Inspirasi Nama Laki-Laki Dengan Nuansa Islami yang Populer




Bagi kalian para orang tua yang sedang menanti kelahiran sang buah hati tentu dong sudah mikirin nama yang indah dan bermakna baik bagi bayi kalian. Menentukan nama buah hati sangat seru, tetapi sekaligus bisa membuat pusing bukan. Namun para orang tua harus menentukan tema nama yang diinginkan. Misalnya nama bayi laki laki atau perempuan bernuansa Islami.

Menentukan tema nama seperti ini yang sering digandrungi banyak orang. Kalau berniat memberi nama buah hati berbuansa Islami, maka tak ada salahnya coba melihat beberapa pilihan nama bayi Islami di bawah ini siapa tahu bisa jadi sumber referensi dan inspirasi.

Yusuf

Nama Yusuf ini mempunyai makna "bertambah." Nama Yusuf juga merupakan nama laki-laki bernuansa Islami yang cukup klasik. Kalau di dalam Al-Quran, maka nama Yusuf ini juga memiliki hubungan dengan salah satu Nabi yaitu Nabi ke-11. Yusuf juga sangat identik dengan berwajah tampan.

Abdul

Nama bayi Islam yang populer adalah seperti nama Abdul. Kalau di dalam Al-Quran, maka nama Abdul ini memiliki makna "hamba Allah." Abdul juga merujuk kepada sosok Abdullah yang merupakan ayah kandung Nabi Muhammad.

Irshad

Irshad merupakan nama bayi yang cukup populer. Ada makna unik dari nama Irsyad ini yaitu memiliki Irshad berarti petunjuk. Irshad asalnya dari Arab dan dapat anda jadikan menjadi sebagai nama tengah, atau belakang meski cocok juga Irshad untuk nama depan.

Iman

Iman juga bisa menjadi pilihan nama bernuansa Islami lainnya. Iman ini cukup populer juga menjadi nama anak, makna dari Iman yaitu “beriman”. Nama Iman ini bisa digunakan baik itu untuk nama depan, belakang atau bisa juga di tengah.

Dengan nama Iman, maka diharapkan buah hati akan tumbuh dengan perilaku baik, beriman dan berakal nantinya.

Bashir

Kalau di dalam kitab Al-Quran, maka nama Bashir ini memiliki arti pembawa berita yang baik. Nama Bashir yang Islami ini juga memiliki arti lainnya yaitu mulia. Buah hati yang bernama Bashir diharapkan bisa membawa kebahagiaan di dalam hidupnya dan menjadi petunjuk.

Ahmad

Ahmad tentunya merupakan nama bayi untuk laki-laki bernuansa Islami yang sangat populer. Nama bayi Islam ini merupakan variasi lainnya dari nama Muhammad, dan Ahmad merupakan nama yang memiliki makna "dipuji."

Kalau di dalam kitab Al-Quran, maka nama Ahmad dideskripsikan sebagai sosok yang memiliki akhlak terpuji dan juga disenangi orang-orang.

Jamal

Ada nama Jamal yang memiliki makna unik yaitu "kecantikan." Tentunya Jamal juga termasuk nama anak yang cukup populer. Modifikasi nama Jamal misalnya seperti Jamalludin atau Jamalliyah.

Amin

Amin kalau di dalam Al-Quran maka berarti sosok yang bisa dipercaya dan juga amanah. Anak yang bernama Amin diharapkan tumbuh menjadi sosok yang juga bisa berbakti untuk orang tuanya serta amanah saat diberikan perintah.

Khalil

Khalil merupakan jajaran nama bayi yang populer teratas. Ada makna dari nama Khalil ini yang berarti "teman." Kita mungkin sering mendengar sosok penyair terkenal yaitu Khalil Gibran yang memakai nama Khalil ini.

Amirrudin

Nama Amirrudin memiliki arti yang sangat baik yaitu arti nama satu ini di dalam kitab Al-Quran ialah sosok pemimpin agama. Jadi buah hati diharapkan mampu memberikan kabar dan ilmu baik agama kepada sesama sehingga merupakan nama yang sangat mulia.

Samir

Samir termasuk nama yang mungkin cukup jarang digunakan. Arti nama Samir sendiri sangat menarik dan sangat cocok untuk laki-laki yang ceria. Makna Samir yaitu "periang” sehingga diharapkan si anak bisa selalu bahagia dalam menjalani berbagai unsur kehidupan.









25 comments

  1. Kapan yaaaa, aku punya cucu, jadi bisa ngasih ide buat anak dan mantuku nanti, wkwkwk
    Iya nama2 ini baguuuss semua.
    Nama adalah doa ya.

    ReplyDelete
  2. Wah bisa ini jadi salah satu nama yang diambil kalau diberi amanah lagi,tapi untuk sekarang belum deh, untuk saudara aja kali ya, Mbak nunu, xixi

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya dan semuanya bagus bagus. Nama adalah doa. Aamiin...
    Jadi ingat teman saya waktu kerja di Taiwan, kami bertiga sekarang sudah pada pulang ke tanah air. Sekitar lima tahun lalu kami ketemuan di Karawang. Baru sadar, nama anak kami yang usianya beda bulan saja itu namanya sama Fahmi. Ya putra kami bertiga punya nama sama Fahmi, hehehe
    Padahal gak janjian lho

    ReplyDelete
  4. Saya suka nama Yusuf, bayangannya langsung ngganteng gitu seperti nabi Yusuf. Hehe..

    ReplyDelete
  5. Duuu, hihi jaman ngasih nama anak mikirinnya bisa sampe sebulan, dan selama sebulan itu anaknya belum ada namanya jadi dipanggil kakak, ujang, kasep, wwkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk... klu di makassar biasanya dipanggil baso, aco, baco, acce, basse

      Delete
  6. Ahmad. anak pertamaku ada Ahmadnya,, semoga kelak mengikuti akhlaknya Rasulullah SAW. btw aku baru ke blog mbak nunu lagi, asik lebih fresh dengan tampilan barunyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. hehehe mba shafira tahu saja saya baru ganti template

      Delete
  7. waktu anak kedua mau lahir kemarin sempat pengen ngasih nama Yusuf eh ayahnya milihin nama Yafiq yang juga dari bahasa Arab yang artinya mulia atau dihormati. Jujur deh waktu itu baru dengan nama Yafiq ini tapi ternyata artinya bagus

    ReplyDelete
  8. Kalau Shakespeare bilang what is a name. Maksudnya makna di balik nama seseorang memang penting ya, Mbak. Bisa dibilang ortu sampai nyari nama yang bagus maknanya buat anaknya agar menjadi doa yang baik buat hidupnya.

    ReplyDelete
  9. Whaaa baru tahu Shamir artinya periang, semoga kelak punya anak cowok yang periang, Aamiiin

    ReplyDelete
  10. Beruntunglah anak-anak yang lahir di era digital. Orang tuanya bisa memilih nama yang bagus bagi mereka, diambil dari berbagai sumber. Coba perhatikan nama saya. seadanya saja. semasa sekolah saya sering dibully Bapak dan ibu guru. dengan plesetan Nur sana. He he ... Selamat siang, ananda Nunu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, sekarang mah banyak referensi nama ya mba

      Delete
  11. Aku jadi ingat menyiapkan nama lelaki untuk bayi pertama kami.
    Tapi hingga anak kedua, anak kami perempuan. Hihi...qodarullah wa masyaa fa'ala.
    Rencana nama bayi lelaki kami masih kami simpan baik-baik hingga kini.

    ReplyDelete
  12. Namanya bagus2 banget ya, aku kalau dikasih kesempatan punya anak cowok lagi pengen kukasih nama Musa Abdurrahman.. nggak tahu kenapa udah ngecup dari sekarang. hihi.

    ReplyDelete
  13. Salah satu nama di atas, sudah tersemat jadi nama anak saya Mbak.

    Nama lainnya bisa jadi ide untuk berikutnya. Hehe

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam