11/20/2016
28
Saya Ngeblog, Saya Hepi


Itu yang saya rasakan saat ini, eh bukan saat ini saja ding tapi selama 5 tahun lebih saya mengarungi dunia per-blogging-an *tsah. Blog ibaratnya naik roller coaster dengan segala naik turunnya, fluktuatif, dan dinamis. Saya merasakan adrenalin terpacu di dua tahun pertama saya ngeblog. Mengikuti berbagai lomba blog baik itu non SEO ataupun SEO yang tentunya tidak semua saya menangkan. Bagi saya bukan masalah menang atau kalahnya, bukan juga soal uang ataupun hadiahnya, tapi prosesnya yang saya sukai. Ada proses belajar di sana, belajar membuat tulisan yang baik dan berharap disenangi oleh sang juri, belajar ikhlas dan tidak iri jika kalah, belajar sportif dan mengucapkan selamat kepada pemenang, dan belajar kerendahan hati jika menang.



Yang bikin lebih hepi lagi dari hobi ngeblog adalah semangat berbagi. Ngeblog berarti mengizinkan seantero jagad maya membaca tulisan yang sudah kita posting di blog. Dengan ngeblog kita berbagi ke siapa pun tentang segalanya entah itu kisah pahit dan manis, cerita pengalaman dan petualangan, ilmu yang dipunyai, curhatan yang bisa menginspirasi, tips dan trik yang bermanfaat, ataukah sekedar lelucon-lelucon konyol yang bikin orang tertawa terpingkal-pingkal membacanya.

Di dua tahun berikutnya saya sedikit slow dengan hobi ngeblog ini. Tiap bulan hanya ada satu atau dua postingan saja, bahkan ada dalam sebulan saya tidak ngeblog sama sekali. Mengkambing hitamkan kesibukan dan rasa lelah setelah pulang bekerja mungkin itu bukan alasan yang bijak, sebut saja malas dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik ah... itu lebih jujur bukan (bagian yang ini jangan ditiru ya. Btw itu manusiawi kok setiap orang pasti bertemu titik jenuh *masih membela diri).

Pemantik saya mulai semangat ngeblog lagi ketika mulai aktif berkomunitas setelah hijrah ke Jakarta. Merasa asing dan terasingkan di sebuah tempat baru itu bukan hal yang baik bukan atau bahkan itu sangat buruk. Saya tak mau itu terjadi, saya ingin tetap gaul *halah seperti layaknya dulu di Makassar. Memiliki banyak teman baru yang mau merangkul, bersimpati, saling menghargai, menerima apa adanya dan berbagi layaknya saudara. Semuanya akan terjadi jika saya kembali membuka diri dan belajar beradaptasi dengan lingkungan baru dengan karakter yang tentunya berbeda dengan tempat asal saya. 

Ya... ternyata benar kata kak Niar "Di Jakarta nanti saya akan jauh lebih berkembang ". Semangat ngeblog teman-teman disini begitu luar biasa dan itu menulari saya. Saya mulai membeli domain berbayar biar terlihat lebih profesional, mulai sering update postingan, ikut berbagai event, workshop, dan nonton bareng gala premiere. Disini ombaknya kencang jika dibandingkan di Makassar. Di Makassar ombaknya cukup tenang *eh maksudnya?. Di sini banyak sekali event blogger baik itu dari komunitas, perusahaan swasta ataupun instansi pemerintah. Dalam sehari bisa saja ada dua atau tiga event, apalagi pada hari Sabtu dan Minggu. Saya kadang sampai bingung mau ikut yang mana, semuanya menarik.



Btw, baru sadar intermezzo dari postingan ini kepanjangan :D
Inti dari tulisan ini saya ingin memberitahu kalian tantangan ngeblog yang bikin saya hepi hingga saat ini. Dua hari yang lalu ketika saya mendapatkan kesempatan dari teh Indari Mastuti untuk berbagi pengalaman di grup chat Whatsapp "Try Sekolah Perempuan", saya mengatakan "Ngeblog bagi saya adalah sebuah hobi yang memiliki tantangan tersendiri". 
Saya pun berkesimpulan bahwa ada 5 tantangan yang bikin saya tetap ngeblog hingga saat ini, yaitu :
  1. Punya blog artinya saya harus bisa menulis. Artinya tidak boleh ada tulisan copas dari web ataupun blog lain di blog saya. Blog saya adalah milik saya dan isinya harus 100% karya saya. Sejelek-jeleknya atau seabal-abalnya tulisan yang ada didalamnya saya akan tetap bangga dengan hasil buah pikiran saya. SAY NO TO COPAS
  2. Jika ingin blog dibaca oleh orang banyak saya harus membuat tulisan yang menarik, bermanfaat, dan lebih hebat lagi jika bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh orang lain. Disitulah tantangannya, saya harus banyak belajar dan berlatih menulis, banyak membaca, dan banyak mengikuti workshop kepenulisan agar tulisan yang saya posting bisa lebih baik lagi. CONTENT IS A KING
  3. Membuat postingan saat ini bukan sekadar tulisan harus menarik. Postingan blog akan semakin mantap jika dihiasi dengan gambar, foto, infografis dan video yang keren. Lagi-lagi disitulah tantangannya seorang blogger harus mengeksplor kemampuannya dengan belajar desain grafis, foto dan video editing. LEARN DESIGN, LEARN ART 
  4. Postingan yang menarik saja itu tak cukup untuk mengundang orang berkunjung ke blog kita. Seorang blogger perlu tahu cara mengoptimasi blog, cara meningkatkan DA/PA blog dan mengecilkan Alexa Rank, dan masih banyak hal lain lagi yang berkenaan soal teknis. Lagi-lagi blogger harus banyak belajar dan mengupdate informasi. LET'S OPTIMAZATION YOUR BLOG 
  5. Tantangan terakhir adalah tantangan untuk melawan rasa pelit dan kikir yang ada di dalam diri. Blog bagi saya adalah wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Ilmu jika dibagi tidak akan habis malah akan bertambah dan amalannya jariyah yang bisa kita nikmati di dunia dan di akhirat. Tentunya dengan berbagi hidup kita akan lebih bahagia. TRUST IT!
Sepertinya filosofi dari tagline Nunu Amir Blog "Karena Hidup adalah Belajar dan Berbagi" terjawab sudah ya dengan postingan ini ^^

Tantangan bukanlah suatu hal yang harus dihindari, tantangan itu harus dihadapi, dan ketika kita bisa menaklukkan tantangan tersebut ada rasa puas dan hepi yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya ngeblog saya hepi :)



Tulisan ini disertakan dalam lomba blog #10tahunAM





28 comments:

  1. Betul kak Nunu... Ngeblog bukan semata-mata hasil tapi proses. Semoga kita selalu berproses jadi lebih baik

    ReplyDelete
  2. Keep blogging, Nu!
    Tulisan-tulisannya juga selalu kece..

    ReplyDelete
  3. Sesuatu yang dijalani dengan senang hati emang jadi terasa enjoy ya. Aoalagi kalau itu udah jadi hobi. Aku pun dapat banyak hal dari ngeblog. Nambah temen sama ilmu udah pasti. Salam dari Bandung :)

    ReplyDelete
  4. Suka tulisannya...
    Sama aku pun juga udah nge blogging berapa lama ya. Sejak SMA, kuliah dan sempet ditinggal karena kerja juga. Baru ini asik lagi nge blog. Rasanya ada yg hilang kalo gak nge blog

    ReplyDelete
  5. untuk saat ini anti copas banget... kalo pun dapat ide dari tulisan orang lain diramu aja dengan cara kita ..pasti punya tampilan beda...

    ReplyDelete
  6. Belajar ikhlas dan nggak iri, part paling susah kayanya. Hehehe..
    Aku masih keteteran nih mba masalah konten. Masih blm dapet kuncinya konten dan gaya bahasa apa yg paling diminati terutama saat ikut lomba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulis sesuai hati nurani mbak dan sesuai gaya kita sendiri :)

      Delete
  7. Untuk design dan art, saya masih cupu banget. Lagi coba belajar terus, ya meskipun tak semudah belajar memasak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... sama mbak :)
      saya juga lagi belajar masak eeehhh... belajar design

      Delete
  8. Kalo di kota besar ‘ombaknya’ emang lebih kenceng ya mba. Jelas banget termotivasi, nyaris tiap minggu ada acara-acara keren. Hihi. Aku juga ngerasa happy dengan perkembangan dunia blogging sampe sekarang ini. Meski kadang kepala nyut nyuut dengan banyaknya angka-angka yang harus dipikirkan, tapi ah ya sudahlaahh, nikmati saja. ^^

    ReplyDelete
  9. Setujaaa mba nunu.. Sebaliknya nih saya rajin ngeblog justru pas pindah pku. Dlu wktu d jkt msh bnyk temen ngobrol, disini blm bnyk kenal sama yg lain, 'ngobrol'nya d laptop. Btw, aku tuh lemah deh di bagian teknis. Kapan2 ajarin doong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehehe.. di postinganku ada beberapa yang ngebahas masalah teknis mbak. Bisa baca2 d stu :)

      Delete
  10. dulu Roy Suryo bilang nge-blog itu hnya trend sesaat loh....hayok mari patahkan anggapan itu :D

    ReplyDelete
  11. ehh ada aku nyempil di foto :D
    makin rajin ngeblog n menebar inspirasi ya nunu
    moga sukses buat lombanya

    ReplyDelete
  12. *numpang lewat*

    eh, ada foto di Mozilla Community Space Jakarta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe betul kak rara lagi di mozilla community space

      Delete
  13. Dulu awal-awal ngeblog pas diblog lama, aku sering banget copas, sekarang makin kesini makin sadar dan udah nggak pernah lagi. Yap, content is a king ya mbak ;)) Mari semangan berbagi mbak!

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners