6/30/2015
7
Yeayyy... senang banget bisa dapat kesempatan dari BRID (Blogger Reporter ID) untuk menghadiri undangan Liputan Blogger bersama Indosat dalam acara Iftaar dan Soft Launch Cipika Books. 

Kamis, 25 Juli 2015. Sepulang dari kantor pukul 15.00 WIB saya langsung menuju Sona Topaz Tower tempat acara berlangsung. Acaranya di mulai pukul 17.00, dari Lapangan Banteng Timur ke Sudirman Insya Allah bisa nyampe lah dengan tepat waktu sambil berdoa dalam hati semoga tidak macet dan tak kelamaan menunggu Busway. (dan sebenarnya saya belum tahu persis posisi Sona Topaz Tower itu dimana, maklum baru 3 bulan di Jakarta).

Ternyata eh ternyata... saya salah halte, harusnya biar lebih gampang saya ke Halte Pasar Senen. Ini malah saya ke Halte Budi Utomo. Halte Budi Utomo nggak ada tujuan ke Harmoni, yang adanya menuju Kota Tua dan Kampung Melayu. Jadinya saya harus dua kali transit. Dari Halte Budi Utomo ke Halte Pasar Senen, setelah itu ganti Busway lagi tujuan Halte Central Harmoni, nah nyampek di Harmoni ganti busway lagi tujuan Blok M. 

Setelah hampir sejam menanti Busway yang tak kunjung datang. Saya pun mulai memikirkan,  menimbang, dan memutuskan untuk meninggalkan Halte Busway Budi Utomo. Mengapa? Karena setelah perhitungan yang matang, saya masih harus transit di dua halte lagi, masih mending kalau pas saya sampai Busway-nya cepat datang. Bagaimana kalau buswaynya lama? Bagaimana kalau di harmoni mengular panjang? bagaimana kalau di jalan macet? apalagi lokasi acara pas di Jl. Sudirman tahu sendiri macetnya gimana, jam pulang kantor lagi.

Saya pun keluar dari Halte Budi Utomo dan mengambil taksi. Hehe... rupanya begitu saya mau bilang ke Sudirman si bapak supir taksinya tidak mau (mungkin dia tidak mau bermacet ria). 

"Kalau gitu, ke halte Busway Monas MMB (Medan Merdeka Barat) saja pak!". Kataku pada bapak supir.

Mengapa halte Monas? Karena dari halte Monas saya tak perlu transit lagi dari halte ke halte. Meskipun membayar sedikit mahal untuk ongkos taksi yang penting worth it-lah untuk menghemat tenaga dan waktu saya.

Di halte monas saya bertanya kepada orang yang mengantri 
"Kalau mau ke Sona Topaz Tower turun di halte mana ya mas?"
"Turun di halte Setia Budi mbak"
"Oke, terima kasih :)"

Didalam busway, saya kurang fokus alias menghayal. Halte Setia Budi terlewati. Saya baru sadar! Akhirnya saya turun di halte berikutnya yaitu halte Karet. Saya pun tidak serta merta mengantri untuk mengambil busway arah sebaliknya untuk kembali ke Setia Budi karena feeling saya orang tadi salah kasih petunjuk. Seingat saya di google map Setia Budi ke Sona Topas Tower jaraknya agak jauh, lebih dekat ke Karet. Saya pun bertanya kepada petugas yang ada di dalam halte. 

"Pak Sona Topas Tower dimana ya?"
"Tuh mbak!" Sambil menunjuk gedung sebelah kiri halte. Plang nama Sona Topaz Tower terpampang besar di hadapan saya.

Alhamdulillah... akhirnya sampai juga dengan selamat dan tidak kena macet. Jam di tangan saya menunjukkan pukul 16.45 WIB.


  • Saya pun meluncur ke lantai 12A (Lantai 13 sebenarnya. Lagi-lagi mitos tentang angka keramat). Setelah melakukan registrasi dan mendapatkan goodie bag. Melihat acaranya belum mulai saya pun meminta izin ke musholla untuk sholat Ashar.


Setelah sholat Ashar, acara Soft Launching Cipika Books pun di mulai. Terus terang saya tak kenal satu pun di ruangan itu, termasuk member-member BRID yang hadir di tempat tersebut (maklum new member, cuma saya pede-pede saja ikutan undangannya hehe).

Saya duduk di sofa paling depan, saya pikir tiga orang yang duduk bersama saya blogger juga. Setelah kenalan dan bertanya latar belakang mereka ternyata bapak dan mbak-mbak di samping saya dari penerbit. Disamping kiri saya Bapak Syahrir dari penerbit Mizan, disamping kanan saya ada dua orang mbak-mbak lupa namanya dan penerbit mana (maaf pikun). Oh iya yang hadir disini bukan saja dari blogger loh, tapi dari penerbit dan wartawan media juga ada.

MC pun memulai acaranya, Dibuka dengan sambutan dari Bapak Carlos (hehe... maaf lupa catet jabatan bapak ini apa di Indosat). Setelah itu mbak Ririe Waluyo yang cantik memberikan penjelasan tentang apa itu Cipika Books dan Bookmate. Hehe yang baca tulisan saya juga pasti bertanya-tanya Cipika Books itu apa sih? Apakah sama dengan cipika cipiki? (heheehe... nunggu di jitak inih)

Adalah kabar baik nih bagi yang suka baca buku. Portal dan aplikasi ini cucok bingitz buat kalian :D

"Cipika Books adalah sebuah portal yang merupakan bagian dari cipika.co.id yang menyediakan layanan dan informasi seputar buku sekaligus sebagai media engagement antara penulis, pembaca, dan penerbit". Kata mbak Ririe.



Cipika Books menyajikan beragam karya, informasi, dan aplikasi buku digital. Salah satu kontribusi Cipika Books untuk "Membuka Jendela Dunia" adalah menghadirkan aplikasi e-book reader BOOKMATE yang juga telah mendunia. Dilengkapi dengan fitur-fitur social dan koleksi ribuan buku (3000 titles Indonesia dan 3000 titles International). Kita akan mendapatkan pengalaman membaca yang praktis dan nyaman, apapun perangkat yang digunakan. Aplikasinya dapat di dwonload dari ponsel, tablet, dan desktop. Setelah download jangan lupa registrasi dulu menjadi member di books.cipika.co.id. Setelah daftar kita mendapatkan email verifikasi dari kita dapat kode promo untuk berlangganan gratis selama sebulan. Asyik!!!!

Apa itu Bookmate?
Bookmte adalah aplikasi membaca buku digital yang memiliki koleksi buku spserti di perpustakaan (jadi konsepnya peminjaman / penyewaan) terdapat lebih dari 500.000 buku dan lebih dari 9 bahasa. Aplikasi Bookmate ini sudah banyak digunakan oleh jutaan orang di berbagai negara di dunia.

Kini Cipika Books menghadirkan aplikasi Bookmate untuk pecinta buku digital di Indonesia.

Mengapa Cipika Books menggandeng Bookmate?

  • Karena konsep berlangganannya sekali bayar, baca sepuasnya (ada yang standard (Rp. 39.000/bulan dan premium Rp. 59.000/bulan)
  • Baca tanpa koneksi internet. Yes! bisa tetap membaca buku walau tanpa koneksi internet sampai halaman terakhir yang suddah berhasil di download saat online
  • Memiliki ribuan koleksi buku berbahasa Indonesia maupun internasional
  • Fashionable Feeds
  • Alat pembayaran yang secured
  • Social Media Engagement dimana kita bisa menambahkan kutipan, catatan kaki, berbagi quote, menambahkan teman, merekomendasikan buku, melihat buku yang dibaca oleh teman-teman, dll
  • Gift for Friends, dengan fitur ini kita bisa memberikan paket langganan kepada teman sebagai hadiah
  • Download auto recovery
Adapun penerbit-penerbit yang bekerjasama dengan Cipika Books antara lain Mizan Media Utama. Bentang Pustaka, Trimuvi, Penerbit Rosda, dan Zikrul Hakim - Bestari. 

Nah buat yang mau mendownload dan menggunakan aplikasi Bookmate via android berikut langkah-langkahnya :


1. Masuk di Play Store
2. Search aplikasi Bookmate
3. Ketemu aplikasinya, klik INSTALL



4. Setelah selesai menginstall klik OPEN untuk masuk ke aplikasi tersebut.
5. Setelah itu login pake nomor INDOSAT kamu, atau bisa juga login via aplikasi Facebook ataupun Twitter (saya saranin pake yang Indosat soalnya kan lumayan dapat promo 1 bulan free baca buku)

6. Setelah login, tampil deh layar Discovery. Disitu penuh dengan daftar buku-buku yang ada di BOOKMATE. Kok bukunya pake bahasa inggris semua? Eittss... setting dulu languagenya jadi Bahasa Indonesia. Setelah di setting halaman discovery akan tampil berbagai buku-buku Indonesia. Pilih salah satu, contohnya saya pilih buku Athirah (karena memang buku ini saya belum pernah baca)



7. Klik gambar bukunya, maka akan tampil halaman berupa sinopsis buku tersebut, jika ingin membaca klik READ. Done!!! Selamat membaca ;)






Kita lanjut cerita kemeriahan Soft Launch Cipika Books, abis perkenalan tentang apa itu Cipika Books dilanjutkan dengan buka puasa bersama, asyik deh menu buka puasanya enak-enak (lumayan dapat buka puasa gratis, maklum anak kosan hehehe bisa ngirit). Setelah ada acara bagi-bagi hadiah alias door prize. Di undi sesuai nomor yang kita dapatkan waktu registrasi.  Nomor yang diundi tadi berhak memilih kotak yang tersedia di depan.  Alhamdulillah... saya kebagian doorprize isi kotak yang saya pilih adalah kipas (lumayan kipasnya bisa di pakai kalau lagi gerah di kosan) dan voucher dari cipika.co.id sebesar Rp. 300.000,-. Peserta yang lainnya ada yang dapat tas dan handphone. Selamat!!! Seru deh pokoknya :D ditambah lagi isi goodie bagnya yang keren-keren 

Untuk teman-teman yang mau tahu lebih jelas tentang Cipika Book bisa follow Twitternya @CipikaBooks atau like fanpages Cipika Books.

Sekian ya review dari saya. Semoga bermanfaat!!!













7 comments:

  1. Kirain bayar sekali-nya buat selamanya kak Nunu ternyata sekali sebulan tohh hehee,, ^ngarep gratisan^.. btw pa kabarnya di ibukota??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakaknya kurang nyimak nih.

      "bisa tetap membaca buku walau tanpa koneksi internet sampai halaman terakhir yang suddah berhasil di download saat online"

      Delete
  2. Wahhh.... mbak nunu ikut acara BRId ya. Pengalaman pertama yang menyenangkan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak husna, Alhamdulillah menyenangkan!!! :)

      Delete
  3. wah bagus nih,buat yang kekurangan dana beli buku ini bisa jadi alternatif yang efektif

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners