2 Resep Masakan Khas Nusantara






Selain terkenal dengan budayanya, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan masakannya yang beragam. Nah, dalam tulisan kali ini akan merekomendasikan 2 resep masakan khas Indonesia yang bisa kamu coba di rumah :

Soto Ayam Lamongan


Soto ayam Lamongan merupakan masakan tradisional pavorit yang banyak disukai orang. Berikut resep dan cara membuat soto ayam Lamongan :

Bahan – Bahan :

  • 750 gram, bersihkan
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 100 gram suun, rendam/rebus air panas hingga lunak, tiriskan
  • 2 batang daun bawang, iris menyerong
  • 1 buah serai, ambil bagian putih, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm lengkuas, iris jadi 2, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 3 butir cengkeh
  • 1 sendok teh bubuk kaldu rasa ayam
  • 1,5 liter air
  • Gula secukupnya
  • 500 ml minyak untuk menggoreng ayam

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • 5 buah (50 gram) bawang merah
  • 3 buah (9 gram) bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit atay ½ sendok teh kunyit bubuk
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok makan ketumbar sangrai atau 2 sendok teh bubuk ketumbar
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap dan Taburan :

  • 2 lembar daun kol putih/polos, iris halus
  • Tauge, sisihkan
  • 2 butir telur rebus, belah menjadi dua atau empat bagian
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • Seledri, iris halus

Sambal Rawit, campur :


  • 10 buah cabe rawit merah, rebus, haluskan
  • 50 ml kuah soto

Cara Memasak :

  • Langkah yang pertama didihkan 1,5 liter air bersama lengkuas, satu lembar daun salam dan sedikit garam.
  • Setelah mendidih, kecilkan api ke posisi sedang. Lalu masukkan ayam dan masak hingga ayam lunak. Angkat dan tiriskan.
  • Berikutnya haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender atau ulekan. Jika mau tambahkan sedikit minyak ke dalam blender guna mempermudah proses penghancuran.
  • Panaskan minyak, tumisa bumbu halus bersama lengkuas, serai, daun jeruk purut dan daun salam sampai benar-benar bumbu matang dan beraroma harum.
  • Bumbu yang sudah matang jika teksturnya serta warna berubah dari kuning pucat menjadi sedikit oranye.
  • Lalu masukkan bumbu halus ke dalam kaldu ayam (panci perebus ayam).
  • Tambahkan air jeruk nipis, bubuk kaldu ayam dan cengkeh. Masak kuah dengan api sedang hingga mendidih.
  • Koreksi rasa. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  • Kemudian, tambahkan irisan daun bawang. Angkat dari api.
  • Yang terakhir, goreng ayam dalam minyak panas hingga kecokelatan, angkat lalu disuwir-suwir.

Cara Penyajian :

  • Yang pertama ambil mangkok, letakkan suun, suwiran ayam, irisan kol dan tauge.
  • Lalu siram dengan kuah soto.
  • Setelah itu tambahkan telur dan taburi bawang merah goreng.
  • Sajikan selagi hangat dengan sambal rawit.



Bacah Daging Khas Riau


Resep masakan selanjutnya adalah bacah daging khas Riau. Adapun cara memasaknya adalah sebagai berikut :

Bahan-Bahan :


  • Bacah daging 500 gram
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 4 lembar daun jeruk, iris halus
  • 250 ml santan

Bumbu Halus :

  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Jinten ¼ sendok teh

Cara Memasak :

  • Potong-potong daging setebal ½ cm.
  • Campur daging bersama bumbu halus, daun jeruk, santan, dan air asam, kemudian masak hingga bumbu meresap kedalam daging.
  • Panggang daging diatas bara api hingga matang.
  • Bacah Daging Khas Riau siap dinikmati.



10 comments

  1. wah sangat bermanfaat, terima kasih resepnya ya kaka :D

    ReplyDelete
  2. bacah daging ini aku baru tahu. coba resepnya, ah. kayaknya sedap banget lihat kombinasi bumbunya.

    ReplyDelete
  3. Masak soto kalau saya biasanya soto ala kadarnya euy, Mbak Nu, wkwkwk. Lihat resep soto lamongan dari artikel Mbak nunu jadi pengin juga buatnya, xixi.

    Kalau yg bacah daging malah baru dengar ini mbak

    ReplyDelete
  4. soto, aku suka soto, terkadang orang rumah bikin sendiri mbak
    kalau makan siang dan bingung mau makan apa, ujung-ujungnya ya pesen soto aja, paling simple, ga usah pusing mikir makan juga :D
    nahh kalau bacah ini, aku baru denger, keliatan mudah ya bikin sendiri

    ReplyDelete
  5. Soto Ayam Lamongan nih buanyaaakk yg jual di Sby.
    Kapan2 aku mau recook resepnya ah
    makasi sharing nya mba

    ReplyDelete
  6. Terimakasih resepnya mbak, kapan2 bisa di coba ini. Apalagi musim hujan, masak soto kayaknya cocok

    ReplyDelete
  7. Soto ayam lamongan baru saya cicipi di Makassar, ada kedai yang jual, bisa dibeli online. Enaaak rasanya. Nah kalau bacah daging, saya belum pernah cicip padahal pernah tinggal di Riau. Atau mungkin saya pernah makan tapi gak ngeh ya?

    ReplyDelete
  8. aku udah 2 tahun lebih di Pekanbaru baru tahu dan belum pernah nyobain bacah daging khas Riau ini mbak.Sepertinya cara membuatnya mudah ya. Nanti aku mau recook ah.

    ReplyDelete
  9. Soto Ayam Lamongan sudah pernah coba bikin, kalau bacah daging khas Riau belum...wah mantap ini, bisa dicoba praktikkan nanti.Makasih resepnya

    ReplyDelete
  10. Biasanya kalau Soto Lamongan tuh ada taburan bubuk koyanya mba, itu yang menambah gurih rasa sotonya. Hmm... jadi ngiler deh ngebayangin makan Soto Lamongan dan Bacah Daging.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam