4/30/2017
14


"Buku adalah jendela dunia" kalimat ini tentu sudah tidak asing di telinga kita bukan?
Yup memang benar sih, dengan membaca buku kita bisa lebih tahu apa yang ada di luar dunia kita. Misalnya nih kita baca buku fiksi bergenre fantasi seperti novelnya Harry Potter karya penulis tenar J.K. Rowling tentunya kalian pernah baca kan? Saking bagusnya alur cerita, karakter yang kuat, dan setting tempat yang seolah nyata kita seakan terbawa ke dunia sihir. Contoh lainnya adalah novel Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih karya penulis beken Habiburrahman El Shirazy, membacanya kita seakan berada di Mesir. 

Jadi dengan membaca buku kita bisa tahu banyak hal antara lain : budaya, adat istiadat, karakter dari berbagai daerah ataupun negara, tempat-tempat indah yang ada di dunia, bahasa dan istilah, ilmu, wawasan, nasihat, pesan moral, inspirasi, hikmah dari buku yang kita, dan masih banyak lagi keuntungan yang kita dapatkan dengan membaca buku.

Mengutip kata-kata mbak Prita HW di postingannya berjudul Aku dan Buku adalah Aku dan Pilihan Hidupku bahwa buku buat sebagian orang mungkin semacam pengganti kekasih, andai bisa. Keintiman seseorang dengan buku boleh jadi membawa pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan pribadi maupun hidup seseorang.

Saya sangat setuju dengan mbak Prita, buku yang kita baca sadar atau tidak mempengaruhi pribadi dan kehidupan kita. Ketika duduk di bangku kuliah saya membaca bukunya Dale Carnegie berjudul "Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain", buku ini keren banget dan sangat memotivasi, yang dulunya saya adalah pribadi introvert dan pemalu perlahan saya menjadi pribadi yang ramah, terbuka, dan senang bergaul. 



"Berpikir dan Berjiwa Besar" karya David J Schwartz adalah buku motivasi luar biasa dan diklaim merupakan buku terlaris di dunia ini banyak mempengaruhi pemikiran saya. "Anda adalah apa yang Anda pikirkan mengenai diri Anda" adalah salah satu kalimat pusaka yang ada di buku tersebut. Wajib dibaca bagi kamu yang saat ini merasa bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Langsung semangat pas baca buku ini. 

Pernah baca bukunya Robert T Kiyosaki berjudul "Rich Dad Poor Dad" dan "The Cashflow Quadrant" ini juga buku dahsyat yang layak di baca. Membuka pikiran saya tentang uang dan cara menghasilkan uang. Bahwa menjadi karyawan atau pegawai negeri sipil tidak akan membuat kita kaya (hahaha... terus kenapa bisa saya jadi PNS ya padahal saya pengen jadi pengusaha, itulah takdir). Setidaknya selain bekerja sebagai pegawai (baca : mengabdi kepada bangsa dan negara) saya juga memiliki penghasilan lain di luar penghasilan tetap. Bukannya saya tidak bersyukur dengan pekerjaan saya saat ini, tapi tentu kita semua punya impian yang ingin diwujudkan but it's imposibble without money (jujur saya saya matre hehehe... yang penting saya mendapatkan uang secara halal, tidak korupsi, dan tidak morotin cowok).

Keempat buku motivasi dan pengembangan diri diatas saya baca di bangku kuliah dan mempengaruhi pemikiran saya ketika saya mulai memasuki pintu gerbang menuju kedewasaan. Buku tersebut bukan milik saya, ga beli tapi minjem dari teman itupun juga punya kakaknya soalnya kakaknya member dari salah satu MLM yang ada di negeri ini. Hehhehe... yang suka MLM-an pasti tahu dong dengan buku-buku itu.



Biasa baca buku motivasi dari barat sana, ga seimbang rasanya kalau ga baca buku motivasi islami. Buku "7  Keajaiban Rezki" karya Ippho Santosa, salah satu dari sekian seri bukunya yang "Right" banget dan ga kalah kerennya dari keempat buku diatas. Saya pernah ikut seminarnya dan bikin saya lebih berpikir menggunakan otak kanan. Bukan cuma mengubah cara berpikir saya tapi juga amalan saya, terutama sedekah. 

Ketika sebuah buku mempengaruhi kehidupan, kita akan jadi tersadar pentingnya membaca. Buku yang baik adalah buku yang membuat pemikiran dan perilaku kita berubah menjadi lebih baik. Jadi pilihlah buku-buku yang bisa merangsang otak kita untuk berpikir positif, menggugah semangat, dan menginspirasi kita. 

Otak kita juga perlu makan loh, bukan perut saja yang diberi makan dan buku adalah santapan bagi otak kita. Rasanya lezat sekali setelah meng-khatam-kan satu buku. Apalagi buku itu nikmat banget dibacanya. rasanya pengen dilahap terus lembar demi lembar. Lima buku diatas adalah buku yang memiliki pengaruh besar dalam hidup saya. Kalau kamu?    

14 comments:

  1. Dulu aku suka baca-baca novel Mba', setelah nikah suka baca-baca buku parenting, sedikit banyak ngaruh si ke caraku ngedidik dan lainnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak julia.... apa yang kita baca memang bisa berpengaruh dalam hidup kita

      Delete
  2. Mbak Nuuuuu, bener banget, anak2 MLM an pasti ga asing dgn buku2 itu *termasuk aku hahaha. Tapi alhamdulillah emang byk ngefeknya mbak ya, ditambah buku Ippho, muantep! Samaan kita, pernah ikut seminarnya juga 2x aku, hihi. Maju terus ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes.. betul mbak!!! benar2 memotivasi :)

      Delete
  3. Suamiku punya kelima bukunya, Nu. Kalo saya membaca tapi tidak semuanya. Ada yang sebagian, ada yang beberapa halaman saja. Semoga ada yang termotivasi setelah membaca postingan ini ya Nu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihhh keren punya semua bukunya. Diantara 5 buku yang saya sebutkan diatas, cuma bukunya ippho yang ada di rak buku saya kak hihihihi

      Delete
  4. suka sama karyanya mas ippho, keren2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss... keren banget mbak buku2nya

      Delete
  5. Mbak Nunu, aku juga suka baca buku motivasi apalagi kalau lg down. Membantu banget. Spt minum obat, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak ignas... bikin move on ya :)

      Delete
  6. Aku buku terakhir itu punya tapi blm tuntas baca hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuntasin mbak, bagus bgt!!! dan praktekin

      Delete
  7. yg dale carnegie sama ippho aku punya. padhal aku ga mlm-an lhoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... tapi kan mbak inna punya bisnis :)

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners