6 CARA SEDERHANA UNTUK MENGATASI GEJALA ANXIETY





Setiap orang pasti memiliki rasa cemas. Rasa cemas adalah sifat alami yang dimiliki manusia yang muncul pada saat seseorang menemui pengalaman baru atau situasi yang belum dirasakan. Namun memiliki perasan cemas berlebih maka seseorang tersebut memiliki gejala anxiety.

Gejala anxiety atau cemas bisa menyebabkan efek buruk bagi seseorang yaitu mempengaruhi faktor mental dan kesehatan. Gejala anxiety bisa menggangu aktivitas sehingga tidak jarang seseorang yang sedang mengalaminya sering berprilaku tidak karuan.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan


Dalam mengatasi gejala anxiety kini banyak metodenya salah satunya yaitu dengan metode CBT atau terapi perilaku kognitif. Metode CBT bertujuan agar seseorang yang mengalami gejala anxiety diajarkan untuk memahami cara berfikir, berprilaku dan tindakan agar mampu mengurangi tingkat kecemasan.

Selain terapi juga, ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi kepada seseorang yang mengalami gejala anxiety seperti antidepresan, pregabalin dan benzodiazepine yang tentunya harus sesuai petunjuk dokter. Namun ada cara sederhana untuk mengatasi gejala anxiety yang bisa dilakukan seseorang di luar tindakan medis yaitu :

1. Fokus pada aktivitas yang akan dilakukan

Seseorang yang memiliki gejala anxiety pasti tidak akan fokus dalam melakukan aktivitas maka dari itu cobalah fokus pada satu aktivitas dan Jangan terlalu banyak memikirkan hal yang lain. jika kamu hanya berdiam diri dan selalu memikirkan sesuatu yang mengakibatkan pikiranmu jadi cemas malah akan memperburuk kondisi kesehatan mental. Maka dari itu lakukan aktivitas agar pikiranmu teralihkan seperti berolahraga, nongkrong bersama teman, menonton film dan hal yang menyenangkan lainnya.

2. Hindari merokok dan minuman keras

Selanjutnya yaitu jika kamu perokok dan suka mengkonsumsi minuman keras, mulai dari sekarang hindari. Seseorang yang merokok pasti akan merasakan sensasi rileks karena terdapat zat adiktif seperti nikotin yang mampu membuat efek tenang. Namun efek samping jangka panjang dari nikotin tersebut malah akan membuat seseorang akan merasa cemas berlebihan bahkan stress berkepanjangan.

Begitu juga dengan minuman keras karena alkohol dapat memberikan sensasi rileks sebagai efek jangka pendek. Namun jika dikonsumsi berlebihan selain merusak tubuh juga membuat pikiran kita selalu cemas.

3. Atur Pola Makan

Biasanya ketika sedang mengalami cemas, seseorang tidak akan punya selera untuk makan. Padahal makan secara teratur selain menyehatkan saluran pencernaan akan terhindar dari kecemasan karena kadar gula yang rendah akibat tidak ada asupan makanan membuat seseorang menjadi lebih cemas bahkan cepat emosi.

4. Bercerita

Bercerita keluh kesah kepada seseorang akan membuat hati kita menjadi plong sehingga tidak akan muncul gejala anxiety. Jika kamu selalu memendam pemikiran atau perasaan maka akan merasakan gelisah dan cemas. Jika kamu malu bercerita kepada keluarga atau teman, kamu bisa mendatangi psikiater atau mencari group yang didalamnya mengalami gejala anxiety.

5. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Selain itu juga cara mengatasi gejala anxiety yaitu kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri atau yang biasa disebut “Me Time”. Cara ini mampu meredam kecemasan berlebih karena faktor kecemasan didorong akibat meningkatnya hormon stress. Kamu bisa melakukan jalan santai, berendam di air hangat, bernyanyi dikamar dan sebagainya.

6. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Cara mengatasi terbaik yaitu mendekatkan diri kepada tuhan. Jika kita mendekatkan diri kepada Tuhan baik berdoa, bersembahyang ataupun bercerita maka akan membuat hati kita menjadi tenang dan rileks. Dengan begitu kita akan mendapatkan energi positif sehingga tidak mudah cemas.



Itulah 6 cara sederhana mengatasi gejala anxiety yang bisa kamu lakukan. Jika gejala anxiety kamu parah atau tidak bisa disembuhkan. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan medis.

32 comments

  1. Memang benar gejala kecemasan memengaruhi mental dan kesehatan. Saat awal pandemi saya sempat didera rasa cemas ini, dan mendekatkan diri pada-Nya dan me time saya jadikan solusinya

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu kalau ternyata efek jangka panjang pada nikotin bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya anxiety. Selama ini tahunya anxiety itu tak jauh dari gangguan psikologis saja. Ternyata semuanya saling berkorelasi.

    ReplyDelete
  3. DOA itu senjata buat kaum yg beriman ya mba
    memang begitulah.... kudu lakukan segala cara agar anxiety bisa ciao.
    dan engga membebani hidup

    ReplyDelete
  4. mungkin kedengarannya remeh, tapi kalau nggak teman atau keluarga yang peka sosok yang mengidap ini bisa jatuh di jalan yang salah. contoh kecilnya pun saya sendiri, jarang cerita, malah suka dipendem alhamdulillah punya kegiatan positif untuk menyalurkan lewat nulis blog ini

    ReplyDelete
  5. CBT itu cognitive based theraphy ya. Terima kasih mba uraiannya, bisa kucoba nih kalau tiba-tiba kena serangan cemas

    ReplyDelete
  6. Sepakat dengan tipsnya Mbak Nunu. Memang kita perlu bercerita ya untuk melepaskan beban kita dan juga dalam rangka untuk memberikan masukan atas apa yang kita rasakah, walaupun sebenarnya tak semua orang melakukan hal ini.

    ReplyDelete
  7. Wah step-stepnya banyak pilihan. Kalaudicoba semuanya mungkin akan berhasil ya. Gangguan anxiety ini butuh bimbingan ya Mbak kalau udah parah, butuh obat juga. Aku termasuk nggak ya?

    ReplyDelete
  8. makasih mbak infonya, oh ya mbak, untuk gangguan kecemasan ini kapan sebaiknya kita ke psikiater ? atau tanda tanda apa kita harus ke psikiater?

    ReplyDelete
  9. Wahh beneran ga ngeh sih kak nunu kalau masalah Anxiety ini juga efek dari pola makan yaa. emang bener, apa yang kita makan itu juga ngefek banget ke semua aspek

    ReplyDelete
  10. Poin ke enam, mendekatkan diri ke Rabb memang sangat membantu ya kak, aku juga sering anxiety, apalagi untuk ruang yang kayaknya aku belum bisa tapi orang lain nganggap bisa

    ReplyDelete
  11. Baru tahu istilah dari gangguan kecemasan. Kalau panikan termasuk kah?

    ReplyDelete
  12. Memang sangat menggangu ketika kecemasan tiba-tiba muncul di kepala dan mengakibatkan aktivitas terganggu

    ReplyDelete
  13. Wah aniexety ini nggak boleh dianggap remeh ya mbak
    Harus diatasi biar TDK mengganggu kesehatan fisik dan mental kita juga

    ReplyDelete
  14. Anxiety attack ini familiar banget sama saya sebagai mantan penderita GERD. Dan benar asupan makan itu harus dijaga juga latihan breathing. Sekarang masih ngalamin tapi frekuensinya sudah jauh berkurang.

    ReplyDelete
  15. Wowww nice info ka.. terima kasih ya

    ReplyDelete
  16. Duh nggak bisa kebayang ya kalau kudu hidup dengan anxiety gitu, pasti sangat tidak nyaman

    ReplyDelete
  17. Aku masih punya PR untuk mengatur pola makan nih. Menerapkan pola makan sehat adalah salah satu kunci agar bisa sehat secara fisik dan mental ya.

    ReplyDelete
  18. Ngga cuma anxiety kalau aku mb kadang akupun suka over thinking pada sesuatu hal padahal ini sangat ngga bagus ya buat kesehatan mental. Thanks mb nunu for sharing gejala anxiety, emang harus banget kita hindari dengan melakukan kegiatan yang positif ya.

    ReplyDelete
  19. Belakangan ini saya kayak kerap disergap anxiety disorder.
    kalo udah kambuh gitu, buru2 saya ambil wudhu, curhat sama Yang Maha Besar dan Menguasai Alam Semesta

    ReplyDelete
  20. Anxiety ini kalau tidak disadari, makin lama makin mengganggu ya. Harus segera dicari cara mengatasinya.

    ReplyDelete
  21. Pengen tahu penyebab anxiety ini mba, kok agak mirip2 depresi gitu ya

    ReplyDelete
  22. Dulu aku pernah mengalami ini, mba, tapi syukur gak sampe depresi.
    Yang paling penting jangan telat makan aja, klo telat makan timbul penyakit yang lain lagi, malah ntik makin berabe jadinya.

    ReplyDelete
  23. Mendekatkan diri pada-Nya, dengan begitu kita akan mendapatkan energi positif sehingga tidak mudah cemas, gejala anxiety pun terhempas!

    ReplyDelete
  24. Kecemasan itu seolah-olah sepele tapi kalau dibiarkan bisa berpengaruh sama kesehatan mental juga

    ReplyDelete
  25. Ngeblog juga bisa jafi salah satu jalan untuk fokus, ya, mba, orang yg sering merasa cemas, memang bagus jika menggunakan terapi menulis, sebagai cara mengatasi anxiety. Thankyou for sharing Mba Nunu.

    ReplyDelete
  26. Saya banget ini . Thanks sharing tipsnya

    ReplyDelete
  27. tapi kadang seseorang tidak menyadari bahwa dia sedang dalam tahap anxiety, bisa jadi agak parah baru menyadarinya ya mbak.

    ReplyDelete
  28. Agak takut juga ya.. Tapi manusia mana yang gak pernah mengalami gejala anxiety.
    Yang penting adalah sadar dan tahu mengenai diri sendiri, sehingga tidak destruktif kepada diri sendiri dan lingkungan.

    ReplyDelete
  29. aku kemarin mendengar cerita adikku yang mengalami anxiety ini dan bener sih tips nya ini mbak nunu aku juga bakal berbagi dengan dia

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam