Review Bacaan Doa Sebelum Tidur Beserta Arti dan Beberapa Adabnya



Ada banyak sekali amalan-amalan sunnah yang dapat kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Ya, salah satunya adalah membaca doa sebelum tidur. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan, kelancaran, serta bantuan kepada Allah SWT selama kita tertidur.

Bukan hanya itu, doa mau tidur juga bertujuan agar kita terhindar dari mimpi buruk, gangguan jin – setan, dan hal apa saja yang dapat mengganggu tidur malam.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai bacaan doa sebelum tidur beserta arti dan beberapa adabnya. Maka dari itu, simaklah baik-baik pembahasannya di bawah ini.

1. Bacaan Doa Mau Tidur dan Artinya

Bismika Allahuma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

2. Beberapa Adab Sebelum Tidur

  • Saat hendak tidur, ada baikya kita mengambil wudhu dulu dan tidak lupa menunaikan shalat Isya.
  • Disunnahkan bagi kita untuk membaca Al Quran minimalnya sepuluh ayat.
  • Setelah membaca Al Quran, kita bisa lanjutkan dengan membaca tiga surat pendek sebanyak tiga kali yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
  • Untuk yang sudah hafal ayat Kursi, sebaiknya baca sebelum tidur.
  • Ketika kita sulit tidur malam, lafalkanlah dzikir dengan memperbanyak ucapan tasbih, tahmid, dan takbir.
  • Sangat dianjurkan bagi kita untuk menggosok gigi dan buang air kecil terlebih dulu sebelum tidur.
  • Saat mengalami mimpi buruk, segeralah untuk mengucapkan ta’awuz.

Hadits Tentang Dzikir Sebelum Tidur


Menurut informasi yang didapat, Rasulullah SAW pernah menyebutkan beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum tidur dalam hadits seperti di bawah ini :

“Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama, mengkhatamkan Al Qur’an. Kedua, menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga, meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat, melaksanakan haji dan umrah“.

Kemudian Aisyah RA menjawab : “Bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?“ Rasulullah SAW tersenyum sambil berkata : “Apabila engkau membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka seakan-akan engkau telah mengkhatamkan Al-Qur’an.Apabila engkau bershalawat kepadaku dan kepada semua nabi-nabi, maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadi mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah”.

Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk


Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa mimpi dengan tidur merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Sehingga tak heran, jika setiap manusia pasti pernah mengalami mimpi dalam tidurnya.

Bahkan, tak sedikit pula dari kita yang pernah mengalami mimpi buruk. Dalam pandangan Islam, mimpi terdiri dari tiga jenis, yaitu mimpi baik, mimpi buruk, dan mimpi dari pikiran sendiri. Seperti yang sudah disebutkan dalam sebuah hadits sahih riwayat Muslim :

Nabi Muhammad SAW berkata, “Ada tiga jenis mimpi, mimpi yang benar yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang menyebabkan kesedihan adalah dari setan, dan mimpi dari pikiran“.

Adapun mengenai doa saat mengalami mimpi buruk seperti berikut :

Huwallahu, Allahu Rabbu, la syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya : “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagiNya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu“.
Semoga artikel ini bermanfaat!

2 comments

  1. kalau do'a Bismika Allahuma ahyaa wa bismika amuut. sudah rutin, tapi kenapa ya wudhu yang semudah itu seperti malas untuk melakukannya. Padahal sudha di kamar mandi, tinggal wudhu saja, beraaat banget

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam