Serunya Live Streaming di Aplikasi IDN APP




Saya dulu punya teman kosan, usianya masih awal 20-an, seorang mahasiswi, dan dia juga seorang live streamer gaming. Dia pernah bercerita kepada kami tentang profesinya ini, ehmm... mungkin lebih tepatnya hobi yang menghasilkan cuan. Boleh dibilang dia juga seorang content creator, tapi live streamingnya bukan untuk orang-orang yang ada di Indonesia, tapi buat orang-orang luar negeri, terutama jepang. Dia mengisi suara anime menggunakan bahasa jepang ataupun inggris dan melakukan live gaming. Dari hobi live streaming-nya ini katanya penghasilannya sudah 2 digit. Wow!!!

Sebenarnya apa sih sebenarnya live streaming itu?

Kalau teman-teman lihat di sosial media saat ini lagi digandrungi dengan fitur live streaming. Dengan adanya live streaming ini, teman-teman bisa menjadi lebih dekat dengan para followers ataupun audiens.

Apa itu Live Streaming?


Live streaming merupakan sebuah konten video yang disiarkan langsung melalui internet dimana teman-teman tidak perlu melakukan editing. Tinggal nyalakan kamera dan mulai merekam. Live streaming bersifat interaktif sehingga audiens bisa meninggalkan komentar dan reaksi selama live berlangsung. Video live streaming ini akan langsung tersimpat dan bisa ditonton ulang.

Apa Manfaat dari Live Streaming?


Live streaming adalah salah satu jenis content marketing dan perlu dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan antara lain memberi infrmasi ke audiens. Dengan lice streaming kita bisa menjangkau lebih banyak audiens dan engagement yang lebih baik dengan follower. Berikut beberapa manfaat dari live streaming.
  • Untuk memberikan konten yang fresh: Live steaming ada konten yang tidak bisa diedit juga bersifat spontan dan fresh, hal ini memberi kesan batu bagi audiens. Apalagi jika ditambahkan dengan berbagai penawaran menarik.
  • Membangun brand personality dan engagement: Audiens senang melihat orang-orang nyata di balik ssebuah brand dan bisnis. Selain itu bisa meningkatkan interaksi dengan audiens jika ada Q&A secara langsung. Audiens akan senang jika pertanyaan mereka langsung bisa terjawab.
  • Membangun brand awarness audiens: Selain menarik perhatian followers, live streaming bisa menjangkau audiens baru.


Bagaimana Cara Membuat Live Streaming?


  • Lakukan persiapan matang: seperti atur jadwal, siapkan sesi tanya jawab, jangan batasi live streaming
  • Berikan konten eksklusif: misalnya Informasi dari ahli yang jarang dibahas orang-orang pada umumnya, diskon khusus untuk peserta live
  • Promosikan Live Streaming: jangan lupa untuk promosi jika akan ada live streaming
  • Pilih platform live streaming: seperti yang saya sebutkan diatas, platform untuk membuat live streaming banyak sekali. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan teman-teman
Ngomong-ngomong tentang platform live streaming saya ingin memberikan rekomendasi sebuah fitur baru dari IDN App yaitu IDN Live. Selain fitur berita populer dan terkini, IDN Live juga membuat fitur baru dimana para penggunanya bisa berinteraksi dan berkreativitas dengan live streaming. Sudah pernah pakai belum IDN App? kalau belum, buruan download di play store dan iOS.

Mengenal Lebih Dekat IDN App

IDN App merupakan salah satu aplikasi baca berita populer di Indonesia.  Beritanya tentu selalu update dan bermanfaat. So, yuk kita jelajahi IDN App. Apa saja ya fitur-fiturnya?



Di berandanya terdapat berbagai pilihan fitur gaes. Mau baca berita, buka saja menu beritanya dan akan tampil berbagai berita terkini, paling update, paling trending, dan paling banyak dicari orang.



Selain itu terdapat fitur explore juga, jika ingin mencari berita yang ingin kita baca. Ada juga fitur notifikasi dimana terdapat berbagi info-info terkait IDN App.



Setiap aplikasi pasti punya fitur profile. Bedanya di IDN App, selain bisa melihat dan mengedit data pribadi kita, di dalam fitur profile ini ada menu kreator, jika teman-teman ingin menjadi konten kreator di IDN App


Dan sekarang ini selain berita, IDN App punya fitur baru loh namanya IDN Live. Dimana kamu yang suka live streaming bisa loh melakukan aktifitas live di fitur ini. Di halaman utamanya akan tampil berbagai live yang sudah dilakukan oleh para pengguna IDN Live, tinggal klik saja live mana yang mau kamu tonton. Jika kamu ingin berkomentar, tersedia juga loh kolom komentar buat kamu eits.. jangan ngebully ya. 


Live yang ada di IDN Live bisa juga di share dong ke sosmed. Serta kalau penasaran dengan streamernya kita bisa lihat profilenya, kalau suka, boleh banget di ikuti.


IDN Live Streamer Fund 50 Miliar


Gaes, mau dapat cuan dari hasil live streaming? BISA BANGET

IDN Media punya program loh buat para streamer yang membuat konten live streaming di IDN Live namanya IDN Live Streamer Fund. Tidak tanggung-tanggung dana yang digelontorkan untuk mengapresiasi para streamer sebesar Rp. 50 Miliar. WoW

Jadi program ini diharapakan bisa terus mengembangkan konten live streaming di IDN Live, baik dari segi kreator maupun kreativitas konten yang dibuat, sekaligus ikut membangun kreator ekonomi indonesia.

Dana Rp. 50 miliar tersebut disiapkan bagi siapa saja dan akan didistribusikan kepada streamer terpilih berdasarkan kriteria tertentu. Selain itu ada benefit tambahan seperti media coverage, strategi promosi dan iklan berbayar di ekosistem IDN Media. Wadidaw tokcer banget ya IDN App.

Yuk, buruan download IDN App, jadi konten kreator di IDN Live, dan cuan akan menghampirimu. 

  

12 comments

  1. Dulu kalau cari berita selalu pengen yg terupdate. Sekarang sangat mudah tinggal cari yg lagi streaming saja ya. Dan saya lihat di IDN Live itu bahasan streaynya emang pada kekinian. Jadi dijamin kita gak tertinggal berita terbaru lagi di dong ya

    ReplyDelete
  2. Sepertinya live streaming IDN App ini seru. Aku jadi ingin lihat juga.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalau di IDN App sudah ada fitur Live Streaming yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk berbagai tujuan termasuk jualan online, apalagi sekarang aktivitas live streaming ini sangat disukai dan sedang tren di kalangan masyarakat, serta keberadaan fitur ini juga makin melengkapi IDN App sebagai media referensi berita dan juga lainnya.

    ReplyDelete
  4. Yang paling seru dari menonton live streaming memang dari segi komentar dari penontonnya ya..
    Aku juga beberapa kali menonton live streaming youtube channel konten kreator kesukaanku. Seru kalo pas komen dibacain dan dijawab.

    Bersama IDN Live, memberi semangat dan ruang terbaik untuk para konten kreator untuk terus berkarya dan mendapat penghasilan.

    ReplyDelete
  5. Yayy. Saya udah pakai aplikasi ini, Mbak Nunu. Paling suka nonton live streaming launching film, bahas skincare, gaming. Seru gituuuu.

    ReplyDelete
  6. Fasilitas Live Streaming memang sukses membuat orang lebih terkoneksi ya Mbak. Dengan interaksi dengan streamer langsung, para audience atau penonton pun akan merasa lebih terlibat. Kerenn IDN Live mempersiapkan funding hingga 50M untuk para streamer..

    ReplyDelete
  7. Bentuk apresiasi dari IDN untuk para streamer Indonesia gak main² ya, Mbak Nu. Uang 50 miliaaaaaar lo ya....siapa sih yang gak mau dengan uang sebanyak itu asal mau membayar harganya dengan mengikuti segala peraturan yang diberikan IDN untuk para streamer di IDN Live

    ReplyDelete
  8. Jadi streamer di IDN App ini emang seru. Temanya tidak dibatasi dan tentunya program streamer fund 50 milyarnya mancaaappp jiwa

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk pemakai IDN App dan penasaran dengan fitur IDN Live-nya. Ternyata seru juga, ya. Interaksi dengan para streamernya seperti interaksi kita saat video call. Enak, gitu. Apalagi ada program IDN Live Streamer Fund 50 Miliar itu. Keren. Pemicu para streamer untuk lebih kreatif, nih.

    ReplyDelete
  10. Sudah menjadi pilihan banyak generasi milenial dan z ini sepertinya, dengan menjadi streamer yang kreatif. Apalagi ada program IDN live streamer Fund 50 Miliar ini. Pasti akan semakin menambah semangat untuk terus berkarya menghasilkan konten positif yang menghasilkan cuan.



    ReplyDelete
  11. Keren banget temennya Mbak Nunu. Dengan konten livestreaming yang spesifik seperti itu nggak heran kalau penghasilannya sampai dua digit.

    ReplyDelete
  12. Wah Keren sekali ya mbak Saya jadi tertarik Untuk download Dan ikutan live streaming nih. Idn top banget deh

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam