Yuk.. Mengenal dan Belajar Membuat CSS Style Sederhana

Bismillahirrahmanirrahim....

Kawan-kawan sang pemimpi....
Tutorial kali ini akan membahas tentang CSS Style.


Apa sih yang di maksud CSS Style???


CSS Style adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheet, yaitu suatu fasilitas yang disediakan oleh Macromedia Dreamweaver untuk mengumpulkan suatu blok perintah pemformatan yang sering dilakukan berulang-ulang sehingga dapat mempercepat proses kerja pendesainan web.Dalam artian pemadatan perintah.


Contoh sederhana untuk membuat CSS Style, misalnya kita ingin membuat objek test seperti di bawah ini :


Step 1
Buka dokumen baru dengan mode design view. Setelah itu klik menu Window, lalu pilih CSS Style atau bisa juga dengan menekan tombol Shift + F11, maka akan tampil panel seperti di bawah ini :


Step 2
Untuk membuat CSS Style baru klik tombol New CSS Style iconnya seperti ini


Step 3
Maka akan tampil kotak dialog, lalu lakukan pengaturan :


  • Name : untuk mengisi nama CSS Style, misalnya Latihan
  • Selector Type : Tipe-tipe selektor, misalnya untuk pilihan Class (Can apply to any tag) gunanya adalah agar CSS Style yang dibuat dapat diterapkan pada tag HTML
  • Define In : letak penerapan CSS Style, pilih saja This Document Only agar style tersebut hanya diterapkan pada halaman website yang sedang kita rancang
      Lalu klik OK

Step 4
Setelah itu akan tampil kotak dialog CSS Style Definition, seperti gambar dibawah ini :


Nah dalam kotak dialog tersebut kita bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan kita, seperti Font/Huruf, Size/Ukuran Huruf, Color/ Warna huruf, dsb. Jika sudah selesai klik OK.


Step 5
So.. untuk menerapkan CSS Style tersebut pada teks yang akan kita buat, caranya adalah ketik dulu teks tersebut misalnya Belajar CSS Style, Asyik !!! setelah itu block tulisan tersebut. lalu beralihlah ke bagian property inspector. Pada Bagian Style klik menu drop downnya, lalu pilih deh CSS Style yang tadi kita buat.




OK, kawan selamat mencoba ya :D

0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam