dreamweaver Site di bagian Create New atau ada juga cara lain yaitu melalui menu bar, klik Site lalu klik Manage Sites.. lalu klik New lalu klik Site

Step 3
Selanjutnya akan tampil jendela baru seperti gambar dibawah ini  :

pastikan tab Basic dalam kondisi aktif kemudian dibagian What would you like to name your site ketikkan nama situs web yang akan kalian buat misalnya Latih, setelah itu klik tombol Next.


Step 4
Tampil jendela baru lagi kan. Step selanjutnya kawan, adalah menentukan apakah akan menggunakan script server side atau tidak. Untuk saat ini pilih saja No i do not want to use a server technology.

Lalu klik tombol next

Step 5
Tahap selanjutnya adalah menentukan lokasi pengeditan file-file website kalian apakah kalian ingin meletakkan di komputer lokal  atau diletakkan dalam jaringan. Dan tak lupa pula tentukan folder mana yang akan digunakan untuk menampung file-file website kalian.
Jika ingin diletakkan di komputer lokal pilih. saja Edit local copies on my machine, then upload server when ready. Kalau kalian ingin meletakkan file-file website kalian di jaringan pilih Edit Directly on server  using local network.
Setelah itu dibagian Where on your computer do you want to store your file isi dengan folder yang telah anda tentukan sebelumnya (sesuaikan dengan tempat penyimpanan kalian) kalau dalam tutorial ini misalnya E:\siteku. Setelah itu klik Next

Step 6
Step selanjutnya adalah menentukan metode transfer file dari komputer lokal ke komputer server. Untuk saat ini pilih pilihan None. Lalu  klik Next. Tampil kotak dialog Summary yang menampilkan semua settingan yang telah kalian buat. Untuk mengakhiri settingan site klik Done.


Itulah tadi langkah-langkah pembuatan site di Dreamweaver lumayan panjang juga ya....
sekarang coba perhatikan dibagian panel file (sebelah kanan lembar kerja), site dengan nama latih dan folder E:\siteku akan tampil pada jendela panel.
Untuk selanjutnya kalian tidak perlu menentukan lokasi penyimpanan file karena secara otomatis file akan tersimpan dalam folder E:\siteku.

OK... kawan sekian tutorial saya kali ini.
Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di tutorial saya selanjutnya.





5 comments:

  1. download dreamweafernya dimana mbak nun? trus,gimana cara supaya bisa dibuka langsung pake mozilla?

    ReplyDelete
  2. thanx tlah berbagi ilmu. saya akan coba praktekin trick2 tsb

    DUDE STEPANDU

    ReplyDelete
  3. @hafiz : utk download dreaweaver baca tutorial pertama saya "yuk.. belajar membuat website sederhana" di situ saya berikan link untuk download macromedia dreamweaver

    ReplyDelete
  4. @hafiz : stlh membuat web utk running ke mozilla tekan F12

    ReplyDelete
  5. @dude : ya.. sama2... slmt mencoba :D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners