7/12/2011
2
Bismillahirrahmanirrahim....

Setelah membaca tautan dari salah satu teman di jejaring sosial yang bertajuk  Dian Inggrawati Raih Gelar Runner-up 2 Miss Deaf World 2011  rasa senang dan turut bangga menyelimuti hati ini. Dian mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam ajang Miss Deaf World 2011 yang diselenggarakan di Praha, Ceko. Dian mampu meraih prestasi gemilang dengan bakat dan prestasi yang diraihnya selama ini. Saya dan Bangsa Indonesia tentu saja patut berbangga karena untuk pertama kalinya wakil Indonesia mampu menjadi salah satu pemenang pada pemilihan kontes Miss tersebut.

Kemenangan Dian merupakan pemompa semangat dan sumber inspirasi bagi saya dan Penyandang Disabilitas lainnya baik itu Tuna Daksa, Tuna Rungu, Tuna Netra, dan Tuna Grahita untuk lebih percaya diri, untuk lebih belajar dan bekerja keras, untuk lebih mengasah bakat yang dimiliki, untuk lebih berprestasi, dan dengan prestasi yang kita miliki tersebut kita menunjukkan kepada orang-orang bahwa kekurangan yang kita miliki bukan penghalang untuk berkarya dan berprestasi.

Teman-teman blogger ataupun pembaca blog saya, pasti bertanya dengan istilah baru yang saya pakai dalam postingan ini yakni "Penyandang Disabilitas". Yach... hitung-hitung saya turut memfamiliarkan istilah tersebut.

OK akan saya jelaskan pada kalian mengapa bisa seperti itu.

Dahulu bagi orang-orang yang memiliki kecacatan disebut dengan istilah "Penyandang Cacat". Karena di pandang bahwa istilah penyandang cacat dalam persprektif  Bahasa Indonesia mempunyai konotasi negatif dan tidak sejalan dengan prinsip utama hak asasi manusia sekaligus bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa kita yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia maka hasil seminar Komnasham dan Kementrian Sosial menyepakati bahwa istilah Penyandang Cacat di ganti menjadi Penyandang Disabilitas dan mengusulkan ke berbagai pihak untuk mau menerima kesepekatan tersebut.
Semoga bukan istilah saja yang diubah kedalam konotasi yang postif  tapi juga bisa menghilangkan  diskriminasi yang selama ini sering dialami oleh Penyandang Disabilitas dalam kehidupan bermasyarakat, layanan publik, dan berbagai sektor terutama dalam hal pendidikan dan pekerjaan, serta kurangnya aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas.

Oh ya.. ada juga loh istilah gaulnya Penyandang Disabilitas yaitu Difable (Lebih enak kan kedengarannya)

OK.. Kembali ke Laptop kawan....

Buat Dian Inggrawati saya mengucapkan :

 Congratulations On Your Victory In The event
 Miss Deaf World 2011

I And The Indonesian People Is Proud Of Your Glorious Achievements


2 comments:

  1. selamat, buat dian

    saya juga menggunakan alat bantu dengar

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners