Yuk Cek Keaslian Keju Cheddar!




Makan roti enaknya ditaburi parutan keju
Makan martabak manis enaknya yang coklat keju
Bikin salad buah lebih nikmat jika ditambahkan parutan keju
Bikin kue castangel tentunya wajib dong pakai keju
Pokoknya makanan akan lebih nikmat jika ditambahkan keju, setuju?

Tentang Keju Cheddar


Nah, salah satu varian keju yang populer digunakan di Indonesia sebagai bahan kue dan makanan adalah keju cheddar. Keju cheddar ini berasal dari Inggris, lebih tepatnya dari desa Cheddar di Somerset dan merupakan keju paling populer di Britania Raya. Tekstur keju cheddar pada umumnya relatif keras, berwarna kuning pucat, hingga putih gading. 

Dikutip dari Wikipedia, keju cheddar sudah di produksi sejak tahun 1170. Konon katanya resep keju cheddar dibawa oleh orang Romawi ke Inggris. Seorang tukang susu dari Somerset bernama Joseph Harding dijuluki sebagai bapak keju cheddar karena telah berjasa melakukan modernisasi dan standarisasi keju Cheddar.

Di sebagian besar negara-negara di dunia  keju cheddar tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari keju cheddar rendah lemak hingga keju cheddar tua yang tingga kadar lemaknya
Keju cheddar umumnya terbuat dari susu sapi alami yang pastinya kaya akan nutrisi. Kandungan susu sapi dalam keju cheddar mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

Fakta #KejuAsliCheck


Tapi tahukah Anda bahwa tidak semua keju cheddar di pasaran menggunakan keju cheddar sebagai bahan utama?

Nah loh, baru tahu kan bahwa keju cheddar juga ada KW-nya hehehe...
Menyadari hal itu keju KRAFT yang merupakan brand keju yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia mengajak para moms untuk lebih pintah memilih keju cheddar dengan komposisi bahan yang tepat  dan berkualitas dengan menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck.

Berdasarkan hasil survei KRAFT terhadap konsumen (para ibu), mengungkapkan fakta bahwa 50 persen responden mengatakan sering mengkonsumsi keju paling tidak 1 sampai dengan 7 kali dalam seminggu. Sayangnya, lebih dari 61 persen tidak tahu bahwa jika keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar.

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT menjelaskan kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan.


Terkait kalim nutrisi pada kemasan, berdasarkan survei KRAFT, terungkap fakta bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan tetapi 48 persen tidak tahu cara membaca susunan komposisi yang benar. Untuk kompisisi yang ada pada keju cheddar, pastikan ya moms komposisi utamanya adalah keju cheddar. 

Cara Membaca Label Informasi Nilai Gizi (Nutrition Facts)
  • Takaran Saji merupakan jumlah produk makanan yang pada umumnya dikonsumsi dengan satu kali makan atau satu kali penyajian.
  • AKG (Angka Kecukupan Gizi)  pada bagian ini menginformasikan bagaimana kontribusi nutrisi yang ada di dalam satu porsi makanan yang berperan pada total nutrisi yang diperlukan sehari. Contohnya %AKG memperlihatkan nilai 20% berarti kebutuhan akan nutrisi tersbut telah terpenuhi sebanyak 20% ketika dikonsumsi sesuai dengan takaran saji.




Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes selaku Nutritionist menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian National Library of Medicine menunjukkan bawah olahan  susu kayak akan kalsium, salah satunya adalah keju cheddar yang terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak, selain itu keju cheddar berperan sebagai sumber energi yang tinggi kalori yang bisa membuat anak aktif bergerak dan tidak mudah merasa lelah.

Keju Cheddar KRAFT


Siapa yang tak kenal dengan brand keju cheddar KRAFT, sejak kecil saya tahunya keju itu ya KRAFT. Di rumah juga belinya keju merek KRAFT. Mengapa Keju Cheddar KRAFT?
Karena terbuat dari bahan utama keju asli New Zealand pada urutan pertama yang kayak akan kalsium, mengandung 141mg kalsium per sajian. Mengandung protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Serta vitamin D.

Mengkonsumsi keju cheddar KRAFT secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian loh, seperti yang disebutkan diatas keju cheddar KRAFT mengandung 30 persen kalsium harian, sumber vitamin D dan protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sudah makan keju cheddar KRAFT belum hari ini?



Sumber:
  • press realease #kejuaslicheck 
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/03/23/200600775/apa-itu-keju-cheddar-keju-yang-populer-di-indonesia-?page=all
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Keju_Cheddar
  • https://promkes.kemkes.go.id/ketahui-cara-membaca-informasi-nilai-gizi-disini


















 

0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam