11/18/2012
20
Langkah seribu, saya terburu-buru menuju lokasi Acara Kopdar Blooger Nusantara (KBN) Hari Ke-2. Masih di tempat yang sama dengan hari pertama kemarin yaitu Gedung LAN RI. Sudah hampir pukul 8.00 saya masih di rumah padahal menurut rundown acara yang saya baca di grup IIDN Makassar, pukul 08.00-09.00 registrasi peserta di mulai. Untungnya tak perlu naik pete-pete D (Sudiang-Sentral), saya numpang mobil ponakan karena kami searah. Saya turun di depan pos polisi Tello, sebenarnya di Tello saya bisa naik pete-pete H. Tapi dengan alasan waktu tempuh saya memilih naik taksi lebih hemat di banding naik ojek. Naik Taxi tarifnya Rp. 12.000,- - Rp, 13.000,- kalau naik ojek tarifnya Rp. 15.000,- belum lagi harus tawar menawar.

Sekitar pukul 08.30 saya tiba di lokasi acara, "Acara Blogger ya, lantai 4 mbak" kata pak Satpam di depan pintu masuk. Sampai di lantai 4, pintu lift terbuka saya langsung ngacir ke tempat registrasi yang ramai di padati perserta. Tapi di tempat itu saya melihat sedikit keanehan "Ini kan acara blogger, kok yang hadir di sini ga ada tampang-tampang blogger ya" pikir saya. Sampai di depan meja registrasi saya lihat panitianya "panitianya ga ada tampang blogger minimal T-Shirt yang mereka pakai yang bisa menandakan bahwa mereka adalah panitia Kopdar Blogger Nusantara". Ketika mau mengisi data diri dan tanda tangan saya lihat Judul diatas kertas tersebut "Astagfirullah, ini bukan tempat Kopdar Blogger Nusantara ya mbak" tanya saya ke panitianya. "Bukan mbak, mungkin di ruangan lain". Hehehe.... ternyata saya salah ruangan (malu sendiri deh, itulah dampaknya kalau keseringan ngaret. Indonesiawi memang).

Saya menelusuri jalan lain di lantai tersebut. Akhirnya saya menemukan teman-teman saya dari Komunitas Bloof (Blog Of Friendship) Nurul Athifah Amirullah, Pipi, Yuni, dan Arya. Ups... ada dua anggota Bloof lagi yang ada di tempat itu tapi belum pernah bertemu sebelumnya Athifah Dashyamar dan Musdika, Kopdar Blogger Nusantara telah mempertemukan kami.

Pendaftaran Hari ke-2 KBN ga gratis lagi, peserta yang ikut harus membayar tiket sebesar Rp. 25.000,-. Tapi karena saya dapat jatah kursi undangan untuk komunitas Bloof jadi saya ga perlu bayar. Ternyata sudah banyak peserta di ruangan. Memasuki pintu masuk saya di sapa oleh pak Anjari (Pendiri Detik Blogger Community) "Kamu yang pernah ikut Bloglicious Maros kemarin kan?". "Oh.. iya pak" Jawab saya, dengan sedikit kikuk saya menyalaminya. Ramah sekali bapak ini, saya tak melihatnya karena terlalu serius memasuki ruangan tapi beliau malah menyapa saya duluan.

Ruangan Acara KBN sangat luas sehingga mampu menampung ratusan kursi, panggung acara, dan booth-booth dari berbagai komunitas dan sponsor acara. Beragam deh boothnya saya kurang hafal, yang saya ingat booth komunitas Qui-Qui, Anging Mammiri (Komunitas Blogger Makassar), Lintas.Me, Writing Revolution,  Makassar Berkebun, Backpacker Makassar, Komunitas Android Makassar, Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Linux Makassar,  Blog Detik, Jalan-Jalan Seru Makassar, dan banyak lagi.


Booth Blog Detik


Booth Anging Mammiri


        Uty dan Yuni Mejeng di Boothnya  Komunitas Makassar Berkebun


                   Di Boothnya  Komunitas Makassar Backpacker


Saya dan teman-teman mengambil tempat duduk agak di depan, kan sesuai sunnah Rasul yang berada saf paling depan akan masuk surga, hehehe.... bukan, agar kami dapat melihat dan menyimak dengan baik. "TalkShow | Pameran Komunitas | Parade Budaya | Musik Akustik" tertulis di latar panggung acara, "Sepertinya acaranya bakal seru nih" pikirku. Acara belum di mulai registrasi peserta masih berlangsung kami pun berkeliling ruangan, mengunjungi booth-booth komunitas, bertemu, berkenalan dan saling menyapa dengan teman-teman blogger lain dan tak lupa foto-foto.




Acara pun di buka dengan Parade Budaya pementasan Tari 4 Etnis yang ada di Sulawesi Selatan yaitu Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja. Setelah itu Sambutan dari Ketua Panitia KBN 2012 Saifullah Dg. Gassing dan juga dari founder KBN Pak Anjari, dan Pembukaan Acara KBN oleh Wakil dari pak Walikota Makassar yang berhalangan hadir.

Pentas Seni Tari 4 Etnis

Ketua Panitia KBN 2012 Dg. Ipul

Pak Anjari Umarjianto

Wakil dari Walikota Makassar


Setelah sambutan dan pembukaan, Parade Budaya dilanjutkan kembali. Kali ini pementasan tari Pa'raga.

Tari Pa'Raga


Talkshow pertama pun di awali oleh Pak Asri Tadda yang membawakan materi Blogpreneur. Dilanjutkan dengan Talkshow kedua oleh Mbak Valencia Randa (Founder Blood For Life), sungguh sangat inspiratif membuat mataku berkaca-kaca. Satu pesan yang selalu mbak Valencia ucapkan berulang-ulang "Hidup diisi tidak hanya untuk mencari uang, tapi kita bisa melakukan sesuatu untuk hal-hal yang bermanfaat". Sebelum ishoma XL sebagai sponsor acara ini memberikan quiz kepada peserta dan bagi-bagi pulsa gratis senilai Rp. 100.000,-

Pak Asri Tadda

Valencia Randa


Ishoma, saya dan kak Niar (Teman satu komunitas di IIDN Makassar) memutuskan untuk sholat Dhuhur dahulu setelah itu baru makan siang. Ups.... Setelah habis sholat Dhuhur ternyata komsumsinya sudah habis. "Tunggu lima belas menit lagi ya" kata seorang panitia. Kami pun bersabar menunggu sambil berkeliling ruangan dari booth ke booth.


:: Tak Terpikirkan Sedikit Pun

Eitsss... ada booth yang rame banget, booth Lintas.Me disesaki oleh puluhan orang yang mengantri untuk mendapatkan T-Shirt gratis Lintas.Me. Saya tergiur juga untuk berdesak-desakan diantara puluhan orang tersebut. Ketika ingin melangkah ke boothnya Lintas.Me sepasang wartawan Makassar TV menghampiri saya.
"Kak, bisa minta waktunya sedikit saja" kata wartawan cowok.
"Iye, kenapa ki" Jawab saya.
"Mau ka liput ki dan wawancarai ki, sebentar ji". Lanjut wartawan itu.
"Saya!!!" kaget mendengar penuturan wartawan tersebut.
"Jangan mi deh.... malu-malu ka, bagaimana cara ku di wawancara, komunikasiku kurang jelas" saya menolak tawarannya.
"Tidak apa-apa ji kak, jangan ma ki malu-malu. Justru itu yang kami cari. Kita punya keterbatasan tapi bisa ki ikut juga di event seperti ini" masih membujuk saya agar mau di wawancarai.
"Gini, kami liput kegiatan kakak selama di sini. Sebentar saja kok, kakak bisa main-main di salah satu booth (dia menunjuk booth Komunitas Linux Makassar) setelah itu kami wawancarai". Lanjutnya.
Setelah beberapa menit membujuk saya agar mau diwawancarai akhirnya saya luluh juga. OMG... tak pernah terpikirkan sedikit pun tentang hal ini.



Setelah menunggu beberapa puluh menit akhirnya makan siangnya datang. Kami pun bersantap siang di selingi penampilan musik akustik dari Sese Lawing.
Setelah fresh lagi mendengar lantunan indah musik akustik. Talkshow pun dilanjutkan kali ini pematerinya dari IBN (Mas Kukuh TW dan Leila Fitriani) dengan materi "Bloggers & Digital Behaviours". Setelah itu dilanjutkan dengan Talkshow Social TV oleh Pak Budi Putra (CEO The Jakarta Post Digital). Pukul 15.30 Coffe Break (Sholat Ashar dan ngopi-ngopi). Disela-sela coffe break saya mencoba menyambangi Booth Lintas.Me siapa tahu masih ada T-Shirt yang tersisa. Memang belum rezki, T-Shirtnya sudah ludes hehehe.....

Selesai coffe break, talkshow dilanjutkan, kali ini dari NAWALA tentang Internet Security dengan pemateri Irwin Day. Talkshow terakhir diisi oleh Ardian Atmaka dari Lintas.Me

Dari Tim ID Blognetwork


Pak Budi Putra

Pak Irwin Day dari NAWALA

Ardian Atmaka



:: Snap Shot Kopdar Blogger Nusantara 2012

Ishoma, foto-foto dulu ^^

Panitia KBN 2012

Foto Bareng Seluruh Peserta KBN 2012

Narsis!!! Bloofers Makassar ^^


Foto Bareng Komunitas Makassar Berkebun

Narsis lagi di panggung ^^

Ups... Anak siapa nih???


:: Kopdar Blogger Nusantara 2012 Yang Tak Terlupakan

Sebuah kehormatan bagi kota Makassar menjadi tuan rumah sebuah event blogger berskala nasional. Acara yang sudah dipersiapkan dan disosialisasikan sejak awal tahun 2012 (pada waktu itu saya ikut gatheringnya Komunitas Blogger Makassar pada bulan Januari 2012). Sebuah kerja keras yang panjang dari seluruh panitia Kopdar Blogger Nusantara 2012. Alhamdulillah event tersebut berjalan sukses, aman, dan lancar meski masih ada beberapa kekurangan but no body's perfect. Kopdar Blogger Nusantara 2012 takkan terlupakan selain dapat bertemu dan berkenalan dengan blogger dari kota-kota lain, saya bisa mendapatkan ilmu, wawasan, dan pengalaman baru. Sungguh sangat berkesan.

20 comments:

  1. pengen gabung k blogger nusantara tpi gimana caranya??? komen back y

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar sj d websitex bloggernusantara.com

      Delete
  2. sungguh rasanya iri sekali bisa dapat kopdar dengan para komunitas.. semoga acara yang serupa dapat terlaksana di kota saya.. :)

    ReplyDelete
  3. Hihihi banyak narsis2nya ya ...
    Nu, yang mau diikutkan lomba dengan Lintas Me sbg sponsor itu, belum dibikin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum saya buat kak...
      Sempat ga ya??? Ada kerjaan yg harus sy selesaikan

      Delete
  4. Replies
    1. Kapan2 klu ada event kopdar ikutan sj, seru loh!!!

      Delete
  5. Terimakasih atas Infonya
    Ohh iya, maaf ganggu, saya cuma ingin mengajak anda bekerja sama.
    Maksud kerjasama itu adalah, anda Follow Blog saya, nanti akan saya FOLLBACK.
    Dalam pengertian YOU FOLLOW I FOLLBACK.
    Semoga mau yah?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kopdar thn dpn d tangerang ^^

      Delete
  7. wah kyaknya asik nih gan.. gimana bisa ikut ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang asyik, BN tiap thn d laksanakan... ga tau kota mana lg yg jd tuan rumah... ikut sj seru deh

      Delete
  8. wahhhhkyanya seru nihhh , ,,

    pada narsis" lagi ahhhahh , ,
    ngikut dong

    ReplyDelete
  9. lestarikan budaya sulsel :)

    ReplyDelete
  10. wah, acaranya keren gan, tahun ini ada gak

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners