4/30/2012
18

Berjalan seru dan santai itulah suasana yang saya tangkap dari ruang siaran SPFM Makassar. Hari ini Minggu, 29 April 2012 IIDN Makassar di undang oleh radio SPFM Makassar untuk memberikan inspirasi bagi wanita Makassar dalam obrolan santai di Weekend Sensation Sunday bersama mbak Vita Masli.  Radio lokal yang berlokasi di jalan macan ini adalah radio yang segmentasinya dikhususkan untuk para wanita dengan tagline "Citra Wanita Makassar"


MENULIS merupakan salah satu kegiatan yang sebetulnya bisa dilakukan oleh semua orang. Sayangnya, kebanyakan orang sebelum memilih menjadi penulis sudah merasa bahwa dirinya 'tidak berbakat' untuk menulis. Bagaimana dengan anda para wanita cerdas termasuk IBU-IBU RUMAH TANGGA? Malah, justru dilatarbelakangi oleh aktifitas ibu-ibu aktifitas menulis akan menjadi satu bagian keseharian yang kelak akan menghasilkan lebih dari sekadar karya. Mbak Vita yang manis membuka acara obrolan itu dengan suara empuknya.


Mbak Erlina Ayu, kak Niar, dan mbak Winarni berbagi pengalaman dan tips-tips mereka tentang menulis dan juga seputar IIDN. Mungkin dari tadi ada yang penasaran apa sih IIDN itu ??? 

Komunitas IIDN atau Ibu-Ibu Doyan Nulis yang terbentuk pada Mei 2010 ini adalah sebuah komunitas online yang anggotanya sebagian besar adalah Ibu-ibu rumah tangga yang memiliki hobi yang sama yaitu menulis. Jadi kebanyakan interaksinya via online. Tapi biasa juga sih kopdaran dan melakukan kegiatan sosial.
Tujuan dibentuknya IIDN adalah melejitkan produktivitas para ibu dibidang kepenulisan serta turut mencerdaskan wanita indonesia tentunya.
Untuk Makassar sendiri baru terbentuk sejak 2011 lalu dengan anggota 49 orang masih sedikit jika dibandingkan dengan daerah lain. 

Kak Niar berbagi pengalamannya tentang menulis yang berawal dari diary sejak melahirkan anak pertamanya. Dari situ akhirnya berkembang lagi sampai akhirnya diary berganti dengan blog. Kak Niar menulis berbagai hal yang berhubungan dengan dirinya dan lingkungan sekitarnya wal hasil dari hobi menulisnya tersebut Kak Niar sudah memiliki 4 buku antalogi dan 1 buku solo yang berjudul "Lakon Fragmentasi". 
"Menulis adalah terapi, tiap hari saya harus menulis" ungkapnya.

Wow... kak niar sudah tergolong addictive alias kecanduan dalam menulis. pantesan saja postingan blognya banyak. Dalam sehari biasanya ada 2-3 postingan. SALUT

Mbak Erlina Ayu selaku Koordinator Wilayah IIDN Makassar lebih banyak menjelaskan tentang IIDN itu apa, awal terbentuknya IIDN, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan IIDN dan cara menjadi anggota di Komunitas ini. Mbak Erlina Ayu sendiri adalah seorang penulis buku anak yang karyanya banyak diterbitkan oleh Mizan.
"Anak-anakku adalah inspirasiku dalam menulis" kata mbak erlina

Mbak Winarni atau yang akrab di panggil Inar ini adalah anggota baru di IIDN Makassar. Sebelumnya mbak Inar sudah kenal terlebih dahulu dengan founder IIDN Ibu Indira Mastuti di WUM (Wirausaha Mandiri). Mbak inar yang merekomendasikan IIDN Makassar untuk hadir mengisi Weekend Sensation Sunday di SPFM. Meskipun mbak inar adalah anggota baru di IIDN tapi jangan salah loh dia sudah punya buku karyanya sendiri yang sudah diterbitkan.

Dan saya sendiri ngapain ke SPFM? Ehm... saya kan anggota IIDN juga, menyimak, meliput dan jepret-jepret mereka saja....

loh kamu kan blom jadi ibu rumah tangga???

"Anggota IIDN tidak dibatasi hanya untuk  ibu rumah tangga. Tapi juga wanita dewasa yang masih single juga boleh jadi anggota. 90% anggota IIDN adalah ibu rumah tangga, dan 10% adalah wanita single baik dari mahasiswi dan wanita karir lainnya". Mbak erlina dengan suara lembutnya menjelaskan kepada mbak vita dan seluruh listener SPFM. 
"Untuk bergabung dengan IIDN gampang kok cukup punya akun FB dan add grup Ibu-ibu doyan nulis - Interaktif untuk IIDN Pusat dan IIDN Makassar untuk wilayah Makassar dan Indonesia Timur". Tambahnya sebagai penutup obrolan santai tersebut.


Setelah acara Weekend Sensation Sundaynya selesai, dilanjutkan dengan acara "makan-makan". Mbak Inar yang jago masak yang punya usaha kuliner ini membawakan kami kue klaper tar buatannya yang sungguh lezat. Euuummm.... Makyuzzzz






18 comments:

  1. kreatif, kreatif, aku suka acara acara yang sifatnya membangun seperti ini. terus lanjut ya, gak sabar pengen denger kabar baik selanjutnya .... :)

    ReplyDelete
  2. Wow...keren banget mbak..
    Pasti menyenangkan bisa berdiskusi dan berdialog dengan sosok2 kartini di masa kini seperti mereka..
    keep writing mbak.. :D

    ReplyDelete
  3. masyitah_ummu muhammadApril 30, 2012 at 9:46 AM

    waah masyaAllah..sukses trus bwt iidn makassar..^^

    ReplyDelete
  4. @umar : terima kasih... Salam kenal juga ^^

    ReplyDelete
  5. @mas ridwan : ya mas semoga kerjasama dgn spfm bisa berlanjut ke program off airx ^^

    ReplyDelete
  6. @mbak masyitah : iya mbak sukses buat IIDN ^^

    ReplyDelete
  7. @nick salsabila : iya menyenangkan mbak. terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. apa bedanya klaper tart dengan brownies?
    eh, btw salam kenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget pak, dari segi bentuk dan rasa

      Delete
  9. suka dengan tampilan yang baru mbak. lebih terang dan eyes catching,, salam kenal mbak Nunu..

    ReplyDelete
  10. @fajrin : Salam kenal. Brownies n klaper tart beda banget... klu brownies kan dominan coklat n padat berisi seperti kue bolu. klu kleper tart itu t'buat dari kelapa n serasa lunak gitu seperti ada flax

    ReplyDelete
  11. @nurin : salam kenal mbak dan terima kasih ^^

    ReplyDelete
  12. Maaf baru mampir Nu ... postingan yang keren :)
    Terimakasih sudah dimention di sini :D

    Oya BTW, saya bilang: "Bagi saya, menulis itu seperti refreshing. Sehari tidak menulis rasanya gemas sekali" :D
    Yang bilang 'terapi' itu si mbak penyiar :)

    ReplyDelete
  13. Eh, pinjam foto kuenya nah :D

    ReplyDelete
  14. @k' niar : ketahuan... kurang menyimak dengan baik ^^. Iye silakan

    ReplyDelete
  15. iseng googling namaku.. eh malah terdampar ke sini. Hahaha.. ya ampun ya ampun.. jadi pengen minta diturunkan itu foto. hahaha

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners