2/25/2012
51
Makassar Atau Ujung Pandang - Orang-orang di luar Sulawesi masih banyak yang mengira Makassar dan Ujung Pandang adalah dua tempat yang berbeda. Saya ingat dulu waktu di bogor ada seorang ibu yang menanyakan asal saya :
 "Asalnya dari mana dek?",
 "Dari Makassar bu" jawabku  singkat.
 "Itu Sulawesi ya, adik saya juga tinggal di sulawesi tapi dia di Ujung Pandangnya"
Gubrak.... saya sedikit geli mendengarnya....
"Ibu, Makassar dan Ujung Pandang itu sama saja, Makassar ya Ujung Pandang, Ujung Pandang ya Makassar cuma pergantian nama saja. Dulu dikenal dengan kota Ujung Pandang tapi sekitar tahun 2000 diubah namanya menjadi kota Makassar". 

Pertanyaan seperti itu bukan hanya sekali saya dapatkan tapi sudah beberapa kali, teman-teman saya yang non sulawesi, bahkan kakak ipar saya (dia orang jawa-sunda). Waktu pertama kali ke Makassar dia bilang kayak gini "Ini kan Makassar, trus Ujung Pandangnya dimana???"

Kekurangpahaman tersebut dikarenakan nama Ujung Pandang adalah icon di Kawasan Indonesia Timur (KTI) yang sudah melekat selama kurang lebih 40 tahun, dan mungkin masih banyak orang-orang di luar Sulawesi Selatan yang belum mengetahui bahwa ibukota kami telah berganti nama menjadi Makassar.

Memusingkan memang karena alasan politik Ibukota Sulawesi Selatan ini sudah beberapa kali diubah namanya. Memang sedari awal nama Ibukota Sulawesi Selatan adalah Makassar, kemudian diganti dengan nama Ujung Pandang, dan kemudian kembali diubah menjadi Makassar. Mengapa seperti itu ya??? 



Setelah searching-searching di google dan membaca berbagai artikel, akhirnya saya mendapatkan jawaban pertanyaan itu. 
Sejarah perubahan nama dari  Makassar ke Ujung Pandang terjadi pada tanggal 31 Agustus 1971, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.51 Tahun 1971. Kala kota Makassar di mekarkan dari 21 kilometer persegi menjadi 115, 87 kilometer persegi. Pemekaran ini mengadopsi sebagian dari tiga wilayah kabupaten yaitu Maros, Gowa, dan Pangkep. Karena kata "Makassar" dianggap mewakili suatu etnis tertentu yaitu "Etnis Makassar", Bupati Gowa (Etnis Makassar) dan Bupati Maros (Etnis Bugis) pada waktu itu menentang keras pemekaran tersebut. Untunglah pertentangan itu bisa diredam dengan syarat kedua Bupati tersebut mau menyerahkan sebagian wilayahnya asalkan nama Makassar diganti. Maka Walikota Makassar pada waktu itu H.M Daeng Patompo (Alm) terpaksa menyetujui perubahan nama tersebut demi perluasan wilayah kota. 

Tentunya masih  banyak yang bertanya "Namanya unik Ujung Pandang, asal kata Ujung Pandang itu dari mana?
Kata Ujung Pandang itu diambil dari nama Benteng yaitu Benteng Ujung Pandang (sekarang bernama Benteng Fort Rotterdam) yang didirikan pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-X Tunipalangga (tahun 1545).  Setelah bagian luar benteng selesai, dibangunlah bangunan khas Gowa didalamnya yang terbuat dari kayu. Sementara di bagian luar benteng terbentuklah sebuah perkampungan yang semakin lama semakin ramai. Disanalah kampung Jourpandan (Juppandang) sedangkan benteng dijadikan sebagai kota kecil di tepi Pantai Losari. 




Versi lain kata Ujung Pandang adalah jika kita berdiri di atas benteng Ujung Pandang/Fort Rotterdam yang berada di tepi pantai losari, dari sana kita bisa memandang hingga ke ujung lautan.

Sedari awal perubahan nama Makassar menjadi Ujung Pandang sudah menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat, selama bertahun-tahun telah diadakan berbagai seminar, diskusi, lokakarya untuk membahas tentang polemik pergantian nama Makassar. 
Pada tahun 1999, sesuai PP No. 86 Tahun 1999 maka Ujung Pandang kembali resmi diubah menjadi Makassar.

Nah... itu tadi sekilas sejarah tentang Makassar atau Ujung Pandang
Semoga artikel ini bermanfaat ^^







51 comments:

  1. Hostoris banget sih neng.
    2 jempol buat artikelnya.

    ReplyDelete
  2. enakan ujung pandang ah. . . lebih puitis. . . .

    ReplyDelete
  3. Sebuah ulasan singkat yang cukup menarik, sepertinya tujuan paket wisata saya nanti adalah Makassar. Kebetulan masih dapat jatah gratis, hehehe... Thanks ya

    ReplyDelete
  4. @Dwi WahyudiAsyik nih.. jalan2 k kota sy.... monggo..monggo ^^

    ReplyDelete
  5. waktu pertama kali ke makassar juga merasa kesasar karena di tiket tertulis ujung pandang -___-"
    gak taunya kota yg sama :D

    ReplyDelete
  6. YAH GA BISA DI LIKE..
    thx ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nnt sy tambahkan tombol like

      Delete
  7. Ya,bagus juga sih ulasannya at least bisa jadi referensi.Tapi ulasan tentang arti historis dari kata ujung pandang sebaiknya merujuk kepada referensi dari ahli sejarah seperti La side,Dr. B.F. Mathes, Drs. Hamzah Daeng Mangemba dan lain-lainnya. Mohon jangan mengedepankan berita 'KONON' yang menyebabkan pengaburan sejarah.

    Thanks.

    ReplyDelete
  8. GUE KIRA BENTENG FORT ROTERDAM ITU PENINGGALAN BELANDA BUKAN PENINGGALAN RAJA GOWA....DAN MENURUT SEJARAH YANG GUE TAU BENTENG MENJADI PENINGGALAN RAJA GOWA ITU BENTENG SOMBA OPU MBAK !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut referensi yg saya baca benteng fort rotterdam adalah peninggalan raja gowa dlux namax benteng ujung pandang. Setelah belanda masuk benteng itu di rebut dan direnovasi sprt skrng ini dan di ubah namanya menjadi benteng fort rotterdam

      Delete
  9. Iya yah... dulu saya juga selalu menjelaskan kota Makassar itu sama saja dengan Ujung Pandang kalau di tanya. Tapi saya baru tahu sejarahnya lewat tulisan ini. Thanks for sharing ya..

    Eh, tapi memang di bandara masih tertulis UPG, kenapa gak di ubah jadi MKS yah? hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 smoga artikel ini bermanfaat.
      masih UPG mgkn krn program n sistem bandara sdh t'setting sprt itu sjk dulu. n klu mau di ubah bakal ribet

      Delete
  10. kalau saya sih lebih suka nama Ujung Pandang karena lebih enak didengar dan lebih unik. Kalau Makassar, biasanya merujuk ke suku tertentu. Jadi ingat pengalaman berinteraksi dengan org diluar sulsel. "Mba darimana?" jawabku : "Makassar". "Oh, mba orang Makassar ya?" "Oh, bukan, saya orang Bugis". Nah lo, si penanya jadi bingung.....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya ya kak... Ujung Pandang lebih unik

      Delete
  11. Subhanallah, ternyata pertemuan Saya dengan blog ini berlanjut dengan Kutemukannya info mengenai sejarah penamaan "Makassar" dan "Ujung Pandang".
    Pastinya informasi ini bermanfaat karena pada akhirnya kutemukan pula jawaban dari pertanyaan iseng yang biasanya diajukan oleh Dosen Penguji ketika ujian meja, yakni asal muasal nama dari wilayah kota asal kita.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama.... mba...
      Barakallah... semoga bermanfaat ^^

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. sy jg punya pengalaman yg sama dengan yg penulis ceritakan ,,
    tp dengan sedikit tambahan .. karena nama makassar stereotip etnis orang non sulawesi sering mengatakan orang makassar itu kasar..juga mungkin karena sering lihat di berita kota makassar marak aksi kekerasan ,, ^-^
    thank's infonya ,, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... itu juga mas wicky, pemberitaan media turut memperparah image mks

      Delete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Pernah sya dri kendari mau ke jkt trrus transit kemakasar..nah ketika check in sya liat di tiket itu bertuliskan ujung pandang..trus sya blg ke mbk2 nya dgn nada agak ngotot,mbk koq transit ke ujung pndg bukannya ke mkasar,,mbk2 nya blg sama aja mas,,,trus sya nanya lgi...kedengeran ama yg lg ngantri dblkg sya,dia blg,,mas makassar sama ujung pandang itu sama,dulu namanya ujung pandang,,dgn nada agak kesal...*cuma share pengalaman* thx mbk artiikelnya kmi yg drii luar sulawesi jdi tau..heheheh




    ReplyDelete
  16. maulanafiqriyansahAugust 11, 2013 at 1:12 PM

    Saya baca2 juga, ternyata ujung pandang itu salah satu kecamatan yang ada di kota makassar. berarti benar juga kalo ada orang bilang "adik saya di sulawesi juga, tapi di ujung pandangnya" mungkin maksudnya adiknya itu iya di kota makassar tapi di kecamatan ujung pandang :-) bener juga kan? sekedar membenarkan saja :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. bisa juga begitu mas. selain kecamatan ujungpandang, kecamatan makassar jg ada

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, ada jg nama kecamatan ujungpandang dan kecamatan makassar

      Delete
  18. Thx Banget Info nya mbak ,Thx ya !!
    Kunjungi Balik Blog saya
    www.officialmemelucuindonesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke.. thx ya atas kunjunganx

      Delete
    2. btw, blogx mas tdk d temukan. sdh t'hapus ktx

      Delete
  19. Replies
    1. Trima kasih buat apa???
      Jd bingung hehehe...
      btw, terima kasih atas kunjunganx :)

      Delete
  20. Aku juga masih sering merasa janggal. Kalau transit di Makassar trus tau-tau ada yang nyebut Ujung Pandang masih suka 'hah?', trus 'oh iya sama aja' hi hi...

    ReplyDelete
  21. Ujung Pandang itu salah satu nama dari 14 kecamatan di Makassar kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada juga kecamatan ujung pandang, dan ada juga kecamatan makassar

      Delete
  22. sumbernya wikipedia ya mbak... kalau bisa sebutin sumber aslinya.. jangan dari google...

    ReplyDelete
  23. sampe sekarang juga, masih banyak yang belum tau kalau makassar dan ujung pandang itu sama. apalagi ketika saya bertemu dengan keluarga di solo, mereka malah mengira makassar itu tetanggan sama ujung pandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah klu tulisan ini bermanfaat :D

      Delete
  24. Bagus mbak tyapis wikinya disebutkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  25. MAKASSAR berganti nama menjadi UJUNG PANDANG lalu berubah lagi menjadi MAKASSAR hinga saat ini. Tapi nama bandaranya masih ujung pandang ya nu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, masih ujung pandang. Mungkin utk bandara sistemnya sulit utk diubah lagi namanya :-d

      Delete
  26. Saya masi mencari saudara saya yg tnggal di sana di jalan matutu kalau tidak silap yg saya tahu nama nenek ibu saya puan arni dan datuk arwah rejab ..mungkin saja ad yg kenal
    ~Malaysia~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... dirimu jauh sekali ya. Dari malaysia :)
      Maaf sekali saya tidak kenal.
      Mungkin ada alamat yang lebih jelas dan nomor hp yang bisa dihubungi.

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners