5/09/2017
5


Kamu mau beli mobil? Baca dulu 5 taktik ini!

Saat kamu akan membeli mobil atau mempertimbangkan untuk membeli mobil, kamu tentunya akan mengunjungi berbagai dealer, showroom, dan tempat-tempat lain yang menjual kendaraan. Bahkan bisa juga mengunjungi tempat jual mobil murah kalau mobil yang diinginkan sudah tak diproduksi lagi atau ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Di saat seperti inilah, para sales mobil tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk membujukmu.

Para sales tersebut tentunya sangat berpengalaman dalam memainkan kata-kata dan membujuk para calon pembeli untuk pada akhirnya membeli mobil yang sudah mereka tentukan, sambil meyakinkan pembeli bahwa inilah mobil yang mereka perlukan. Sales tersebut memiliki tujuannya sendiri, bahwa mobil yang kamu beli tersebut akan meningkatkan kualitas hidup, baik dengan meyakinkanmu bahwa mobil tersebut membuat mobilitas semakin mudah, lebih menghemat uang, maupun keuntungan lainnya.

Karena kecerdasan dalam mengutarakan kata-kata inilah, banyak orang yang pada akhirnya termakan bujukan para sales tersebut. Mereka berhasil jual mobil dengan sukses, dan kamu mendapatkan mobil yang belum tentu diperlukan atau butuhkan. Makanya, sebelum membeli, kamu perlu riset dulu. Tak hanya soal mobil, tapi juga taktik yang biasa dipakai sales.

Beberapa taktik yang biasanya dipakai oleh sales tersebut misalnya adalah:

1. Memberikan pilihan terbatas

Para sales akan menyapa dengan memberikan pilihan seperti “apakah ingin membeli mobil sedan? Atau perlu mobil untuk keluarga?”, membuat kamu tak bisa mengelak. Tahu-tahu, kamu sudah melakukan tawar-menawar harga.

2. Menawarkan ekstra 
Mereka pun tak akan segan-segan menawarkan berbagai ekstra seperti garansi yang diperpanjang atau melakukan upgrade untuk model mobil. Ini berarti kamu harus membayar ekstra lagi.

3. Menekankan keunggulan

Para sales bisa menebak apa yang kamu inginkan dari mobil. Dengan begitu, mereka biasanya akan langsung fokus ke fitur yang kamu inginkan dan tidak memberitahu sisi negatifnya.

4. Mengulur waktu
Bisa saja para sales tersebut juga akan mengulur waktu saat bernegosiasi, dengan harapan kamu akan menyerah dan membiarkan sales tersebut menentukan pembayaran.

5. Menggunakan taktik “keburu habis”
Kamu mungkin masih belum mengambil keputusan membeli. Jika demikian, para sales akan membujuk dengan mengatakan bahwa mobil tersebut sudah dilirik orang lain, persediaannya terbatas, edisi khusus, dll.

Ketika kamu menemukan sales seperti ini, akan cukup sulit untuk bisa fokus dan mencari mobil yang sebenarnya kamu inginkan sepenuhnya. Namun kamu bisa melakukan ini:


  • Ingatlah bahwa kamu yang menentukan kapan akan test drive, pembayaran, dan percakapan lain. Jika ada informasi lain, mereka bisa memberi tahu via ponsel atau email.
  • Fokus pada apa yang kamu inginkan. Anggap proses membeli mobil ini sebagai misi, dengan tahap-tahap yang jelas. Jangan terpengaruh orang lain.
  • Ingatkan sales bahwa kamu masih memiliki banyak pilihan di dealer lain, sehingga kamu tak bisa “diancam” kehabisan mobil.
  • Kalau kamu memang belum memutuskan hari ini, maka katakan saja bahwa kamu masih harus melihat-lihat dealer lain.
  • Jangan biarkan sales memilihkan mobil, minta mereka memperlihatkan semua yang mereka jual.


Dengan cara tersebut, meskipun kamu berhadapan dengan sales yang sangat berpengalaman dalam jual mobil sekalipun, kamu biasanya akan mendapatkan apa yang kamu inginkan dan bukan keinginan sales. Jaga diri tetap tenang, rileks, dan santai. Ingat, kamu yang memegang keputusan akhir tentang mobil yang diinginkan dan bukan orang lain.

5 comments:

  1. kita harus lebih pintar daripada sales ya... hehe

    ReplyDelete
  2. Wah taktik jitunya oke banget ini. :) siapa tau nanti aku ada rezeki bisa beli mobil ini bisa jadi panduannya. Hahahaha

    ReplyDelete
  3. kalau saya sendiri, sepandai2 apapun itu sellernya pasi saya seraching dulu di nternet, estimonial sampe video nya di utube,

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk orang yang sering kalah sama sales. :'D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners