Sedekah Subuh, Amalan Mulia Yang Langsung Didoakan Malaikat



Tahukah kalian bahwa diantara beberapa waktu bersedekah, sedekah subuh memiliki keutamaan yang sangat luar biasa dahsyatnya. Sedekah subuh merupakan salah satu cara untuk berbagi atau menyisihkan harta di jalan Allah di waktu pagi menjelang matahari terbit.

Syekh Ali Jaber pernah berpesan bahwa bersedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, dan yang paling cepat membuat terkabulnya hajat kita. Lantas, apa yang membuat sedekah subuh dahsyat? Sebab, di setiap waktu subuh, Allah akan menurukan malaikat yang tugasnya hanya satu yaitu mendoakan orang yang berinfak pada subuh atau pagi hari.

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba – hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berikanlah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari dan Muslim).


Hadits diatas menjadi salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh merupakan amalan yang dimuliakan. Sesungguhnya, sangat beruntung orang – orang yang selalu menjalankan waktu pagi untuk berinfak dan bersedekah, sebab malaikat akan langsung mendoakan infak mereka. Mengingat salah satu doa yang tidak pernah Allah tolak adalah doa dari malaikat, termasuk doa sedekah subuh.

Sedekah subuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu :

  • Memasukkan sedekah langsung di kotak infak masjid setelah sholat subuh.
  • Mentrasfer sedekah melalui BAZNAS maupun lembaga amal lainnya.
  • Memberikan sedekah langsung kepada yang berhak menerimanya.
  • Memasukkan sedekah ke kotak infak yang disediakan sendiri di rumah, lalu menyalurkannya di kemudian hari.

Berikut dibawah ini akan dijelaskan arti sedekah dan keutamaannya :

Arti Sedekah


Sedekah adalah kata yang sangat familiar di kalangan umat Muslim. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu ‘shadaqah’, berasal dari kata sidq (sidiq) yang memiliki arti ‘kebenaran’. Menurut peraturan BAZNAS No 2 tahun 2016, sebagaimana dikutip dari website resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), sedekah merupakan harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang maupun badan usaha diluar zakat untuk kemaslahatan umum.

Keutamaan Sedekah


1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Sedekah merupakan ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana sabda Rasulullah SAW untuk mengingatkan umat muslim dalam sebuah riwayat Muslim, 

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Mengapa bersedekah tidak akan mengurangi harta? Sebab meski secara tersurat harta tampak berkurang, namun sebenarnya kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala disisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

2. Sedekah Menghapus Dosa

Sebagai makhluk Allah SWT yang tidak luput dari dosa, umat muslim senantiasa diberikan berbagai keistimewaan agar berkesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang diridhai oleh Allah SWT. Salah satunya dengan bersedekah.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa, sedekah dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa: 

 “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).



3. Sedekah Dapat Melipatgandakan Pahala 

Bersedekah memberikan banyak keutamaan bagi orang yang melakukannya, salah satunya yaitu Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman dalam QS. Al Hadid ayat 18, yang artinya :


 “Sesungguhnya orang – orang yang bersedekah baik laki – laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”


Begitu banyak nikmat Allah SWT dalam bersedekah, semoga kita semua termasuk kedalam golongan yang diringankan dalam melakukan ibadah istimewa yang satu ini. Yuk, sedekah subuh!

16 comments

  1. Sepakat sih.. jangan pernah mikir panjang untuk sedekah ya. Karena selain imbalan di akherat, biasanya langsung ditebus juga oleh Allah dengan rejeki yang mngkn tak kita tau datangnya darimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, rezeki tak terduga dan nilainya berkali lipat

      Delete
  2. Teria aksih sudah diingatkan, Kak. Masya Allah semoga kita semua termasuk kedalam golongan yang diringankan dalam melakukan ibadah sedekah mengingat begitu banyak nikmat Allah SWT dalam bersedekah

    ReplyDelete
  3. Suamiku nih sering sholat jamaah subuh di masjid alhamdulillaah. Iya sedekah subuh itu manfaatnya banyak sekali. Insya Allah diridhai Allah segala amalan kebaikan kita aamiin. Betul, sedekah ga mengurangi harta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Malah harta kita jadi berkah dan Insya Allah bertambah

      Delete
  4. Karena dalam setiap rejeki yang kita dapat ada juga hak orang lain yang harus diberikan. Semoga tulisan ini jadi pengingat untuk kita semua

    ReplyDelete
  5. Jadi jangan pelit-pelit sedekah atau berbagi ya karena pasti kita akan mendapatkan balasannya.

    ReplyDelete
  6. Setiap pendapatan atau penghasilan yang kita dapatkan selalu ada berapa persen gitu memang adalah milik orang lain, nah entah apakah kita ingin memberikannya atau malah dinikmati sendiri. Nah bener banget sedekah itu gak mengurangi harta kok, malah nambah amal, pahala, dan bisa membantu orang juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skali, sedekah mensucikan harta sehingga berkah, Insya Allah rezeki berkali lipat

      Delete
  7. Maasya allah tabarakallah. Aku pribadi setelah mendengar ceramah ust ali jaber juga tergerak pengen istiqomah jalanin sedekah subuh ini lillahita'ala. Dan ternyata perihal konsisten ini butuh usaha yang cukup besar juga ya. Sampai saat ini aku masih belajar biar ngga lupa buat SS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mba, sy jg berusaha untuk konsisten

      Delete
  8. keren mba makasih remindernya. memang sangat bagus ini sedekah subuh, juga sedekah pada hari jum'at, insyaa Allah banyak juga keutamannya. tetapi sedekah pada hari2 biasa pun juga tidak kalah bermanfaat insyaa Allah

    ReplyDelete
  9. Mantap!!!
    Sebisa mungkin untuk selalu menyisihkan sebagian rejeki untuk sedekah subuh, bagaimanapun caranya entah sedekah online atau dikumpulin dicelengan dulu baru diberikan ke sesama yg membutuhkan setelah terkumpul luamyan, yang penting ikhlas... insyallah berkah...

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam