2/17/2012
2
Bismillahirrahanirrahim....

Halo...... teman-teman sang pemimpi, aga kareba? Smoga yang teman-teman yang sedang membaca postinganku kali ini dalam keadaan sehat wal afiat....

Nunu Sang Pemimpi dapat Pe-Er lagi nih tentang makna  di balik namaku.... (dapat Pe-Er atau saya yang minta Pe-Er ya.... hehehe yang jelasnya saya sudah mengerjakan satu Pe-Er lagi ^^)


Nur Sahadati itulah namaku. Nama yang diberikan oleh kedua orang tua saya. Sebuah nama yang bagus bukan!!!! Nama adalah doa makanya kalau memberi nama pada anak tuh harus yang bagus-bagus dan mempunyai makna yang baik. Nama juga adalah sebuah harapan. Harapan orang tua terhadap akhlak dan masa depan anaknya kelak. 



Btw, namaku ini tidak ada duanya loh... ga pasaran. Coba saja searching di FB dengan keyword Nur Sahadati

Nur, diambil dari bahasa arab yang berarti cahaya (itu umum lah, semua orang tahu maknanya). Dengan harapan saya akan memberikan cahaya bagi sesama. Maksudnya saya bisa memberi manfaat bagi sesama.

Sahadati, berasal dari kata Syahadat (Pengakuan). Yup.... dua kalimat syahadat "Asyhadu an-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasulullah" yang artinya "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah Rasul/utusan Allah"

kata Syahadat adalah pernyataan kepercayaan terhadap keEsaan Allah dan Nabi Muhammad SAW sebagai rasulnya. (Wikipedia)

Orang tuaku memberi nama sahadati agar saya bisa memaknai dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari inti dari dua kalimat syahadat tersebut. Mencintai Allah dan menjadikan Allah sebagai motivasi, tujuan, dan jalan hidup. Serta mencintai Nabi Muhammad dan menjadikan Rasulullah SAW sebagai uswatun khasanah (teladan yang baik), menyakini ayat-ayat Allah seperti yang disampaikan melalui Rasulullah, dan menyakini hadist-hadist Rasulullah. Eitss.. bukan cuma menyakini tapi mengamalkannya.

Terus terang namaku ini cukup berat atau bahkan sangat berat. Mengapa???

Syahadat itu berarti Ikrar yaitu suatu pernyataan seorang muslim mengenai apa yang dinyakininya. Ketika seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat maka dia memiliki kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang diikrarkan tersebut.

Syahadat itu berarti Sumpah, seseorang yang bersumpah berarti dia bersedia menerima resiko dalam mengamalkan sumpah tersebut. Artinya seorang muslim bertanggung jawab dalam tegaknya islam dan penegakan ajaran islam

Syahadat itu berati Janji, artinya setiap muslim adalah orang-orang yang berjanji untuk setia dan taat terhadap semua perintah Allah SWT sesuai dengan Al-Quran dan Sunna Rasul.


Mengkaji  arti dan makna di balik namaku sendiri membuatku kembali tersadar akan tugas dan tanggung jawabku sebagai muslimah. Saya baru ngeh... betapa beratnya nama yang kusandang.

Astagfirullah... apakah selama ini saya sudah menjadikan  Allah sebagai tujuan dan jalan hidupku??? ataukah selama ini saya menjadikan ambisi dan impian-impian duniawi menjadi tujuan hidup saya...

Astagfirullah... sampai sejauh mana kecintaanku terhadap Allah SWT dan Rasulnya??? Apakah kecintaanku kepada diri sendiri dan kecintaanku kepada selain diriNya melebihi cintaku kepadaMu ya Robb???

Astagfirullah... betapa sering hamba melupakanmu???

Astagfirullah... betapa sering saya tak khusuk dalam sholatku???

Astagfirullah... apakah selama ini saya sudah melaksanakan kewajibanku dengan baik sebagai hambaMu???

Astagfirullah... betapa seringnya saya melupakan dan tidak mensyukuri nikmat yang Engkau berikan kepada hamba???

Astagfirullah... apakah saya sudah meneladani Rasulullah SAW dengan baik??? ataukah justru sikap, perilaku, dan akhlak hamba jauh dari nilai-nilai islami....

Astagfirullah... apakah saya sudah menjadikan Al-Quran dan Sunnah Rasul sebagai cahaya dan pedoman hidupku???

Astagfirullah... apakah saya sudah menjadi muslimah sejati yang menegakkan dan memperjuangkan islam???

Astagfirullah... Astagfirullah... Astagfirullah... wa atubu ilaih....
Masih jauh panggang dari api, namaku yang indah masih belum seiring sejalan dengan akhlakku. Masih banyak PeEr dalam hidupku yang terlupakan dan belum saya laksanakan dengan baik. Menjadikan akhlakku seindah namaku. 









2 comments:

  1. klo gitu saya ksih tntangan untuk tw arti nama depan saya. nama pnjang saya vicio rizky damar. (soalnya tuh jdi teka teki saya)

    ReplyDelete
  2. Nice posting Nunu, teruslah introspeksi diri melalui nama kita ^__^

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners