6/24/2016
16

Berbagi 7 menu sahur praktis untuk anak kosan. Lezat, sehat, bergizi, dan gampang buatnya


Yang anak kosan, ngacung!!!!

Hehehe... senasib dong dengan saya ^^
Jadi anak kosan itu ada enaknya, ada ga enaknya juga. Enaknya kita jauh lebih dewasa dan belajar mandiri, ga enaknya kadang dirundung rasa kesepian. Ya iyalah, jauh dari kampung halaman, jauh dari orang tua, saudara, keluarga besar, dan teman-teman. Apalagi terasa banget ya pas bulan puasa gini, sahur dan buka sendiri. 




Kalau di rumah mah enak ya, ada ibu yang senantiasa memasak yang enak-enak. Sahur tinggal di bangunin, makanan sudah siap tersaji di atas meja, begitupun dengan buka puasa. Sekarang jauh dari orang tua dan harus mengandalkan diri sendiri. Tidak mudah memang, tapi tetap harus dijalani kan! SEMANGAT!!!

Sahur itu sulitnya dimana? Pertama, bangunnya yang godaannya berat banget meskipun pake alarm berkali-kali. Kedua, adalah memasak menu sahur itu sendiri. Kalau ada warung nasi di dekat kosan yang buka saat sahur sih Alhamdulillah, nah bagaimana kalau warungnya jauh ataukah pas sahur hujan deras, kan ga bisa kemana-mana cuy. 

So... karena kita sesama anak kosan, saya mau berbagi menu sahur praktis nih. No... no... no... jangan atau kurangi makan mie instan. Saya mau share nih beberapa menu lezat, sehat, bergizi, dan tentu saja buatnya gampang. Check it out!!!


Baca juga : 


1. Sup Telur


Bahan  :
  • 2 butir telur
  •  1 batang  Daun bawang, potong 1 cm menyerong
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tomat, iris
  •   3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  •   Garam secukupnya (sesuai selera)
  •   Penyedap rasa secukupnya (sesuai selera)
  •  1/2  gelas air putih
Sumber gambar : Google

Cara pembuatan :

  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang
  • Setelah minyak panas masukkan bawang merah dan bawang putih.
  • Tumis hingga harum
  • Masukkan air, garam dan penyedap rasa
  •  Setelah kuahnya sudah agak mendidih masukkan telur
  • Aduk-aduk hingga menggumpal
  • Masukkan irisan daun bawang dan tomat
  • Setelah mendidih matikan kompor
  • Sup telur siap disajikan

2. Orak Arik Telur Campur Bakso


Bahan :
·         2 butir telur ayam, kocok lepas
·         6 buah bakso sapi, iris sesuai selera
·         2 buah cabe rawit atau bisa lebih tergantung level kepedasan yang anda inginkan, iris serong
·         2 siung bawang merah, iris tipis
·         1 siung bawang putih, iris tipis
·         1 batang daun bawang, iris serong
·         1 buah tomat, iris sesuai selera
·         Garam secukupnya (secukupnya)*
·         Merica bubuk (secukupnya)

Cara Pembuatan :
·         Campur garam dan merica bubuk kedalam telur, kocok hingga rata, sisihkan
·         Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay hingga harum
·         Masukkan cabe rawit, tomat, dan daun bawang. Aduk sebentar
·         Tambahkan irisan bakso, aduk rata.
·         Tuangkan telur  yang sudah dikocok sedikit demi sedikit sambil diaduk agar menjadi orak-arik
·         Aduk-aduk orak-arik hingga telur matang, angkat. Siap disajikan dengan nasi hangat

3. Cah Sawi Bakso

1
Bahan :
·         1 ikat sawi hijau, dipotong-potong
·         1 batang daun bawang, potong memanjang
·         1 siung bawang putih, dimemarkan
·         ½ siung bawang bombay, iris tipis
·         6 buah bakso daging sapi
·         ½ sendok teh garam
·         ¼ sendok teh gula
·         ¼ sendok teh merica
·         2 sendok makan minyak untuk menumis
·         200 ml air

Sumber gambar : Google

Cara pembuatan :
·         Panaskan minyak goreng untuk menumis, masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum
·         Masukkan bakso, aduk rata.  Masukkan sawi hijau dan daun bawang, aduk setengah layu.
·         Masukkan garam, gula, dan merica aduk rata. Tambahkan air. Tunggu hingga mendidih. Siap sajikan

4. Tumis Terong Pedas


Bahan :
·         2 butir terong ungu, potong 6 bagian
·         3 siung bawang merah, iris tipis
·         2 siung bawang putih, iris tipis
·         1 batang daun bawang, iris serong
·         4 sendok makan saos sambal (sambal botolan)
·         ¼ sendok teh garam
·         1 sendok teh kecap pedas manis gurih
·         2 sendok makan minyak untuk menumis
·         100 ml air

Cara Pembuatan :
·         Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bawang merah, bawang putih. Tumis hingga wangi
·         Masukkan saos sambal aduk hingga rata
·         Masukkan terong dan daun bawang
·         Tambahkan air, garam, dan kecap. Aduk rata.


 5. Tumis Tahu Kacang Panjang



Bahan :
·         1 ikat kacang panjang, iris panjang sebesar korek api
·         5 buah tahu potong dadu
·         1 batang Daun bawang
·         4 siung bawang merah, iris tipis
·         2 siung bawang putih, iris tipis
·         ¼ siung bawang bombay, iris tipis
·         ½ sendok teh garam
·         ¼ sendok teh merica
·         ½ sendok kecap pedas manis gurih
·         1 sendok makan minyak goreng
·         100 ml air

Cara pembuatan :
·         Panaskan minyak untuk menumis. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum.
·         Masukkan kacang panjang dan tahu, aduk rata hingga kacang panjang agak layu
·         Tambahkan garam, merica, dan kecap, aduk rata
·         Masukkan air dan daun bawang. Masak hingga mendidih


6. Telur Dadar Kornet


Bahan :
·         2 butir telur
·         2 batang daun bawang iris tipis
·         2 siung bawang merah, iris tipis
·         1 siung bawang putih, iris tipis
·         2 snedok makan kornet
·         ½ sendok teh garam
·         ¼ sendok teh gula
·         1 buah tomat, iris tipis

Cara pembuatan :
·         Kocok telur bersama daun bawang, bawang merah, bawang putih, kornet, garam, dan gula
·         Panaskan minyak, tuangkan telur dadar kedalam wajan. Goreng hingga matang pinggirannya, baluk telur dadar. Goreng hingga sisi yang satunya juga matang
·         Sajikan 


7. Telur Mata Sapi Balado


Bahan :
·         2 buah telur
·         3 siung bawang merah
·         2 siung bawang putih
·         4 sendok makan saus sambal botolan
·         1 sendok makan kecap pedas manis gurih
·         Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara pembuatan :
·         Panaskan 3 sendok makan minyak, goreng telur menjadi telur mata sapi, sisihkan
·         Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
·         Tambahkan saos sambal dan kecap, aduk rata
·         Masukkan telur mata sapi, aduk hingga rata
·         Siap disajikan

Gimana gampang kan masaknya? bahan-bahannya pun mudah didapatkan.
Nah... kalau sahurnya sudah dekat imsak gimana? kan ga sempat masak jadinya.
Menu paling praktis yang pasti bikin kenyang dan bergizi adalah "Oatmeal". Sediakan selalu oat sebagai bahan makanan cadangan dan susu sachet. Campurkan 4 sendok oat dan segelas susu coklat panas campur deh jadi satu ^^

Menu paling praktis lainnya adalah sandwich. Cukup dengan 2 lembar roti, keju slice, tomat, telur mata sapi, dan saus sambal. Langsung happpp... yummy...

So... very... very... very easy bukan!!!

Dan jangan lupa, yang paling penting dari sahur adalah niatnya dan banyak-banyak minum air putih ya guys...

Selamat mencoba 7 Menu Sahur Praktis Untuk Anak Kosan dan selamat menjalankan ibadah puasa ^^



~ Semoga Bermanfaat ~

16 comments:

  1. Ahhh pas banget ini menunyaaa makasih mbak

    ReplyDelete
  2. Menu di atas bahkan masih jadi favorit saya, soalnya gampang euy. Padahal saya ga ngekos :D

    Pokoknya menu itu juara banget

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan telur ya xixixi.. Aku baru tau sup telur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... iya mbak. Soalnya telur yg paling praktis

      Delete
  4. x-) bermanfaat juga buat yang kerja ngerantau, jauh dari istri dan anak..hehe

    ReplyDelete
  5. keinget saat kos dulu, beli nasi bungkus saat buka puasa dua bungkus. Satu buat buka, satu buat sahur esok hari hehe. Kagak pernah masak sendiri :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... lbh praktis lgsg bli ya mbak

      Delete
  6. huahahaaaaaaaaaa kos kosan gue banget dulu nih

    ReplyDelete
  7. Menu sederhana dan super lengkap pasti enak banget ini buat dicoba meskipun aku bukan anak kosan. :D

    ReplyDelete
  8. Wahh boleh tuh Sup Telur dan Sawi Baksonya. Praktis banget lagi ya, Nu.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners