My Blogging Journey, Karena Hidup adalah Belajar dan Berbagi



"Karena hidup adalah belajar dan berbagi" bukan hanya sekedar tagline dari blog saya tetapi juga sudah menjadi prinsip hidup. Ilmu yang telah dipelajari tidak hanya untuk diri sendiri tetapi akan lebih bermanfaat jika dibagi kepada sesama. Betul atau betul banget nih? 

Menulis di blog adalah salah satu dari bentuk berbagi. Berbagi melalui tulisan. 
Apa yang saya bagi di blog saya? 
Macam-macam alias gado-gado. Blog saya ini awalnya tidak memiliki niche yang jelas. Mulai dari sharing ilmu yang saya ketahui (yang jelas bukan ilmu hitam), pengalaman hidup, review buku, film, dan produk, reportase event, resep masakan, tips dan trik, dan sebagainya. Campur sari kan! 

Sejak awal 2024 ini saya punya resolusi baru untuk aktivitas blogging. Saya mulai mengikuti blog challenge, menulis postingan dengan niche tertentu dan posting blognya dua kali dalam seminggu. That's work! Saya mulai membuat postingan bertema techno (especially digital technology). Semoga saya bisa konsisten ikutan challenge-nya hingga akhir tahun nanti. 

My Blogging Journey


Tiga belas tahun perjalanan blogging saya dengan segala pasang surutnya. Saya mulai aktif ngeblog sejak April 2011. Awal bikin blog sebenarnya buat mengiklankan produk MLM yang dulu saya ikuti. Isinya pun dulu mostly tulisan copy paste. Duh, eike jadi malu

Singkat cerita, pada suatu hari seorang bloger Makassar berkunjung ke blog saya. Namanya kak Mugniar Marakarma (pasti kenal dong mak bloger satu ini, sudah famous soalnya). Kami bercakap via chat box yang saya pasang di blog (dulu ada widget seperti ini dan lagi nge-trend di dunia per-blogging-an di zamannya). Kami pun berteman di Facebook. Kak Niar lah yang mencebloskan saya ke komunitas penulis dan blogging. Kak Niar merupakan bloger pertama yang memuji salah satu tulisan orisinil buatan saya. Bayangkan perasaan saya saat itu (Ternyata saya bisa nulis ya, ternyata ada yang baca tulisan saya, ternyata ada yang suka tulisan saya. Yeay!).

Sejak saat itu saya menghapus semua postingan copy paste yang ada di blog Nunu Sang Pemimpi (oh iya, ini nama blog saya sebelum pake domain TLD). Saya mulai belajar cara menulis yang baik dan benar melalui kelas-kelas yang ada di komunitas penulis. Di saat bersamaan saya belajar bagaimana caranya membuat tampilan blog lebih menarik, belajar teknik SEO, ikutan lomba menulis dan blog, serta memberanikan diri untuk ikutan kopdar komunitas (dulu saya agak introvert hehehe).

Kopdar bloger yang pertama kali saya ikuti adalah Kompasiana. Kompasiana masih baru-barunya dan cukup masif menyelenggarakan roadshow di berbagai kota-kota besar di Indonesia, termasuk Makassar. Lagi-lagi saya ikut event ini berkat info dari kak Niar (benar-benar ya kak Niar berjasa besar dalam karir blog saya. Panutanku!). 

Kesan pertama begitu menggoda dan bikin ketagihan ikutan event serupa. Selain dapat ilmu, belajar bareng dan dapat doorprize, yang paling penting saya punya teman-teman baru. Sebuah trigger yang membuat saya membuka diri. Dari awalnya seorang gadis pemalu menjadi gadis yang supel. Akhirnya saya ikutan kopdar di berbagai komunitas penulis dan bloger yang ada di Makassar. Dari teman-teman bloger tersebut saya juga mulai mengenal komunitas-komunitas selain bloger yang ada di Makassar. Sampai ada beberapa teman yang menjuluki saya "Hantu komunitas, yang gentayangan di berbagai komunitas" wkwkwkwk

It's Ok, that's my journey
Tahun 2015 saya hijrah ke Jakarta. Semakin banyak komunitas bloger yang bermunculan. Salah satunya Komunitas Bloggercrony Indonesia. Selama di Jakarta saya tetap aktif nge-blog dan ikutan berbagai event dari berbagai Komunitas Blogger Indonesia, termasuk event yang diadakan oleh Bloggercrony. Terus terang awal tinggal di Jakarta, saya sempat culture shock. Mengikuti event-event bloger tak semudah di Makassar. Maksud saya dalam hal jarak dan waktu tempuh karena macet. Butuh effort lebih. Fighting! 

Saya mengikuti Bloggerday perdana pada tahun 2017. Event-nya seru banget! Bertempat di Rumah Joglo-Bogor. Acaranya berlangsung selama dua hari. Yup, kita nginap dong! Disana para bloger belajar bareng tentang social media, personal branding, dan cara menulis review elegan dari para expert tentunya. Selain itu ada olah raga bareng juga. Saya ingat, kita semua disuruh lari keliling lapangan buat tes kebugaran bareng Kemenkes RI (lumayan ngos-ngosan hehehe).

Boleh dibilang rentang waktu 2011-2017 adalah  golden age saya di dunia blogging. Tahun 2018-2023 sudah mulai menurun. Postingan blog tidak sebanyak dulu dan mulai jarang mengikuti event offline. Kesibukan kerja sambil kuliah membuat waktu weekend saya diisi dengan istirahat dan mengerjakan tugas kuliah. Kelar kuliah S1, pandemi melanda menyebabkan semuanya beralih ke online.

BloggerDay 2024


Tahun 2024 ini saya mulai ikutan event offline lagi. Kangen tau ketemu teman-teman bloger! Februari lalu saya ikutan BloggerHangout dan BloggerDay yang diadakan oleh Bloggercrony. Selain bertemu dengan teman-teman lama, saya juga bertemu dengan teman bloger yang biasanya hanya saling menyapa di sosmed dan blogwalking, kini bisa bertemu di dunia nyata, dan juga teman-teman bloger baru (Duh senangnya!)

Keseruan BloggerDay (sumber: pribadi)

Yeay, dapat hadiah (Sumber: Pribadi)

Silaturahim dengan teman Bloger (sumber: pribadi)



Diselenggarakan pada tanggal 25 Februari 2024, bertempat di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Acaranya berlangsung meriah. Dihadiri oleh 100 bloger, bukan hanya dari Jabodetabek tapi juga dari berbagai kota di pulau Jawa seperti Surabaya, Malang, Bandung, dan lain-lain. Selain Carro Indonesia, BloggerDay juga didukung oleh banyak sponsor antara lain Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo, Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft, dan Blue Bird Group.

Ternyata teman-teman dari luar Jabodetabek difasilitasi oleh Blue Bird loh buat ke Jakarta. Asyik banget ya! Tahu gitu, saya ikutan naik Bigbird ya dari Bandung hehehe. Btw, saya cukup sering menggunakan layanan Blue Bird terutama taksi ataupun bus seperti Bigbird dari bandara Soekarno Hatta. Menurutku harganya pas di kantong, tentunya aman dan nyaman. Bigbird (layanan bus Bluebird) memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan.

Balik lagi ke acara BloggerDay. Pengen cerita kemeriahan di hari itu. Acaranya cukup padat dari pagi hingga sore hari. Ada BloggerHangout tentang Graphology oleh Bu Diana Alethia, Movie Time "JAGA DITA", Soft Launching 1st Book Bloggercrony, BloggerView dari Carro Indonesia dan berbagai games seru serta hadiah yang menarik. Btw, saya dua kali loh dapat hadiah. Alhamdulillah. My Lucky Day!

Carro Indonesia


Btw, dari tadi ngomongin tentang Carro ya. Penasaran ga sih Carro itu apa?
Jadi Carro itu adalah marketplace mobil bekas terbesar di Asia Tenggara. Salah satu ruangan dari Showroom Carro ini dipakai oleh Bloggercrony untuk acara BloggerDay. Oh iya FYI, BloggerHangout selama tahun 2024 akan diselenggarakan di Carro Square. 

Carro Square ini luas banget, ada beberapa lantai. Lantai satu adalah showroom-nya. Amazing banget lihat-lihat mobil yang ada disana, mobil bekas tapi mulus banget kayak baru. So, kali saja ada teman-teman yang pengen beli mobil bekas, saya rekomendasikan ke Carro saja!

Mejeng di salah satu mobil yang ada di Carro Square (sumber: pribadi)



Terus gimana caranya jika mau membeli mobil di Carro Indonesia?
   
  1. Kunjungi Carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru! 
  2. Temukan mobil #CarroCertified bagus layaknya baru sekarang di carro.id. 
  3. Temukan pilihan mobil beragam di Carro yang siap langsung kamu pakai! Karena semua sudah kami cek & perbaiki buat pastikan kualitasnya seperti baru. Ada garansi 12 bulan mesin & transmisinya juga. Jadi gak perlu ribet, apalagi ragu.
  4. Semua mobil di Carro 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Angka yang kamu lihat, itu yang kamu dapat. Semua sudah dicek dan lulus inspeksi ketat 160 titik. Dijamin, Carro Certified! Buruan! Sebelum kehabisan. Beli mobil berkualitas layaknya baru hanya di Carro.
Jadi tak perlu was-was lagi ya saat beli mobil bekas, kualitas unit dan layanan aftersales-nya dijamin yang terbaik oleh Carro Certified. Oh iya, Carro Indonesia bukan hanya ada di Pondok Indah ya, tapi juga sudah ada beberapa cabang di Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia. Yuk, beli mobil bekas rasa baru di Carro!

****
Buat saya blogging adalah sebuah perjalanan dimana didalamnya saya banyak belajar, membentuk karakter saya, mendapatkan berbagai hal baik materi maupun non materi. Berbagi adalah jalan ninjaku untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. 
Semoga diberi umur panjang, kesehatan, dan kesempatan agar bisa ikut BloggerDay tahun depan. Aamiin.










20 comments

  1. Wah, blogger senior yang tulisannya bertebaran di mana mana nih mbak Nunu Amir!
    Sayang pas kondisi tubuh sedang kurang sehat mbak, jadi kita gak ketemu ya..

    Setuju banget blog adalah sarana berbagi ilmu mbak, semoga tulisan-tulisan mbak Nunu bisa jadi amal jariyah kelak yaaa

    ReplyDelete
  2. Ini poin penting saat beli mobil: 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Karena membuktikan kualitas mobil juga kan... ngga pengen berasa zonk setelah beli mobil second, jadi beli ya ditempat yang pasti pasti aja

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, sebuah tag line yang menjadi energi positif dalam ngeblog dan menjalani kehidupan. Keren banget sudah menemukan niche dan konsisten membagikan ilmu bermanfaat bagi para pembaca..semangat berkarya.
    Pasti sangat happy saat pertama kali mendapatkan pujian dari sosok legend di dunia blogger, congrats yaa.. Semakin bermanfaat dan menginspirasi 😇

    ReplyDelete
  4. Masya Allah.. seruuu membaca perjalanan bloggingnya meski ditulis singkatnya saja (pasti bisa panjang banget kan kalau ditulis lengkap, hehe..). Setuju banget, Mbak, hidup adalah belajar dan berbagi :)

    ReplyDelete
  5. Aku pun setuju mbak, blog itu bagaikan perjalanan kita ya dan dari ngeblog juga jadi belajar banyak banget. Wah, ini seru banget ya acara Bloggerday kemarin, aku pengin ikutan padahal tapi kemarin itu sedang keluar kota.

    ReplyDelete
  6. What a journey ya mba. Jd dejavu dg blogging journey ku juga. Udah lama juga lho 13 tahun, sudah ABG. MasyaAllah lihat photo2 di Bloggerday bikin aku kamgen buat kopdaran dan hadir di event blogger deh mba, rasanya udah puluhan purnama ga kunoul temen2 blogger

    ReplyDelete
  7. seruu banget bisa ikut bloggerday 2024. difasilitasi kendaraan pula. molly kejauhan nih klo mau ikut. tunggu tahun depan kalo ada di palembang

    ReplyDelete
  8. Mbak Mugniar pasti tahu donk. Beliau sering juara lomba blog juga. Hehe.

    Wah carro saya baru tahu sekarang nih Mbak.

    ReplyDelete
  9. Aakkkk tulisan mba nunu berenergi banget .. Setuju aku mba klo blogging adalah perjalanan di mana di dalamnya kita banyak belajar, membentuk karakter , mendapatkan berbagai hal baik materi maupun non materi

    ReplyDelete
  10. Seneng bisa ketemu mba nunu ..udah lama banget ya kita... Acara blogger day tuh selalu syarat ilmu dan silaturahmi yg gk disangka2

    ReplyDelete
  11. Ikut seneng, Mbaak. Setuju sekali, kalau ikut acara blogger, kita bisa ketemu dengan teman-teman blogger yang sering berinteraksi di dunia maya. Kalau ketemu langsung jadi makin seru, yaa...

    ReplyDelete
  12. Sayang enggak jadi deh ketemuan di sini
    Andai awalnya tetap di Malang, pasti saya bisa ikut
    Semoga next bisa ya di Bandung
    Nabung bung bung

    ReplyDelete
  13. Kak Nunuu..panutan banget.
    Menjadi blogger sudah lama banget yaa.. kak. Dan mashaAllaa~
    Memang ada masanya menulis itu sedikit terdistraksi dengan aktivitas di dunia nyata. Tapi sekarang, ka Nunu is Back!

    Keren ka Nunu.

    Happy Anniversary untuk blogger Crony.
    Selalu menunggu aktivitas offline lainnya yang mengumpulkan banyak blogger Indonesia.
    Sukses selalu, Blogger Crony.

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata akrab ma mbak Mugniar yaaa. Asyeek ya aku pun akhirnya bisa ikutan BloggerDay setelah bertahun2 kagak pernah join wkwk. Kemarin niatnya buat ketemu sama teman2 luar Jabodetabek eh alhamdulillah acaranya lumayan meriah ya mbak. Sama jadi kenal Carro juga.

    ReplyDelete
  15. hihi, jadi cekikikan sendiri baca kalau blog itu tempat berbagi ilmu yang peting bukan ilmu hitam. Setuju mba, aku pun karena punya blog jadi bisa menyampaikan pesan yang kita tulis yaa, adanya traffik setiap hari menandakan ada saja orang yang mampir ke blog kita. masyaallah. Karena blog ya mba, jadi tahu Carro tempat jual beli mobil bekas tapi rasa baru, hehe.

    ReplyDelete
  16. Seru banget deh bisa ketemu temen-temen pas ada event blogger gini. Sekalian reunian sambil coba belajar gimana caranya jual beli mobil bekas di Carro :D

    ReplyDelete
  17. Meriah sekali acara Blogger Day, bisa ketemu dengan banyak orang dan belajar banyak hal.

    Semoga makin banyak menginspirasi orang melalui tulisan2 di blog ya Mbak Nunu. Semangat terus ngeblognya.

    ReplyDelete
  18. Ah senangnya
    Mbak Nunu bisa ikutan acara Blogger Day ini
    Sangat meriah ya mbak
    Nggak hanya bersenang-senang ketemu teman blogger, tapi juga dapat banyak pengalaman menarik

    ReplyDelete
  19. Wah daku juga hadir lho pas BloggerDay tapi kita tidak sempat saling menyapa yaa soalnya memang pesertanya ramai, bikin semangat ngeblog lagi deh acara ini...

    ReplyDelete
  20. Acara yang sangat seru. Huhu aku gak ikutan. Abisnya kebetulan ada acara juga. Salut untuk BCC yang ngadain acara kayak begini. Ngumpul blogger dari mana-mana ya. Keren juga Carro Indonesia, sudah mau mengakomodasi para blogger. Semoga next time mah bisa ikutan. Kepengen bisa ngumpul sama temen-temen blogger dari mana-mana sambil nambah ilmu dan wawasan.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam