1/11/2017
16
Setelah menikah siapa sih pasangan suami istri yang tak menginginkan buah hati. Salah satu dari tujuan dari menikah adalah memperoleh keturunan agar manusia tidak punah kan di dunia ini. Kadang mendapatkan momongan tuh sama kayak jodoh, kalau belum diberi anak yahh artinya belum rezekinya. 

Menikah setahun, dua tahun, tiga tahun, dan seterusnya pastinya sudah mulai deg-degan ya jika belum dikaruniai anak. Berbagai upaya pun dilakukan demi memperoleh keturunan.
Tapi tahukah Anda, seorang wanita belum bisa hamil salah satu kemungkinannya karena kekurangan asam folat. Demi persiapan awal kehamilan disarankan cukup mengkonsumsi asam folat.




Sebenarnya apa sih asam folat itu?

Asam folat atau dikenal juga dengan nama folat, folacin, atau vitamin B9 adalah vitamin B Kompleks yang larut dalam air. Karena bersifat multifungsi sehingga berperan dalam pembangunan tubuh mulai dari memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Nutrisi ini penting bagi kesehatan semua usia mulai dari bayi dalam kandungan hingga lansia.
Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mendongkrak kesuburan dan menunjang program kehamilan sehat. 

Jika sedang mempersiapkan program kehamilan sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan alami yang kaya akan folat dan multivitamin yang mengandung sekitar 800 mcg asam folat.

Jadi asam folat itu wajib dikonsumsi pada masa pra kehamilan hingga hamil. Pada trisemester pertama kehamilan asam folat bermanfaat untuk :

  • Membantu mencegah bibir sumbing
  • Membantu perkembangan otak dan tengkorak
  • Mengurangi resiko cacat tabung saraf 80%  (spina bifida)
  • Penting untuk produksi sel darah merah
  • Mendukung pembelahan sel yang tepat
  • Mendukung pembentukan tulang yang sehat
  • Membantu mencegah depresi 
  • Bersama vitamin B12, asam folat membantu pembentukan DNA dan Neurotransmitter Otak

Lalu, makanan apa saja yang mengandung sumber asam folat?

  • Sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, sawi
  • Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kacang hijau, kenari
  • Buah-buahan seperti melon, pisang, lemon, jeruk bali, tomat, alpukat, pepaya
  • Makanan yang diperkaya asam folat seperti roti, sereal, dan jus
Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi teh hijau dan teh hitam karena akan menghambat penyerapan asam folat. Jadi hindari mengkonsumsi teh hijau dan teh hitam lebih dari 1-2 cangkir.

Selain konsumsi asam folat, beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan jika ingin cepat hamil, antara lain :

  • Hentikan minum minuman keras, merokok, dan obat-obatan
  • Siapkan stok makanan sehat
  • Batasi kafein, jadi jangan banyak-banyak minum kopi. Cukup satu cangkir sehari
  • Berat badan ideal
  • Perhatikan ikan yang Anda konsumsi. Hindari ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah besar. Contohnya ikan hiu, ikan todak, dan king mackarel
  • Rajin olah raga
  • Ketahui kapan jadwal ovulasi Anda

Semoga bermanfaat!!!!



Sumber : http://www.programhamil.com dan http://www.alodokter.com






16 comments:

  1. Wah bisa jadi ya, kasihan kawanku ingin punya anak tapi belum berhasil juga. Thank you infonya, nanti aku kasih tahu temanku

    ReplyDelete
  2. alpukat kaya asam folat juga ....aku sering minum ini sebekum hamil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. note!!!
      Terima kasih buat tambahan infonya mbak :)

      Delete
  3. Bener nih mbak, aku pun jg disarankan begitu ketika promil di obsgyn. Plus ini mbak, kata obsgyn ku sebaiknya saat promil tidak makan makanan yg mentah dan kurang matang, menghindari risiko toxoplasma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak jangan makan makanan mentah!!!

      Delete
  4. Makasih ya mbak buat infonya :) aku belum punya anak, dan info ini mengingatkan kembali, apa saja yang mesti saya konsumsi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama, semoga cepat dikaruniai momongan ya mbak :)

      Delete
  5. gak boleh stress juga mba n banyak2 berdoa hehehe . krn apapun usaha kita, semuanya kembali sama yg diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll... harus banyak doa plus sedekah juga ya :)

      Delete
  6. bnyak mnfaatnya mmg asam folat, aku dlu jg stlh kegugurn ngonsumsi asam folat,
    nice share : )

    ReplyDelete
  7. Akhirnya ketemu ini link.. Belum sempat baca linknya tenggelam sama chat. Jd sy harus banyak konsumsi Asam folat dih..

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners