11/12/2016
33
Happy Weekend Guys!!!

Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Blog - Ini dia postingan yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung Nunu Amir Blog!!! Postingan ini demi memenuhi janji saya dan menanggapi request dari teman-teman blogger yang sudah membaca postingan saya beberapa waktu yang lalu tentang Mengenal Google Analytics dan Memasang Kode Pelacakan di Blog. Oh iya temans, saya menulis postingan ini bukan karena saya sudah tahu banget tentang Google Analytics (Catat ya!), niat saya hanya untuk berbagi apa yang saya ketahui. Jadi kita masih sama-sama belajar nih.



Sebelum kita bahas lebih dalam lagi tentang Google Analytics terlebih dahulu saya ingin sedikit mengulang dan kembali mengingat apa sih manfaatnya Google Analytics untuk blog kita?

Bisa mengetahui jumlah pengunjung blog dan siapa saja yang mengunjungi

  • Dengan Google Analytics kita bisa mendapatkan informasi statistik pengunjung blog per jam, per hari, per minggu, dan per bulan
  • Bisa mengetahui informasi geografis pengunjung
  • Bisa mengetahui perangkat mana yang digunakan

Bisa mengetahui kapan mereka mengunjungi blog kita. 

  • Jadi kita bisa tahu waktu puncak kunjungan di blog


Bisa mengetahui apa yang dilakukan pengunjung tersebut di blog kita 

  • Kita bisa mengetahui halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi
  • Berapa lama pengunjung berada di halaman tersebut
  • Berapa halaman yang dikunjungi

Dari mana pengunjung tersebut datang

  • Apakah dari luar blog misalnya dari sosial media, mesin pencari, dll ataukah mereka mengetik langsung alamat URL Website

Jujur saja, saya dan kalian pasti bingung juga kan ketika baru pertama kali membuka Google Analytics :D
Ini mau diapain nih?
Harus mulai darimana?
Ini fungsinya apa?
Baca statistiknya kayak gimana ya?
Ini maksudnya apa?

Hehehe... kita sama-sama bingung
Setelah mengikuti Workshop Blogholic beberapa waktu lalu tentang Google Analytics saya mulai paham istilah-istilahnya dan fitur-fiturnya. Pada workshop kemarin mbak Shinta menjelaskan hampir semua fitur-fiturnya.

Secara garis besar, Google Analytics memiliki 4 (empat) menu utama yaitu : Beranda, Pelaporan, Penyesuaian, dan Admin serta masing-masing menu utama tersebut memiliki sub menu (Oh iya... Google Analytics yang saya gunakan versinya berbahasa Indonesia biar makin ga bingung, untuk yang Google Analyticsnya memakai bahasa Inggris silakan menyesuaikan). Tapi biar ga bingung baca belajar Google Analytics, kita fokuskan saja ya ke menu yang penting saja untuk menganalisis blog kita yaitu Menu Pelaporan.

Note : sebaiknya sambil baca postingan ini sekalian google analyticsnya juga di buka :)

Mengenal Menu Pelaporan


Hal yang pertama yang dilakukan tentunya log in atau sign itu dulu ke Akun Google Analytics, setelah masuk ke akun klik menu Pelaporan.
Masuk ke menu Pelaporan membuat tambah bingung, karena begitu banyak sub menu, fitur, tampilan grafis ataupun tabel. Untuk lebih memudahkan kita pahami dulu tampilan dari halaman pelaporan Google Analytics.



Halaman pelaporan Google Analytics terbagi atas dua bagian yaitu bagian kiri dan bagian kanan.

1. Fitur Navigasi Laporan

Pada bagian kiri semuanya berisi sub menu atau fitur pelaporan. Di fitur ini kita bisa mengakses semua laporan. Ada beberapa kategori yang disediakan, setiap kategori punya fungsi masing-masing. Jika mengklik salah satu kategori, maka akan tampil grafis dan data di sebelah kanan.

Terdapat delapan kategori pada fitur ini, antara lain : Dasbor, Pintasan, Peristiwa Intelijen, Waktu Nyata, Pemirsa, Akuisisi, Perilaku, dan Konversi.

2. Fitur Tajuk Laporan 

Tajuk laporan akan muncul di bagian atas di semua laporan Google Analytics. Menu yang muncul pada tajuk laporan akan berubah-ubah sesuai dengan kategori yang sedang diakses. Secara umum akan ada beberapa pilihan menu antara lain :


  • Customize, untuk menyesuaikan laporan standar agar sesuai dengan kebutuhan spesifik yang kita butuhkan
  • Email, digunakan untuk mengirim email laporan google analytics
  • Ekspor, digunakan jika ingin mengekspor data laporan untuk bisa digunakan di aplikasi lain seperti Excel, PDF, dll
  • Add to Dashboard atau Tambahkan ke Dashboard, jika menginginkan satu laporan tertentu tampil di dashboard saja
  • Shortcut atau Pintasan, memungkinkan kita membuat tautan ke konfigurasi laporan yang sedang berjalan saat ini
  • Tanggal, memungkinkan kita untuk mengubah rentang tanggal laporan
  • Tombol Toga, untuk melihat konten bantuan dan tutorial video yang menjelaskan kategori laporan yang dipilih 


3. Fitur Tab Laporan

Bagian ini memiliki fungsi yang penting, karena pada bagian ini data laporan ditampilkan. Secara umum laporan yang muncul berupa tampilan grafik dibagian atas dan data tabel di bagian bawah. Beberapa laporan memiliki tab tambahan berupa ringkasan dan hamparan peta. Jadi data yang disampaikan pada bagian ini banyak digunakan untuk menganalisis dan mengetahui data pengunjung blog.

Tab laporan bagian atas berupa grafik


Tab laporan bagian bawah berupa tabel

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Menu Pelaporan di Google Analytics itu memiliki banyak fitur. Untuk lebih mempermudah dan tidak membuat bingung, kita belajar yang penting-penting saja untuk melihat data dan aktifitas blog kita.

Ada tiga poin penting di Google Analytics untuk melihat aktivitas blog kita, antara lain :

1. Laporan Pemirsa atau Audience

Menu ini menampilkan data yang berkaitan dengan pengunjung blog kita, misalnya lokasi pengunjung blog, bahasa yang digunakan, seberapa sering pengunjung blog tersebut berkunjung di blog kita, sistem operasi yang pengunjung gunakan, dan jalur yang mereka gunakan untuk masuk ke blog kita.

Pada menu Pemirsa/Audience didalamnya ada sub menu Ikhtisar/Overview dimana sub menu ini berfungsi untuk melihat secara garis besar laporan pengunjung. Selain sub menu overview masih ada beberapa sub menu lagi untuk melihat laporan yang lebih detail dan lebih dalam lagi tentang pengunjung blog. Silakan mencoba membuka satu per satu sub menu tersebut.

Halaman ikhtisar/overview pelaporan pemirsa/audience


Beberapa hal penting yang perlu diketahui di halaman sub menu ikhtisar/overview laporan Pemirsa/Audience :


  • Sessions atau sesi : sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya, silakan klik disini
  • Users atau pengguna : sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya, silakan klik disini
  • Pageviews atau Tayangan Laman : sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya, silakan klik disini
  • Pages/Session atau Laman/Sesi : adalah rata-rata jumlah halaman yang telah dilihat selama satu sesi. Pengulanggan view untuk satu halaman juga ikut dihitung sebagai data 1 sesi. Contohnya nih lihat gambar Google Analytics blog saya diatas, data diatas adalah data selama sebulan mulai 12 Oktober s.d 11 November. Tayangan laman jumlahnya 2.051, jadi selama sebulan itu ada 2.051 halaman yang sudah dikunjungi di blog saya, Untuk sesi jumlahnya 1.615 sesi dalam sebulan, artinya dalam sebulan ada 1.615 pengunjung di blog saya. Untuk Laman/Sesi jumlahnya 1,27 adalah hasil pembagian dari tayangan laman dan sesi, 2.051 dibagi 1.615. Jadi artinya rata-rata jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog saya hanya satu halaman saja. Jadi setelah mereka membaca satu postingan mereka langsung keluar tidak melanjutkan membaca postingan saya yang lain (kasian banget ya)
  • Avg. Session Duration atau Durasi Sesi Rata-rata : adalah rata-rata jumlah waktu untuk sebuah sesi. Artinya waktu rata-rata pengunjung berada di blog kita. Lihat lagi gambar diatas, untuk durasi sesi rata-rata blog saya adalah 1 menit 2 detik (kasian banget ya, hehehe banyak yang ga betah)
  • % New Session : adalah perkiraan persentase jumlah kunjungan baru. Artinya berapa persen sih pengunjung baru di blog kita. Contohnya lagi lihat gambar diatas. Untuk persentasi new session blog saya ada 87,43%
  • Bounce Rate atau Rasio Pentalan : sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya, silakan klik disini. Untuk rasio pentalan semakin kecil nilainya maka semakin baik, usahakan dibawah 80%. Persentase ideal untuk bounce rate sebaiknya 20%-40% (tapi susah kali ya bo! buat dapat nilai segitu, bisa dibawah 80% saja syukur). Contohnya lagi gambar diatas, rasio pentalan blog saya masih tinggi 85,33% (disini nih perlunya menerapkan SEO On Page untuk menurunkan rasio pentalan)


2. Laporan Aquisition atau Akuisisi

Menu ini berisi data-data sumber kunjungan secara menyeluruh misalnya mereka mengakses blog kita dari mesin pencari, sosial media, ataupun sumber lainnya. Secara default, di menu akuisisi ada tiga baris data utama, yaitu :

Halaman Pelaporan Akuisisi


  • Top Channel atau Saluran Teratas  : berisi data tentang bagaimana pengunjung blog masuk di blog kita. Sebagai contoh gambar diatas. Saluran teratas gambarnya berupa grafik pie. Disitu ada keterangan warna, biru untuk organic search (berasal dari mesin pencari), hijau untuk direct (langsung mengetik alamat blog saya, orange untuk social (berasal dari sosial media), kuning untuk refferal (dari link blog saya yang dijadikan rujukan di blog lain)
  • Session atau Sesi : pengertiannya sama dengan sesi di pembahasan sebelumnya
  • Conversion atau konversi : datanya berdasarkan aksi pengunjung melakukan sesuatu di blog kita. Fitur ini akan sangat berfungsi bagi blog yang isinya jualan online. Jika di blog online shop itu ada tombol "buy" atau "beli" dan pengunjung mengklik tombol tersebut maka aksi yang dilakukan pengunjung tersebut disebut konversi.

3. Laporan Behaviour atau Perilaku

Menu ini berisi data-data penting perilaku pengunjung didalam blog. Misalnya bagaimana mereka berpindah halaman, halaman apa yang banyak dilihat, seberapa cepat proses loading sebuah halaman, apa yang dicari oleh pengunjung dengan menggunakan searching engine yang ada di blog kita, dll.
Dengan mengetahui perilaku pengunjung kita bisa mendapartkan ide keyword yang bisa digunakan untuk postingan berikutnya, jenis postingan yang disukai pengunjung, jadi yang masih galau dengan niche blog, teman-teman bisa menganalisis blog menggunakan pelaporan ini. 

Halaman Overview/Ikhtisar Pelaporan Perilaku


Di sub menu overview/ikhtisar menu perilaku/behaviour secara garis besar kita bisa melihat data :

  • Pageviews atau Tayangan Laman : sama seperti penjelasan sebelumnya
  • Unique Pageviews atau Tayangan Laman Unik : sudah dijelaskan di postingan saya sebelumnya, silakan klik disini
  • Avg. Time On Page atau Waktu Rta. di Laman : adalah waktu rata-rata sebuah halaman di lihat oleh pengunjung. Sebagai contoh lihat  gambar diatas. waktu rata-rata pengunjung membaca sebuah halaman di blog saya adalah 3 menit 48 detik
  • Bounce Rate atau Rasio Pentalan : sama seperti penjelasan sebelumnya
  • % Exit atau % Keluar : adalah seberapa sering pengunjung keluar melalui halaman tersebut. 

Untuk sub-sub menu yang lain silakan di coba sendiri ya!!!

Oke... sekian dulu ya ^^
Semoga postingan tentang Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Blog ini bisa bermanfaat :)





33 comments:

  1. Nunu a.k.a. Nunu Sahadati Amir, ya ampuun mendetail banget nih tulisan mengenai Analytic-nya. Kudu balik lagi dan baca lagi karena maklumlah si Bunda mah da kudu ber-ulang-ulang bacanya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun... kapan2 ketemu lagi, kita belajar GA. Maaf kemarin ga bisa nginap di rumah bunda

      Delete
  2. Mksh sharrongnyabya.. Boleh share ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan di share mbak..
      Terima kasih banyak :))

      Delete
  3. mantap, akhirnya postingan lanjutan sebelumnya keluar juga. Aku udah bantu mengurangi bounce rate nya mba nunu ya, hahaha dengan membuka beberapa artikel. Aku seh sering buka analytic, tapi masih bingung bacanya.
    makasih mba nunu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaahhh.... terima kasih banyak mas enry :))

      Delete
  4. untuk mengenai bounce rate mba,,, beberapa teman saya menyarankan dibawah 50 % lebih baik... makannya saya sedikit kebingungan menurunkan bounce rate yang cuma 53%... kalo menurut mba Nunu dibawah 70% ya Alhamdulillah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iyaa... terima kasih buat koreksinya. aku sdh edit tulisan saya. Bounce rate usahakan dibawah 80%, dan bounce rate ideal / yang baik itu katanya 20%-40%

      Delete
    2. Yap sama sama Mba,,, tapi kisaran 20% sampe 40% itu sangat sulit loch mba

      Delete
  5. Keren banget Nunu. Sangat tercerahkan!
    Benar banget, idealnya baca ini sekaligus juga buka GA kita, langsung eksekusi!
    Sekali lagi terima kasih yaaa...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak rosa :)
      semoga bermanfaat

      Delete
  6. Makasih sharex nu... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Kalau saya kok jarang menggunakan tool ini ya,
    karena sudah disediakan penyedia hosting, apa bedanya ya?
    thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kurang tau bedanya mas. Soalnya saya ga pake hosting berbayar

      Delete
  8. Aku masih bingung mba sama GA ini uda pasang tapi ga kebaca semua :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ga kebaca smua gimana mbak?

      Delete
  9. Google analytic menurut pandangan saya lebih lengkap dan detail setiap laporan nya. Sebenarnya jika dilihat secara luas, blogger juga menyediakan pelaporan sperti pengunjung di beranda nya. Tpi masih belum spesifik. Beda dengan google anlytic, yg fitur nya sudah lengkap.

    Spertinya saya masih perlu bnyak belajar tentang google anlytic ini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUp... saya juga masih harus banyak belajar mas

      Delete
  10. Makasih sharing-nya, Mas Nunu. Sayangnya blog saya menggunakan WordPress, dan baru bisa pake Google analytics kalo beli paket yg business, yg harga bulanannya lumayan bikin kantong minus, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas!!!! hehehe saya bukan cowok mbak :))
      iya betul klu pake wp ga bs pasang GA

      Delete
  11. Penting bangeeet iniii
    Btw, blogholic apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogholic adalah workshop bulanan yang diadain oleh blogger perempuan network

      Delete
  12. Baca ini sambil buka GA, mantap sharenya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... biar bisa langsung praktek =))

      Delete
  13. Jadi makin paham cara baca GA. Makasih banyak, mba, udah di-tag juga di FB :D kalau ada infonya, boleh diajarkan juga cara bisa tau pageview per-posting ya, mba :)

    ReplyDelete
  14. Di-bookmark dulu. Harus dicermati nih

    ReplyDelete
  15. Waah, makasih mbak nunu.
    Langsung capcus ke akun GA nih^^

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners