Inilah Deretan Perusahaan Terbesar Di Indonesia Dilihat Dari Kapitalisasi Pasar


Tahukah anda bahwa ternyata di Indonesia terdapat perusahaan-perusahaan besar yang memiliki asset dan keuntungan yang fantastis. Rata – rata perusahaan yang masuk kedalam perusahaan terbesar tersebut diduduki oleh perusahaan yang bergerak di sektor finansial. Tapi ternyata selain perusahaan dari sektor tersebut ada juga perusahaan dengan status BUMN yang menduduki posisi tersebut.

Alasan mengapa suatu perusahaan bisa dikategorikan sebagai perusahaan terbesar karena dilihat dari nilai kapitalisasi pasarnya. Nilai kapitalisasi pasar sendiri merupakan harga keseluruhan dari saham yang dimiliki oleh perusahaan. Atau singkatnya nilai kapitalisasi pasar adalah harga yang harus dikeluarkan jika seseorang atau badan usaha ingin membeli perusahaan tersebut.

Nilai kapitaslisasi perusahaan tersebut menggambarkan seberapa besar perusahaan tersebut. Jadi jika nilai kapitalisasinya tinggi maka perusahaan tersebut juga memberi dampak ekonomi yang semakin tinggi di negara tersebut. Selain itu nilai kapitalisasi juga bisa menggambarkan seberapa besar dan banyaknya investor yang memberikan modal di perusahaan tersebut.

Jadi bisa dibayangkan bagaimana besarnya skala usaha yang dijalankan jika bisa mencapai kategori perusahaan besar seperti itu. Di Indonesia sendiri cukup banyak perusahaan besar yang tersebar di beberapa daerah. Namun kira – kira manakah ydiantaranya banyaknya perusahaan yang mendapatkan posisi perusahaan terbesar di Indosia tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut.

1.      Bank Central Asia (BCA)

Perusahaan yang berhasil meraih posisi perusahaan terbesar di Indonesia adalah Bank BCA. Perusahaan yang berada dibawah naungan Djarum Group ini sudah berdiri sejak tahun 1955 dengan naman awal NV Perseroan dagang dan Industrie Semarang Knitting Factory. Namun sejak tahun 1957 nama tersebut berganti menjadi Bank Central Asia.

Sejak awal Bank BCA ini merupakan badan usaha yang bergerak di bidang finansial. Persentase kepemilikan saham yaitu sebesar 59, 94% dipegang oleh PT. Dwimuria Investama Andalan dan sisanya 45,06% dipegang oleh masyarakat yang memiliki saham.

2.      Bank Rakyat Indonesia

Perusahaan terbesar di Indonesia yang menempati posisi kedua ialah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank BRI ini memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai 699,20 triliun sehingga membuat bank BRI bisa menduduki posisi kedua. Ban BRI sendiri merupakan badan usaha yang dipegang oleh pihak pemerintah.

Untuk kepemilikan saham di ban BRI ini sendiri terbagi menjadi 56,75% milih pemerintah dan 43,25% milik rakyat.

3.      Telkom Indonesia

Perusahaan terbesar di Indonesia yang menempati posisi ketiga ialag PT. Telkom Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa komunikasi. Dilihat dari nilai kapitaslisasi pasarnya Telkom Indonesia memiliki nilai sebesar 453, 7 triliun. Sedangkan untuk kepemilikan saham terbagi menjadi 52,09% dipegang oleh pemerintah dan 47,91% dipegang oleh rakyat.

4.      Bank Mandiri

Perusahaan terbesar di Indonesia yang menempati posisi keempat ialah PT. Bank Mandiri Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang finansial dan termasuk kedalam perusahaan BUMN. Perusahaan ini memiliki nilai kapitalisasi sebesar 364,98 triliun, sedangkan untuk kepemilikan sahamnya terbagi menjadi 60% miliki negara, 7,01% milik mayrakat lokal dan 32,99% miliki masyarakat asing.

5.      Astra Internasional

Perusahaan terbesar di Indonesia yang menempati posisi kelima ialah Pt. Astra Internasional Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, jasa keuangan, pertambangan, alat berat,kontruksi, dan masih ada beberapa bidang usaha lainnya. Nilai kapitalisasi pasar dari Astra Internasional ini sebesar 266,71 triliun dengan pembagian saham 50,11% milik perusahaan dan 49,89% milik masyarakat.

0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam