2/12/2013
3
Bismillahirrahmanirrahim....



Katakanlah : "Dia-Lah Allah Yang Maha Esa"
Allah adalah Rabb yang bergantung kepada-Nya segala urusan
Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan 
dan tak ada seorang pun yang setara dengan-Nya 
 ~ Q.S Al-Ikhlas 1-4 ~




Yang ngaku muslim pasti sangat kenal dengan surah pendek ini. Yup... Surah Al-Ikhlas merupakan surah ke-112 dalam Al-Quran. Surah yang menegaskan ke-MahaEsaan Allah, Tiada Tuhan selain Allah. Tidak ada Tuhan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Bukan juga Tuhan yang diserupakan dengan pohon, hewan, matahari, bulan, bintang, uang dan manusia.

Allah tetap Allah, tak ada duanya. Dialah Allah tempat bergantungnya segala urusan/sesuatu. Baik itu manusia, hewan, tumbuhan, alam semesta ini serta segala mahluk dan benda ciptaanNya pasti bergantung pada-Nya. Contohnya saja Allah Maha Mengatur rezeki tiap mahluknya.

Atau siapakah yang memberimu rezeki, jika Allah menahan rezekinya? ~ Q.S Al-Mulk 21 ~

Katakanlah : "Jelaskanlah kepadaku, jika sumber air menjadi kering, maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?" ~ Q.S Al-Mulk 30 ~

Bayangkan saja jika Allah sudah sangat murka kepada kita karena berbagai dosa dan kemusyrikan kita. Allah pun menahan rezeki kita, mendatangkan berbagai bencana dan wabah penyakit. Naudzubillah... tak ada yang dapat menolong kita kecuali Allah.

Contoh lainnya jika kita berada dalam sebuah perjalanan udara ataupun laut. Atas izin-Nyalah pesawat yang kita tumpangi bisa terbang dengan selamat di angkasa milik-Nya. Coba bayangkan lagi jika Allah berkehendak Allah bisa saja membuat pesawat itu hilang keseimbangan kemudian terjatuh dan meledak.
Atas izin-Nyalah perahu, feri, dan kapal laut yang kita tumpangi bisa berlayar mengarungi lautan dan samudra milik-Nya dengan selamat. Jika Allah berkehendak bisa saja kapal itu karam dan tenggelam di lautan.
Semua itu terjadi atas izinNya. Kita dan alam semesta ini adalah milikNya. Maka pantaslah kita sebagai hamba pasti bergantung dan meminta kepadaNya.

Dan kepunyaan-Nyalah bahtera-bahtera di lautan yang ketinggian layarnya laksana gunung-gunung. ~ Ar-Rahman 24 ~

Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya diatas mereka? tidak ada yang menahannya (di udara) selain yang Maha Pemurah. sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu. ~ Al-Mulk 19 ~  
 
Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu dia dalam kesibukan  ~ Ar-Rahman 29 ~

Salah satu ciri keEsaan Allah adalah Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dialah Allah, Tuhan yang awal dan akhir. Jika Tuhan punya anak ataukah Tuhan memiliki orang tua, apa bedaNya dia dengan mahluk ciptaanNya. Allah itu tunggal dan satu-satunya.
Kita berlogika saja ya....
Jika Allah diperanakkan artinya Allah punya orang tua. Pastinya akan menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kita "siapa bapak dan ibunya Allah?", setelah itu kita bertanya lagi "siapa kakek dan neneknya Allah?". setelah itu kita masih bertanya lagi "siapa buyutnya?", setelah itu kita akan bertanya lagi siapa "nenek moyangnya?" dan seterusnya. Dan kita akan terus... terus... dan terus... mencari siapakah yang awal. Benarkan!!!!

Jawabannya adalah Allah-lah yang awal.  tak ada lagi zat sebelumnya, dan tak ada yang mendahuluinya.


Jika Allah beranak / memiliki anak. Akan ada pertanyaan besar lagi, Allah itu laki-laki atau perempuan? kalau laki-laki siapa istrinya? kalau perempuan siapa suaminya? kita akan kembali menyerupakannya dengan mahluk ciptaanNya.
Adakah yang tahu wujud Allah seperti apa?
Adakah yang pernah melihatnya? 
Salah satu sifat Allah adalah gaib (tak dapat dilihat, tapi Allah Maha melihat kita).
So... yakin saja deh bahwa Tuhan itu ada, alam semesta ini beserta isinya adalah bukti nyata bahwa Tuhan itu ada.
Dan Allah adalah satu-satunya Tuhan yang wajib kita sembah. Tak ada yang bisa setara dengan Allah. Karena dialah sang Super Power, sang Maha Pencipta, sang Maha Kuasa, dan Maha segala-galanya.

Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak tampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar. ~ Q.S Al-Mulk 12 ~

3 comments:

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners