3 Cara Mudah Melacak HP Yang Hilang


Di era digital seperti saat ini, HP menjadi perangkat paling penting dalam mendukung aktivitas yang dilakukan sehari hari. Pastinya kamu akan pusing bukan kepalang saat mengetahui HP kesayanganmu hilang, entah karena lupa atau faktor lainnya.

Sebenarnya nasib kurang baik tersebut bisa dipecahkan permasalahannya dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia. Lalu cara mencari HP yang hilang itu bagaimana? Berikut dibawah ini 3 cara melacak HP yang hilang, diantaranya yaitu :

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Email

Dengan cara ini, pengguna gmail bisa mengamankan akun google dan mengunci HP atau ponsel mereka dengan cara seperti ini :

  1. Pengguna harus login terlebih dahulu dengan akun gmail di browser atau Google Chrome. Lalu tekan ikon kotak untuk mendapatkan info akun yang dimiliki pengguna.
  2. Setelah itu, masuk ke kolom pencarian lalu ketik “Find Your Phone”. Kemudian memilih menu Find Your Phone, lalu pilih HP yang hilang pada daftar perangkat terhubung dengan akun gmail.
  3. Tahap selanjutnya, isi password untuk verifikasi lalu klik next. Pada Find Your Phone, klik opsi locate yang akan mengalihkan ke fitur Find My Device. Di fitur ini, akun Google di ponsel milikmu akan dikunci dan diamankan.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Akun Khusus

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna HP atau ponsel keluaran pabrik tertentu yang memiliki teknik pengamanan sendiri. Berikut caranya :

1. Mi Account

Untuk melacak HP Xiaomi yang hilang, kamu bisa mengunjungi situs Mi Cloud (https://i.mi.com/) pada browser di komputer. Kemudian sign in with Mi Account, masukkan data sesuai HP yang hilang, serta password. Setelah itu pilih opsi Find Device, lalu hapus data jika HP telah ditemukan, dan masukkan HP dalam Lost Mode.

2. Samsung ID

Untuk melacak HP Samsung yang hilang, kamu bisa mengunjungi Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/), kemudian sign ini dengan menggunakan ID HP yang hilang. Setelah itu kamu tinggal menyetujui semua legal information yang diberikan oleh Samsung, lalu klik Agree.

Selanjutnya Samsung Find My Mobile akan mengungkapkan dimana lokasi terakhir HP kamu, mengetahui informasi jaringan yang terhubung, serta sisa baterai. Kontrol HP bisa kamu lakukan dengan cara mengunci perangkat, hapus data, atau membunyikan alarm.

3. iCloud

Untuk melacak HP iPhone yang hilang, kamu bisa mengunjungi situs iCloud (https://www.icloud.com/), kemudian sign ini menggunakan Apple ID HP yang hilang. Skip Two-Factor Authentication, lalu pilih opsi Find My iPhone. Setelah lokasinya terungkap, kamu bisa mengontrol HP dengan cara mengaktifkan Lost Mode, hapus data, atau membunyikan alarm.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Google Find My Device
  1. Pastikan kamu telah unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Google Find My Device di HP atau ponsel pelacak.
  2. Kemudian login menggunakan akun Gmail kamu pada HP yang hilang dengan sign in as guest supaya bisa masuk ke HP yang hilang.
  3. Setelah itu layar perizinan akan muncul. Izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat dengan klik “Allow”. Kemudian segera datangi lokasi penemuan HP dengan memanfaatkan ikon berwarna hijau, yang terhubung pada Google Maps atau lakukan langkah preventif seperti mengunci HP atau ponsel.

Dari ketiga cara melacak HP yang hilang diatas, mana yang menurutmu paling mudah? 

26 comments :

  1. Mba Nunu sudah pengalaman coba kah? Sudah canggih ya zaman skrg handphone hilang pun bisa di trace. Tapi semoga kita nggak sampai harus mengalami kehilangan handphone. Huhu..

    ReplyDelete
  2. Semoga handphone kita baik2 aja ya mba

    Tapi, tips cara melacak HP yg hilang ini sangat bermanfaat mba

    Aku baru tau lho life hack kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, smoga kita semua tak pernah mengalami kehilangan hp

      Delete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat. Izin share ya, Mbak Nunu. Untuk koleksi. Sebab, saya nenek-nenek gaptek. Untuk mengeksekusi hal seperti ini jika dibaca petunjuknya satu-persatu, insyaallah mudah-mudahan bisa. Terima kasih telah berbagi. Selamat malam, Salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Wah kayanya saya harus bookmark artikelnya nih. Tapi kebetulan dulu saya pernah pakai app Find My iPhone dan sangat efektif, karena walau diambil dia kesulitan login/bobol akun apple

    ReplyDelete
  5. Sepertinya pakai akun email paling mudah ya, karena kebanyakan sudah terhubung langsung. Naudzubillah, jangan sampai hp hilang juga sih,hehe. Tapi informasi ini bermanfaat banget. Terima kasih mbak:).

    ReplyDelete
  6. yes mba, klu pake akun email lbh mudah

    ReplyDelete
  7. Wah terima kasih infonya mbak Nunu, saya pernah kehilangan hp sekali tapi dah lama banget, untung nomer dan datanya masih bisa diselamatkan. Semoga sih gak kejadian lagi deh aamiin.

    ReplyDelete
  8. Oh ada caranya ternyata ya untuk menemukan atau melacak hp yang hilang. Semoga nggak sampai kejadian ke kita ya.

    ReplyDelete
  9. Iphone ku beberapa kali hilang 😅. Yang terakhir hilang beberapa kali ngeluarin sinyal via find my iphone. Aku nyetel hidupin alarm sama tulisan yg intinya klo nemu hubungi nomor suamiku. Eh akhirnya ada yg hub suamiku, tapi yang hubungi ORANG YANG BELI HPKU DI KELONTONGAN 😂. Baik sih orangnya, nawarin mau diambil lagi ga hpny, cukup bayar harga pas dia beli aja

    ReplyDelete
  10. Kayaknya yang google find my device ya yang paling mudah. Semoga aja siapapun yang kehilangan hape enggak panik dan bisa mempraktekkan hal di atas. Paling tidak memproteksi berbagai akun, terutama perbankan ya, agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  11. Duh, jadi inget kisah sedih itu. Saya pernah sih kehilangan ponsel tahun 2011. Dicuri orang. Ponsel saat itu (mayoritas) keyboardnya masih qwerty. Belum zamannya android. Bingung melacaknya. Wah, kalau sekarang sudah lebih canggih pastinya ya, Mbak. Menurut saya sih paling mudah pake akun google dan email.

    Infonya bermanfaat nih :) Semoga ponsel kita aman-aman saja. Ganti ponsel karena rusak, bukan karena hilang/dicuri. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Kalau untukku kok kayaknya lebih mudah yang Google Find My Device ya mba. Memang dari awalnya harus sudah instal app tersebut dulu agar mendapatkan manfaatnya, meskipun ga pernah berharap ya hp akan hilang.

    ReplyDelete
  13. Wah kuncinya jadi harus udh disinkronkan ya mbak Nunu biar bisa ditrace ya? Semoga handphone kita ga berpindah tangan dengan cara seperti itu ya huhu.

    ReplyDelete
  14. Berarti untuk jaga-jaga harus punya 2 hp ya kak. Ngeri juga sih kalau sampai hp hilang. baru aja kejadian sama kenalanku minggu lalu. akhirnya bingung mau ngamanin medsos

    ReplyDelete
  15. huhuu... auti=o ingat hape yang hilang dicuri waktu maling masuk rumah... tapi waktu itu belum bisa dipakai pelacak begini karena hape langsung dimatiin... Sekarang semakin canggih ya cara mendeteksinya..

    ReplyDelete
  16. ini beneran bisa ya mbak? wah canggih banget ya sekarang ya
    tapi semoga jgn sampai ya kita kehilangan hp

    ReplyDelete
  17. Wah...bisa ya dilacak ponsel yang sudah hilang. Setiap merek beda cara melacaknya. Semoga sih engga sampai deh kehilangan HP. Kalo ga kan nyesek banget. Ini pas dilacak, nomornya msh no lama kah?

    ReplyDelete
  18. Life hack penting banget ini mba. Tapi kalo hape kita mati ga bisa dicari ya mba?

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata pakai akun Google bisa lacak hape yang hilang yaa. Pernah baca pengalaman orang kehilangan iphone aja soalnya

    ReplyDelete
  20. Dengan teknologi semua hal jadi mudah dilakukan ya mbak. Dan karena zaman sekarang semua bisa terkoneksi satu sama lain jadi lebih mudah dalam pencarian. Tapi jangan sampai lah ya HP hilang, hehe.

    ReplyDelete
  21. Aku pernah kehilangan HP dan dibantu ngelacak sama pihak CS merk HPku.
    Alhamdulillah ke tracking dan memang kelemahannya, kalau si HP ini dimatikan dan kembali diaktifkan dengan akun email yang berbeda, ya uda...wassalam.
    Hiiks~

    ReplyDelete
  22. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates