Smartphone yang Benar-Benar Smart


Credit By : CNET

Assalamu alaikum mentemen....

Kali ini saya mau nulis postingan Challenge Februari dari Komunis Blogger Makassar atau biasa disebut juga Komunitas Blogger Anging Mammiri. Temanya bulan ini adalah "Review Handphone Masing-Masing".

Jadi ya jadinya jadinya ya... hehehe saya akan mereview handphone yang saya pakai saat ini... Yeaayyy...

Samsung Galaxy Note 9, handphone keren ini mulai saya gunakan sejak Oktober 2019 lalu. Yup.. baru beberapa bulan sih. Handphone ini awalnya punya bapak lalu berpindah tangan ke saya. Bekas sih tapi masih mulus banget, baru setahun dipakai :)

Diingat-ingat, saya seperti belum pernah deh mereview handphone. Jadi bingung mulai dari mana ya?

Terus terang ini adalah handphone paling keren yang pernah saya gunakan. Samsung Galaxy Note 9 ini dikenal dengan julukan The New Super Power Note. Why? karena smartphone yang rilis pada Agustus 2018 ini memiliki banyak fitur keren dibanding generasi Note sebelumnya. Apa saja tuh? Yuk intip spek-nya :

Platform
Operating System : Android 8.1 Oreo
Prosessor : Exynos 9810
Kecepatan : Octa-core (Quad-Core 2.9 GHz + Quad-Core 1.9 GHz)
GPU : Mali-G72 MP18

Memori
RAM : 6 GB
Memori Internal : 128 GB
Memori External : microSD, up to 512 GB

Kamera
Depan : 8 MP, F1.7, 25 mm, AutoFocus
Belakang : 12 MP, F1.5-F2.4, 26mm, DualPixel PDAF, OIS
12 MP, F2.4, 52mm, OIS, 2x Optical Zoom
Video : 2160p@60fps, 1080p@240fps, 720p@960fps, HDR, dual-video rec.
Fitur : Dual Video Call - Auto-HDR

Layar 
Tipe : Super AMOLED
Luas : 6.4 inci (83.4% Screen to Body Ratio)
Resolusi : 960 x 1440 piksel, 18.5:9 ratio

Bodi
Dimensi : 161.9 x 76.4 x 8.8 mm
Berat : 201 g
Baterai :  Li-Ion 4000 mAh non-removable
Warna : Black

Konektivitas
SIM : Hybrid Dual SIM
Jaringan : GSM/HSPA/LTE
WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth : 5.0, A2DP
GPS : A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFC : Yes
Port : Jack Audio 3.5mm
USB : 3.1, Type-C 1.0 reversible connector

Lainnya
Sensor : Iris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Teknologi : Fast battery charging (Quick Charge 2.0), Qi/PMA wireless charging, Bixby natural language commands and dictation, S Pen with Bluetooth

Okey... setelah baca spek agak bingung ya. Ehm... mending saya review berdasarkan pengalaman saya selama pakai Note 9

Performa

Seperti yang disebutkan diatas Note 9 memakai processor Exynos 9810 dengan kecepatan hingga 2.9 GHz. Katanya dibanding generasi Note sebelumnya, processor ini punya performa 53% lebih kencang. Iya sih selama saya pakai lebih kencang dibanding hape saya yang dulu Samsung A2. Hehehe kerasa banget bedanya :D
Dari segi grafis juga 23% lebih baik bagi yang suka main games hape ini cucok banget deh karena processornya kencang + RAMnya juga gede. Terdapat juga fitur Smart Perfomance Adjuster yang bisa mengoptimalkan settingan agar gaming berjalan mulus tanpa kendala. Terus terang saya sih jarang main games. Paling games standar kayak 2048, Roll the Ball, Brain Training, TTS Pintar (hehee cuma itu saja games yang ada di HP). Kalau games kekinian saya ga download, kurang tertarik :D
Oh ya fitur lainnya adalah terdapat pendingin Water Carbon Cooling System didalamnya yang berfungsi untuk mengurangi panas. Memang benar sih, handphone ini jarang banget panas. Kalaupun panas, panasnya ga lama.

Kapasitas Memori Internal

Galaxy Note 9 yang saya pakai saat ini memiliki kapasitas memori internal yang besar yaitu 128GB, selain itu bisa ditambahkan dengan Micro SD hingga 512 GB. Memori 128 GB itu sudah termasuk besar untuk ukuran smartphone. Terus terang saya sendiri cuma pakai memori internal saja, ga nambah Micro SD. Dengan memori segede itu saya bisa install berbagai aplikasi sepuasnya, menyimpan foto, video, dan dokumen lainnya. Itu pun selama 4 bulan pemakaian baru sekitar 45 GB yang terpakai.   

Hasil Kamera  

Bagi yang suka foto-foto nih, ga bakal kecewa dengan hasilnya. Note 9 dilengkapi dengan dua kamera utama dengan masing-masing memiliki resolusi 12 MP. Satu buah kamera utamanya dapat mengubah bukaan kamera secara mekanik dari F1.5 ke F2.4. Bukaan F1.5 bermanfaat untuk foto di malam hari yang akan membuat gambar terlihat terang. Kalau bukaan F2.4 bisa dipakai untuk foto siang hari sehingga hasilnya lebih detail. Dilengkapi juga dengan optical zoom sehingga memperbesar tangkapan gambar tanpa mengurangi kualitas.

Oh iya kamera Note 9 juga dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI). AI ini mampu mendeteksi 20 objek foto dengan cepat. Selanjutnya, AI otomatis menyesuaikan pengaturan warna foto sesuai objeknya. Contohnya kalau saya lagi foto makanan, maka warna akan disesuaikan sehingga tampak lebih menggiurkan.

Samsung menetapkan pendeteksi otomatis untuk 20 objek yang paling sering difoto misalnya makanan (food), potret (potrait), bunga (flowers), suasana dalam ruangan (indoor scene), suasana malam (night scene), binatang (animals), lanskap (landscape), pohon (trees), langit (sky), gunung (montain), pantai (beaches), matahari terbit dan terbenam (sunrises and sunsets), perairan (watersides), jalanan (street scenes), suasana malam (night scenes), air terjun (waterfalls), salju (snow), backlight, dan teks. Wow... Smart!!!

Mau lihat hasilnya, silakan lihat foto-foto dibawah ini. Saking bagus hasilnya, adik saya sampai bilang kamera Canon M10-nya dijual saja :D

Foto Makanan Sewaktu Piknik Bareng Teman-Teman di Taman Kota Srengseng 



Indahnya Langit Biru Ketika Berada Didalam Pesawat



Foto Malam Hari. Lokasinya di Jembatan Penghubung Stasiun LRT Velodrome Rawamangun



With Adik Ipar di Salah Satu Kafe di Jalan Sabang. Foto Malam Hari Pun Tetap Cerah Kan!



Burgernya Enak Banget ya. Salah Satu Menu di Mellys Garden Menteng

Anggreknya Cantik



S Pen yang Canggih

Namanya Seri Note pasti dilengkapi dengan Pen atau lebih dikenal dengan istilah S Pen. Canggih karena didukung denfan Bluetooth. Fungsi S Pen selain corat-coret diatas layar bisa juga digunakan sebagai tombol shutter kamera untuk memudahkan mengambil foto selfie dari jarak jauh, mengganti slide presentasi, dan play atau pause video Youtube. Baterei S Pen ini bisa diisi ulang dengan cepat. masukkan S Pen ke handphone selama 40 detik bisa digunakan selama 30 menit.


Aman dari Air dan Pencurian

Note 9 dibekali sertifikasi IP68 sehingga bisa tahan air hingga kedalaman 1.5 meter. Galaxy Note 9 didukung juga dengan proteksi Samsung Knox dan fitur pemindaian lainnya yang menjaga privasi data. Untuk kombinasi keamanan didukung dengan pemindai retina, wajah, dan sidik jari. Jadi saya bisa mengunci folder-folder penting dengan pakai pemindai retina. Smart and Safety!


Fitur Keren Lainnya

  • Touch Sensitivity : Fungsinya adalah jika layarnya kurang resposif karena pemakaian tampered glass bisa aktifkan fitur ini agar lebih enak ngetik-ngetiknya di layar. 
  • Quick Open Notification : Fitur ini fungsinya agar notifakasinya bisa di swipe dimana saja. Ga hanya di swipe dari atas layar, tapi bisa dari bagian mana saja di layar.
  • Hidden Home Button : Bagi kalian yang suka dengan full screen dan ga mau terganggu dengan tampilan home button, fitur ini bisa digunakan untuk menyembunyikannya jadi kalau nonton film atau buka app lainnya lebih enak lihat layarnya yang full
  • Dual Bluetooth : Bisa mengkoneksikan dua buah bluetooth device dengan note 9, contohnya menghidupkan dua bluetooth spekaer sekaligus.
  • Always-On Display GIF: Jadi layar displaynya bisa ditambahkan gif atau gambar/animasi bergerak
  • Edge Panel : adalah Panel yang berisi Shortcut ke aplikasi dan fitur yang ada di Note 9. Jadi tinggal di swipe dari layar sebelah kanan atau kiri maka fitur-fiturnya akan tampil
  • Video Lockscreen Wallpaper : Wallpaper bisa diganti dengan gambar bergerak
  • Instant Dex : Note 9 ini bisa jadi desktop PC. jadi tinggal pasang kabel C to HDMI dan sambungkan ke layar monitor
  • Smart Select : Kita bisa memilih gambar atau video dan langsung menyimpannya
  • Screen Write : Dengan aplikasi ini gambar bisa langsung tercapture alias screenshot dan kita bisa langsung corat-coret diatas layar tersebut
  • Translate : Salah satu fitur favorit saya karena kalau lagi baca atau nonton film dengan teks berbahasa inggris terus ada kata atau kalimat yang saya tidak mengerti bisa langsung saya blok kata/kalimatnya dan auto diterjemahkan
  • Live Message : Dengan fitur ini kamu bisa buat tulisan, gambar, dan video animasi 
  • Pen Up dan Coloring : Fitur ini bagus banget buat kamu yang suka menggambar dan mewarnai. Coloring juga salah satu fitur favoritnya. Lumayan buat hilangin stress.
  • Magnify : Fitur ini merupakan fitur yang aksesible banget buat orang tua yang matanya sudah rabun ataupun buat penyandang low vision. Karena fitur ini kayak kaca pembesar. Tinggal memainkan S-Pen di layar teks dan gambar akan membesar. Bisa diperbesar hingga 300%
Beberapa Fitur di Note 9. Credit By : IDN Times

Nah... itu dia fitur-fitur keren dari Samsung Note 9 dan pengalaman saya memakai smartphone ini. Smartphone yang bisa bikin kita kelihatan smart (apa iya? hehe tergantung orangnya sih eeeaaaa...)
Jujur awalnya pakai Note 9 saya ga pede, soalnya terlalu keren buat saya yang ga keren ini aaheeee...
Secanggih dan sepintar-pintarnya smartphone yang punyanya juga harus lebih smart dong memanfaatkan gadget yang dimilikinya, manfaatinnya untuk hal yang positif ya.

Sekian review dari saya. Semoga bermanfaat!


 
 




34 comments

  1. Apik ya Mba. Lagi mikir2 mau ganti ponsel juga nih bagusnya apa? Haha..

    ReplyDelete
  2. Pas banget, saya lagi mau beli henpon baru untuk menunjang medsos saya yang ga bisa lagi ditampung keluarga hp lama. Makasih mbak.

    ReplyDelete
  3. Samsunggg, udah nggak perlu dijelasin lagi sih bagaimana kualitasnya, saya selalu bisa mempertahankan smartphone jadi awet bertahun-tahun kalau pakai Samsung.
    Palingan yang rusak ya baterainya :D
    Lainnya mah tetap bagus, bahkan mudah banget akses internet :)

    ReplyDelete
  4. Fitur2nya ciamiiikk banget ya.
    Jadi mupeng nih Mba :)
    Dan memang lebih enak bawa HP sih, ketimbang nenteng kamera
    Ini aku jadi pengin jual kamera juga, mau ganti smartphone :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... mending bawa hp. kalau kamera rada rempong bawa-bawanya

      Delete
  5. Wah Note 9 hasil fotonya keren, jernih banget. Kujadi pengen ganti hp. Btw Samsung Note 9 ini pasarannya berapa, ya, sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah turun mba... second-nya ada yang 5-7jt an

      Delete
  6. Fiturnya bagus-bagus, Mbak Nunu. Hasil fotonya juga nggak kalah sama mirrorless.Galaxy Note emang keren sih, apalagi dengan teknologi terbaru seperti Note 9 Ini.

    ReplyDelete
  7. Canggih banget nih, mana pakai s pen pulak jadi makin banyak ide-ide buat gambar ya k. Jaman sekarang teknologi makin canggih apa-apa jadi makin mudah termasuk telepon selular ini makin berkembang jadi canggih jadi penasaran mau liat yang aslinya, upsss atau minta beliin paksu hp baru apa ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. benar mba.. minta paksu beliin hape baru :D

      Delete
  8. Keren nih emang smartphonenya. Internalnya luaaas, belum lagi ada proteksi buat dokumen-dokumen penting ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul skali mba... puas nyimpan2 foto n install aplikasi

      Delete
  9. Bagus hand phonenya. Kalo saya review hape juga, gak bakal menarik nih, karena ga ada fitur istimewanya :D

    ReplyDelete
  10. Wiwin | pratiwanggini.netApril 7, 2020 at 11:29 PM

    Saya salah satu pencinta HP Samsung. Masih ada 1 HP Samsung yang sampai saat ini masih baik-baik saja padahal sudah berkali-kali kebanting. Menurut saya satu kelemahan HP Samsung ini terletak pada baterainya aja.

    ReplyDelete
  11. Keren ya mba handphone-nya. Saya sendiri pake yang 8. Kalau saya selain performa dan desain, kameranya harus bagus (maunya ya). Seru ya review handphone sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... kamera harus bagus biar enak foto2nya mba

      Delete
  12. bagus ya fitur-fitur samsung semakin hari. dulu smartphone pertama saya juga samsung. dulu pakai yang galaxy W. kelemahannya sering memori full padahal enggak banyak aplikasi dan foto. tapi skrg mah udah enggak ya. makain memperbaiki, oke banget pakai samsung, hihi.

    ReplyDelete
  13. Sama sama galaxy note mbak nunu...tos. tapi aku 10 hehe,.trus pen ku ilang blm beli lg hiks. Aku rasa aku blm maksimal nih sm hpnya, buktinya aku br tau bbrp fitur dr ulasan mbak kaya video wallpaper sm swab aplikasi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tosss... hape-nya mba shafira lebih keren lagi nih. Ayo mba di explore hpnya... biar makin smart

      Delete
  14. Cuakep hasil foto-fotonya, mbak. Hp generasi sekarang mmg ciamik-ciamik ya hasilnya, termasuk Samsung Note 9 ini.

    ReplyDelete
  15. Bagus ya mbak, mendukung buat ngeblog ya..
    Harganya brp ni klo beli baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh kalau barunya saya kurang tahu harganya brp mba

      Delete
  16. Galaxy memang selalu keren fiturnya. Aku pun sekarang memakai yang Galaxy tab s, dari 2014 lalu hingga sekarang masih awet. Sepertinya Galaxy Note 9 bisa nih jadi pilihan berikutnyaa..

    ReplyDelete
  17. Kece sekali semua spec smartphonenya mba. Memang unggul banget nih biasanya seri Note ini di keluarga Samsung. Semua kebutuhan milenial terkait kecanggihan teknologi bisa didapatkan di sini.

    ReplyDelete
  18. Betul mba. Sekeren ya smartphone yang pake kudu lebih smart donk yaaa. Mantap dah itu Spec nya keren banget mba. Yang penting mah manfaatnya yaa mba

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam