5/26/2013
12
Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Blogging Changed My Life From Nothing Into Something

Yup, kalimat diatas bukan sesuatu yang dilebay-lebaykan loh kawan. That is true, beberapa tahun yang lalu sebelum saya aktif menulis dan nge-blog hidup saya biasa-biasa saja, kurang berwarna gitu loh. Dulu hidup saya sedikit monoton, pagi sampai sore ngantor, pulang kerja biasanya online saja buka Facebook dan main games online.

Sampai akhirnya saya sudah mulai bosan dan jenuh main games, karena merasa tak banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktifitas tersebut, Losing Time. Berawal dari keisengan saya meng-klik iklan mbak Nadia Mutia di Facebook, saya lalu menjadi anggota dBC Network. Saya lagi semangat-semangatnya menjalankan bisnis online tersebut, something new for me. Nah salah satu cara mempromosikan dBC Network dengan melalui banner iklan. Di  tutorial dBC Network, banner tersebut bisa dipasang di blog atau website pribadi. 

Waktu itu, membuat blog bukanlah sesuatu yang baru buat saya. Sebelumnya saya sudah beberapa kali memiliki blog pribadi sejak saya kuliah. Tapi semua blog tersebut terbengkalai, cuma 1-2 kali posting tulisan setelah itu ditinggalkan beberapa bulan. Akhirnya saya masuk ke golongan "komunitas blogger lupa password" hehehehe.... 

Akhirnya saya buatlah blog nunusangpemimpi.blogspot.com ini, banyak yang bertanya mengapa diberi nama "Nunu Sang Pemimpi"? Apakah karena saya adalah seorang pemimpi dan suka berkhayal?
Kalau ditanya seperti itu memang begitu sih adanya karena setiap orang pasti punya mimpi dan impian, termasuk saya. 
Sebenarnya ada alasan lain saya memakai prase kata "Sang Pemimpi" karena salah satu novel favorit saya adalah Sang Pemimpi dan Andrea Hirata penulis novel tersebut adalah idola saya.



Blog sudah ada dan banner iklan sudah terpasang. Yang harus saya pikirkan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar orang-orang berkunjung ke blog saya dan jika beruntung mereka mau mengklik banner iklan saya?

Salah satu caranya adalah rajin-rajin ngisi blog, baik itu tulisan kita sendiri ataupun copy paste. Selain itu rajin blogwalking alias silaturahim ke blog lain. Dari hasil searching di google tentang tutorial blogging saya banyak belajar untuk mengoptimasi blog saya, mulai dari cara mempercantik tampilan blog sampai tips dan trik memperbanyak pengunjung blog. Dari situlah saya mulai tertarik dan memiliki passion dengan blog dan memang "nge-blog itu mengasyikkan". Semakin dipelajari blog itu semakin membuat kita penasaran, apalagi yang namanya SEO.

Lagi asyik searching di mbah google tentang blogging, saya lalu menemukan link Komunitas Blogger Makassar - Anging Mammiri (AM). "OoO ternyata di Makassar ada komunitas blogger juga ya", pikir saya. Waktu itu saya belum langsung mendaftar jadi anggota Paccarita, saya cuma baca-baca saja websitenya. Lalu saya iseng nge-klik link salah satu komentator di artikel AM. Ternyata link tersebut menuju ke blognya kak Mugniar Marakarma

Di blognya kak Niar saya lihat ada iklan atau artikel (saya lupa) intinya tentang Blogilicious Fun Makassar 2011, sayang saya telat dapat info tentang event tersebut, Blogliciousnya sudah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya. Di artikel tersebut saya iseng nge-klik link IdBlogNetwork (IBN). Baca-baca tentang IBN, wuiihhh... asyik nih saya bisa dapat uang dari nge-blog. Akhirnya saya coba mendaftar jadi anggota IBN, upss.... salah satu syaratnya saya harus punya rekomendasi dari 2 orang blogger yang sudah menjadi anggota IBN.

Saya balik lagi ke blognya kak Niar, cek n ricek di blognya kak Niar ternyata dia sudah menjadi anggota IBN dan dia juga orang Makassar yang tinggal di Rappocini. "Lumayan dekat nih dari rumah saya dan paraikatte ji, siapa tahu bisa dapat rekomendasi", pikir saya.

Saya pun mulai menyapanya di chat box yang ada di blog kak Niar. Singkat cerita kami pun berteman di FB. Obrolan kami berlanjut di inbox FB dan menyatakan keinginan saya untuk menjadi anggota IBN dan meminta rekomendasi. 

Ternyata kak Niar sangat disiplin dengan TOS IBN, salah satunya tentang content yang sifatnya copas. Kak Niar menyarankan saya agar menghapus postingan yang sifatnya copas dan menambah tulisan hasil karya sendiri. Katanya tulisan saya cukup bagus. Setelah kak Niar menyarankan ini dan itu  dan telah menilai blog saya sudah tidak menyalahi TOS IBN dia pun memberikan alamat emailnya sebagai rekomendasi. Yesss... Thanks a lot Kak Niar.

Satu rekomendasi blogger sudah saya dapatkan tinggal satu lagi nih. Dapat darimana yah???
Yang satu ini saya rada lupa alur perkenalan saya dengan mas Sajak Rerindu Gembel Klaten. Oh iya... Kalau ga salah hasil blogwalking juga deh. Saya lihat banner iklan IBN di blognya lalu saya add FB-nya mas Sajak (Hehehe.. saya ga tahu nama aslinya siapa, di FB namanya seperti itu). 
Setelah itu saya chat di FB dan memberanikan diri meminta rekomendasi dari dia. Eh... ternyata mas Sajak berbaik hati memberikan rokemendasi kepada saya. Terima kasih banyak mas. Alhamdulillah... lengkap sudah tinggal tunggu konfirmasi dari Co-Admin IBN.

Berawal dari perkenalan saya dengan kak Niar, menganggap saya bisa menulis kak Niar pun menarik saya masuk ke Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis - Makassar (IIDN Makassar). Walaupun saya belum menjadi Ibu-ibu yang sesungguhnya dalam artian ibu rumah tangga katanya bukan masalah jika ingin bergabung di IIDN Makassar. 

Singkat cerita, berawal dari bergabung di IIDN Makassar, saya pun akhirnya banyak belajar tentang kepenulisan, blog, dan mulai bergabung dengan berbagai grup dan komunitas penulis maupun blogger. Komunitas-komunitas yang saya ikuti selain IIDN Makassar antara lain Blog Of Friendship, Kompasianer, Kumpulan Emak-Emak Blogger, Blogger Community Of Indonesia, Komunitas Blogger Makassar, Komunitas Blogger Maros, Warung Blogger, Komunitas 5 cm, Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGI), Komunitas Blogger Indonesia, Blogger Nusantara, dan lain-lain.

Saya pun juga mulai ikut kopdar dan gathering komunitas tersebut. Dari hasil kopdar tersebut saya pun  memiliki banyak teman-teman baru. Beberapa komunitas yang sering saya ikuti kopdarnya antara lain IIDN Makassar, Blog Of Friendship, Blogshop Kompasiana, Tudang Sipulung Anging Mammiri, Komunitas 5 cm dan Sahabat Indonesia Berbagi.

WOW... pOoOq
Banyak sekali ya manfaat yang saya dapatkan dari nge-blog antara lain teman-teman baru, ilmu, wawasan, passion, materi, dan banyak lagi hikmah lainnya. Kini hidup saya semakin berwarna ^^
Seandainya saya tidak nge-blog hidup saya takkan sewarna-warni ini :)


Happy Blogging p^_^q







12 comments:

  1. waaah. menjelajah kesana kemari yah di dunia blog. Saya blogger pemula. Mohon penjelasan lebih rinci tentang IBN doong. Via inbox FB saja yah. Kita kan temanan di FB.

    ReplyDelete
  2. Wew, saya disebut juga ternyata. hehehe
    Saya bukan blogger yang baik lho, belum bisa kayak Mbak Nunu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeee... merendah...
      Mas kan senior sy, dan telah byk memberi saran ttg blog

      Delete
  3. Alhamdulillah ... blogging banyak manfaatnya ya Nu, terutama kita bisa saling kenal. Bersyukur saya bisa mengenal Nunu. Terimakasih sudah dimention di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... kak..
      Kak niar nih pembuka jalan saya ^^

      Delete
  4. blogging emang byk manfaatnya, makanya sy betah :)

    ReplyDelete
  5. sebenarnya nggak pake rekomendasi juga bisa lolos kok dear, yang penting blog kita memenuhi syarat dan tidak melanggar TOS

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau sy mbak.
      dlu wkt dftr utk melangkah k step selanjutnya hrs pux reko

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners