FORTUNE Indonesia Summit 2022, Awardee 40 Under 40 yang Menginspirasi




Katanya usia 30-an adalah fase kematangan bagi seseorang baik dalam hal karier, keuangan, maupun kehidupan pribadi. Menurut penelitian, usia 35 merupakan usia terbaik. Secara ilmiah usia 30-an merupakan puncak karier bagi kebanyakan orang. Kemandirian finansial, terobosan karya, dan berbagai pencapaian karir akan dirasakan pada rentang usia 30-39 tahun.

Usia saya juga saat ini sudah 30-an, banyak perubahan yang signifikan saya rasakan di rentang usia tersebut. Tapi kali ini saya tidak mau membahas tentang diri saya, suatu saat akan saya bahas di postingan yang berbeda.

Ngomong-ngomong tentang puncak kesuksesan karier seseorang di usia 30-an, tentunya teman-teman sudah mengenal para public figur yang masih berusia muda dan meraih prestasi serta kesuksesan yang diatas rata-rata seperti Raffi Ahmad, siapa yang tidak tahu dengan artis multi talent ini yang memiliki gurita bisnis yang luar biasa. Ada juga Achmad Zaky, beliau adalah Co-Founder dari Bukalapak. Ada pak Menteri Nadiem Marakarim, yang kita kenal sebagai founder Gojek. Dan tahukah kalian, mereka masuk sebagai awardee FORTUNE 40 Under 40 dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Apa Itu FORTUNE Summit 2022?


FORTUNE Summit 2022 adalah event perdana yang diselenggarakan oleh FORTUNE Indonesia yang akan menjadi platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. Event ini diselenggarakan dari tanggal 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 di The Westin, Jakarta.

Tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia diangkat dalam event ini yaitu impact, sustainability, dan growth. Terdapat belasan sesi talkshow yang diisi oleh puluhan pembicara inspiratif  dengan beragam topik yang diangkat, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability

Selain talkshow, juga diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Bagi yang ingin ikutan FORTUNE Indonesia Summit 2022, untuk mendapatkan tiketnya cukup dengan berlangganan majalah FORTUNE Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia. Untuk info lebih lanut terkait FORTUNE Indonesia Summit 2022, silakan tengok Instagram resmi FORTUNE Indonesia atau bisa hubungi via email hello@fortuneidn.com 

Fortune Indonesia Summit 2022 (sumber gambar: liputan6.com)



Apa Itu FORTUNE Indonesia 40 Under 40?

Fortune Indonesia 40 Under 40 adalah daftar 40 tokoh Indonesia berusia di bawah 40 yang mampu menjadi agen perubahan. Para awardee-nya berasal dari berbagai latar belakang seperti pebisnis, eksekutif, seniman, olahragawan, penggerak sosial, hingga dari pemerintahan. Mereka semua adalah tokoh yang membuka jalan baru bagi Indonesia.

Bagaimana Proses Seleksi FORTUNE 40 Under 40?


Untuk menjadi awardee 40 Under 40 bukan hal yang mudah. FORTUNE Indonesia melakukan penyaringan yang cermat dan ketat loh. Terdapat 200-an kandidat kuat kemudian dikerucutkan menjadi 40 nama. Beberapa acuan yang digunakan antara lain:
  • belum genap berusia 40 tahun per 1 Februari 2022
  • mampu melakukan terobosan
  • memberi manfaat bagi sesama
  • dan menginspirasi setidaknya dua tahun terakhir 
Sebagian diantara awardee 40 Under 40 adalah mereka yang selama masa pandemi ini mampu memberikan perubahan dan membuka peluang-peluang baru di masyarakat.

Siapa Awardee Fortune Indonesia 40 Under 40?

FORTUNE Indonesia 40 Under 40 dibagi kedalam beberapa kategori yaitu: Business, Entertainment, Goverment & Public Policy, Social, dan Sports. Siapa-siapa saja mereka?

Kategori Business
  1. Achmad Zaky (35), Co-founder Bukalapak, Founder Init-6, dan Achmad Zaky Foundation
  2. Anderson Sumarli (27), CEO dan Co-founder Ajaib
  3. Anderson Tanoto (33),  Managing Director RGE Pte Ltd
  4. John Riady (36), CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group
  5. Erastus Radjimin (35), Founder dan CEO Artotel Group
  6. Ernest Saudjana (38), Managing Director & Partner Boston Consulting Group
  7. Muhammad Fajrin Rasyid (35), Direktur Digital Business Telkom Indonesia
  8. Farell Grandisuri Sutantio (35), Presiden Direktur & Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory)
  9. Ferry Unardi (34), CEO & Co-founder Traveloka
  10. Gibran Huzaifah (32), CEO Efishery
  11. Oscar Darmawan (36), CEO Indodax
  12. John Marco Rasjid (36) & Christopher Madiam (39), Co-Founder Sociolla
  13. Michael Widjaja (39), Group CEO Sinar Mas Land
  14. Handhika Wiguna Jahja (33), Executive Director Shopee
  15. Jonathan Tahir (34), Group CEO Mayapada Healthcare
  16. Michael William P. Soeryadjaya (36), Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk
  17. Kevin Aluwi (35), CEO Gojek
  18. Maya Watono (39), Direktur Pemasaran Injourney
  19. Melissa Siska Juminto (34), COO Tokopedia
  20. Michael Soerijadji (37), Co-founder & Managing Partner AC Ventures
  21. Belinda Tanoko (39), Direktur Utama Tanrise Property
  22. Adamas Belva Syah Devara (31) CEO Ruangguru dan Iman Usman (30), COO Ruangguru
  23. Dyota Marsudi (32), CEO Bank Aladin Syariah
  24. Edward Tirtanata (33), Co-founder & CEO Kopi Kenangan dan James Prananto (33), Co-founder & Chief Business Officer Kopi Kenangan
  25. Roderick Purwana(39), Managing Partner East Ventures
  26. Sharlini Eriza Putri (34), Co-founder dan CEO Nusantics
Kategori Entertainment
  1. Angga Dwimas Sasongko (37), Sutradara, Produser, CEO Visinema
  2. Arief Muhammad (31), Kreator Konten
  3. Nicole Zefanya (23), Pemusik
  4. Rich Brian (22), Pemusik
  5. Raffi Ahmad (35), Selebritis & Pengusaha
  6. Reza Rahadian Matulessy(34), Aktor
Kategori Goverment
  1. Angela Tanoesoedibjo (34), Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  2. Emil Dardak (37), Wakil Gubernur Jawa Timur
  3. Gibran Rakabuming Raka (34), Wali Kota Solo
  4. Nadiem Anwar Makarim (37), Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  5. Putri Indahsari Tanjung (25), Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO)
Kategori Social
  1. M. Alfatih Timur (29), CEO dan Founder Kitabisa.com
Kategori Sports
  1. Greysia Polii (34) dan Apriyani Rahayu (23), Atlet Bulu Tangkis 
  2. Eko Yuli Irawan (32), Atlet Angkat Besi


Mereka yang Menginspirasi

Baca list FORTUNE Indonesia 40 Under 40 diatas jadi takjub ya. Dalam hati nih teriak, WAH.... KEREN... mereka mencapai posisi saat ini, tentu bukan hal yang mudah. Saya kepikiran gimana ya kerja keras dan kerja cerdas mereka sehingga bisa sukses di usia muda? 40 awardee tersebut tentunya menginspirasi. Yuk, biar makin terinspirasi, saya akan ulas sedikit beberapa tokoh yang menjadi awardee 40 Under 40.


Adamas Belva Devara dan Iman Usman

Mereka adalah founder dari Ruangguru yang berdiri sejak tahun 2014. Tak tanggung-tanggung background pendidikan kedua founder ini, bikin berdecak kagum. Belva menempuh pendidikan sarjana di Nanyang Technological University, kemudian melanjutkan pendidikan master melalui program ganda di Universitas Harvard sekaligus Stanford. Sedangkan Iman, kuliah S1 di Universitas Indonesia, setelah itu melanjutkan studi ke Columbia University, New York.

Sebelum menjadi Startup seperti kita kenal selama ini, awalnya Ruangguru adalah sebuah situs untuk memudahkan siswa belajar. Penggunanya pun bertambah dan ide mereka menarik Investor. Ide Ruangguru adalah menjembatani ketidaksetaraan akses teknologi antara pelajar di Indonesia.

Selama masa pandemi, Ruangguru semakin diminati. Melalui layanan berbayarnya Ruangguru membukukan pendapatan senilai US$63 juta atau setara Rp. 903 miliar pada 2020, naik empat kali lipat dalam setahun, dengan valuasi US$800 juta atau setara Rp. 11,4 triliun. Wow bakalan jadi salah satu unicorn baru di Indonesia ya.

Dan bikin bangganya lagi, Ruangguru memperluas bisnisnya ke negara tetangga. Pada Oktober 2019, Ruangguru mengakuisisi 99 persen saham Lop Hoc Nho Education di Vietnam. Kemudian di tahun 2020, Ruangguru mendirikan anak usaha di Thaland yang bernama Education Technology Holding Limited.

Sumber foto: forbes.com




Emil Elestianto Dardak

Wakil Gubernur Jawa Timur ini memiliki latar belakang pendidikan dan prestasi yang wow banget. Saat usia 17 tahun sudah meraih gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology, kemudian melanjutkan sarja di New South Wales University Australia. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan S2 dan S3 ke jepang di Ritsumeikan Asia Pacific University. Emil merupakan mahasiswa termuda yang mendapat gelar Doktor Ekonomi Pembangunan pada usia 22 tahun. Wow... Daebak!

Singkat cerita, Emil terjun ke dunia politik dan mencalonka diri sebagai bupati Trenggalek. Belum selesai masa jabatannya sebagai bupati, kemudia dia diusulkan untuk maju mendampingi mantan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai calon wakil gubernur.

Emil berkomitmen untuk menjadikan Jawa Timur sebagai daerah pusat pengembangan ekonomi syariah. Salah satu programnya adalah One Pesantren One Product (OPOP).

Sumber foto: viva.co.id




M. Alfatih Timur

Kitabisa awalnya adalah sebuah gerakan sosial. Didirikan oleh Muhammad Alfatih Timur (Timmy) yang saat itu masih menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  Universitas.  Indonesia rajin menghimpun donasi untuk menolong sesama.

Pada 2013, atas bimbingan Prof. Rhenald Kasali, Kitabis didorong menjadi platform online yang dapat memfasilitasi penggalangan dana (crowdfunding). Saat ini Kitabisa telah memfasilitasi lebih dari 1,5 juta donasi masyarakat secara online dan menjadi salah satu platform crowdfundng terpercaya di Indonesia.

Sumber foto: buletinindo.com.au



-----

Kalau baca profil para awardee FORTUNE 40 Under 40 selain menginspirasi banget tapi juga bikin nambah semangat ya untuk ikut berbuat bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sambil berdoa dalam hati, saya ingin seperti mereka. Aamiin

24 comments

  1. Keren ya, banyak inspirasi dari mereka yang sukses sebelum usia 40 tahun di Fortune Indonesia Summit 2022 ini.

    ReplyDelete
  2. 40 orang itu memang keren keren prestasi dan pencapaiannya. Namun buat di luar itu pastinya jangan kecil hati ya. Setiap manusia punya kelebihan masing-masing. Jadi jangan iri apalagi merasa kecewa dengan pilihan Tuhan
    Hehehe

    ReplyDelete
  3. Eh baru ngeh kalau Reza lebih muda setahun dari Raffi, mungkin karena Raffi ini udah lama familier, dari dia remaja, jadinya kayak menolak tua gitu :D

    Btw, keren banget sih Fortune Indonesia Summit 2022, jadi kenal begitu banyak sosok-sosok inspiratif yang memotivasi :)

    ReplyDelete
  4. Aku jadi inget yang pernah trending di twitter, kak Nunu.. seseorang yang spil bahwa di usia 30 tahun sudah punya 1M.
    Lalu kalau yang belum, dia mengatakan "Ngapain aja selama ini?"

    Rasanya menohok sekali yaa..
    Tapi memang kesuksesan di bawah usia 40 tahun adalah hal yang bisa diamati, ditiru dan dimodifikasi melalui acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

    Semoga semakin banyak pengusaha muda yang bermunculan dan sukses di bidangnya.

    ReplyDelete
  5. Keren banget ya baca profil orang-orang muda yang sudah sukses ini. Membuat semangat kembali bangkit. Nggak terlambat juga kan kalau baru mulai di usia 30 buat sukses

    ReplyDelete
  6. SOsok yg sungguh inspiring!
    Benar2 belajar banyak dari profil mereka, ya.
    Anak2 muda juga bisa nih lebih aktif, kreatif dan produktif

    ReplyDelete
  7. Wah iya, di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini ada juga kategori 40 under 40
    Ini sangat menginspirasi ya mbak

    ReplyDelete
  8. Banyak yg masuk daftar 40under40 ya untuk para start up.. Dan kerennya lagi, banyak juga nih para perempuan yg masuk juga dalam daftar ini.. Kita jangan mau kalah loh ya.. Semoga bisa mencapai kesuksesan kita masing"..Aamiin..

    ReplyDelete
  9. Memang ya. Usia 40 itu angka emas banget. Melihat banyak orang sukses before atau pas di usia 40, aku juga ingin. Setidaknya sesuai ukuran yang aku bisa.

    ReplyDelete
  10. Wah keren2 ya anak muda sekarang. Berhubung saya sudah expired, tugasnya sekarang berubah bagaimana mendidik anak2 supaya menjadi sukses seperti mereka ini.

    ReplyDelete
  11. Wah menginspirasi banget. Ternyata ada Reza Rahadian di bagian entertainment. Perlu nih acara seperti ini agar memotivasi kita

    ReplyDelete
  12. Saya cari tahu soal acara ini karena ingin mengetahui siapa saja anak-anak muda yang berprestasi di bawah usia 40 tahun. Ternyata ada nama-nama yang tak asing buat saya. Salut dengan mereka yang sudah berusaha membuat bangsa Indonesia ini menjadi lebih positif di dunia internasional

    ReplyDelete
  13. Acaranya keren dan menginspirasi para pemuda untuk berbuat yang terbaik untuk masa depan

    ReplyDelete
  14. Salut dengan para awardee 40 under 40 Fortune Indonesia ini. Sejak muda pun langkah mereka sudah tertata rapi ya Mbak. Sehingga di masa dewasa sudah menghasilkan gebrakan dengan nilai manfaat yang luas. Semoga semakin banyak generasi muda seperti ini ke depannya.

    ReplyDelete
  15. Saya pernah nyimak wawancara founder ruang guru, di podcastnya Gita Wiryawan. Mereka memang anak-anak muda visioner yang mempunyai terobosan-terobosan keren.

    ReplyDelete
  16. Luar biasa ada suatu event yang mempertemukan orang muda berbakat seperti ini, dari segala bidang lagi. Mereka jadi semacam networking yaaa. Kita pun jadi bangga lihat mereka.

    ReplyDelete
  17. Keren memang nominasi 40 under 40. Semoga bisa jadi bagian dari nominasi 40 under 40 ke depannya hihi

    ReplyDelete
  18. Wah sangat menginspirasi sekali ke 40 tokoh ini yang muda, berprestasi, dan bisa menjadi agen perubahan

    ReplyDelete
  19. Orang-orang tangguh dan tekun nih jadi bisa sukses under 40 dan jadi inspirasi untuk banyak orang.
    Fortune mengadakan award sssion bagus juga biar pada semangat ya. Banayk juga yang familiar orang-orangnya

    ReplyDelete
  20. banyak banget ya kategori awardnya, tapi memang keren-keren nih Awardee nya, hampir semua udah sering wara wiri di media sih ya karena prestasi dan hasil kerja yang diraih..
    Summit 2023 mendatang lebih keren lagi kali ya, semua bisa berlomba-lomba nih :)

    ReplyDelete
  21. Banyak orang2 keren ngumpul di fortune summit ya, Mba Nunu, saya kagum, semiga bisa mengikuti jejak orang2 hebat ini.

    ReplyDelete
  22. 40 under 40 nya Fortune Indonesia 2022 ini memang sangat inspiratif ya mba... anak-anak muda yang sangat insightful. Bisa jadi pemicu semangat buat siapa aja yang emang mau belajar mengambil manfaat.

    ReplyDelete
  23. kebayang ya keserunnya mbak, andai kata bisa langsung nonton seru banget ini. duhhh...jadi mupeng.

    ReplyDelete
  24. mereka yang mendapat penghargaan 40 under 40 memang layak memperolehnya ya kak, inspiratif sekali dengan banyaknya prestasi yang dicapai. Semoga event seperti ini rutin diadakan sehingga menginspirasi banyak pihak

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam