Doa Sebelum Wudhu dan Rukunnya dalam Islam



Wudhu, adalah kegiatan bersuci yang bagi keluarga muslim sudah dikenal sejak dini bagi anak-anak mereka. Saya ingat dulu orang tua saya mengajarkan kami tata cara berwudhu bahkan sampai membelikan poster tata cara berwudhu yang baik dan benar.

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi kepada teman-teman apa sih doa sebelum wudhu itu dan apa saja rukun-rukunnya.

Bacaan niat atau doa sebelum wudhu dan sesudahnya termasuk dalam doa sehari-hari yang harus kita hapalkan. Selain itu, bacaan ini juga harus diajarkan pada anak-anak kita agar mengetahui niat dan doa sebelum dan doa sesudah wudhu sejak dini.

Sebagai umat Islam, tentunya diwajibkan untuk berwudhu sebelum melaksanakan sholat. Wudhu secara kebahasaaan memiliki arti bersih atau indah. Lebih lengkapnya, wudhu merupakan mensucikan bagian-bagian dari anggota tubuh untuk menghilangkan hadast kecil.

Sebelum mengerjakan sholat, baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah, maka sebagai seorang muslim diperintahkan untuk bisa terbebas dari hadast kecil maupun besar. Untuk menghilangkan hadast besar, umat Islam tentu diperintahkan mandi junub terlebih dahulu. Sementara untuk membersihkan diri dari hadast kecil, maka dinjurkan dengan cara berwudhu.

Kewajiban Wudhu untuk Umat Islam


Wudhu merupakan salah satu syarat agar sholat menajdi sah. Allah SWT berfirman di dalam Al- Qur’an surat Al- Maidah ayat 6 yang menjelaskan bahwa umat Islam hendaknya membasuh bagian-bagian anggota tubuh dengan cara berwudhu sebelum mengerjakan sholat.

Untuk itu, umat Islam pun diwajibkan untuk mengetahui dan mengerti akan bacaan doa sebelum wudhu, urutan berwudhu, dan doa setelah berwudhu. Membaca bacaan wudhu, baik yang dilakukan sebelum maupun sesudah berwudhu merupakan bagian dari ibadah ketika sedang berwudhu.

Berwudhu juga akan memberikan banyk sekali keutamaan. Mulai dari hati menjadi tenang, hingga wajah yang terlihat lebih berseri-seri karena seringnya dibasuh dengan air wudhu.

Doa Sebelum Wudhu


Sebelum berwudhu, maka sangat dianjurkan untuk membaca basmallah terlebih dahulu. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan membaca niat berwudhu, baik dilakukan dalam hati maupun dengan suara yang pelan.

Doa sebelum wudhu berbunyi, nawaitul whudu-a lirof’il hadatsil ashghori fadhon lillaahi ta’aalaa.

Doa sebelum berwudhu ini bisa  dibaca tepat setelah mengucapkan basmallah. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan membasuh anggota tubuh sesuai dengan urutan dari tata cara berwudhu.

Tata Cara Berwudhu


Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada para umat Islam terkait dengan tata cara berwudhu yang diawali dengan membaca basmallah. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan membaca niat, hingga tertib berwudhu sesuai dengan rukun wudhu.

1. Niat Wudhu

Membaca niat merupakan rukun wudhu yang pertama. Niat merupakan salah satu amalan yang sah jika ingin memulai suatu ibadah maupun pekerjaan lainnya. Berniat juga bisa dijadikan sebagai kunci untuk membuka pintu pahala yang berasal dari Allah SWT.

2. Membasuh Wajah

Tata cara wudhu berikutnya setelah membaca niat adalah membasuh wajah dengan menggunakan air, hingga mengenai seluruh bagian wajah. Nah, bagian wajah yang dimaksud meliputi kening hingga dagu, serta kedua pipi hingga ke arah pinggiran telinga.

3. Membasuh Kedua Tangan Sampai Bagian Siku

Tata cara yang ketiga adalah membasuh kedua tangan sampai bagian siku. Hal ini juga disebutkan dalam surat Al- Maidah ayat 6.

4. Mengusap Sebagian Kepala

Mengusap sebagian kepala dalam tata cara berwudhu memang berbeda dengan ketika membasuh wajah. Sebagian kepala diusap menggunakan air, namun hanya terkena rambut bagian depannya saja.

5. Membasuh Telinga

Rukun wudhu selanjutnya dengan cara membasuh telinga bagian luar menggunakan jari-jari tangan. Dimana ibu jari akan mengusap bagian luar telinga dari arah luar ke dalam.

6. Membasuh Kedua Kaki Hingga Bagian Mata Kaki

Setelah mengusap sebagian kepala, maka bisa melanjutkannya dengan membasuh kedua kaki hingga mata kaki. Hal ini juga sudah sesuai dengan firman Allah dalam surah Al- Maidah ayat 6.

Rasulullah SAW menganjurkan agar semua umat muslim bisa memastikan bahwa air memang sudah mengenai mata kaki ketika berwudhu. Namun, jika ragu b

bahwa kedua mata kaki terkena air atau tidak, maka diperbolehkan untuk membasuh kaku hingga betis.

7. Tertib

Tata cara wudhu yang terakhir adalah tertib. Tertib disini artinya adalah melakukan tahap-tahap dalam wudhu sesuai dengan urutan yang benar.

Selain memahami bacaan doa sebelum wudhu dan sesudahnya, maka juga diwajibkan untuk mengetahui perihal sunnah-sunnah dari berwudhu.



16 comments

  1. Hal sederhana tapi banyak yg butuh informasinya. Kadang lupa, kadang malah gak terpikir ya Nu. Saking mungkin terbiasanya kita sama yang namanya, ah... niat dalam hati aja mah

    ReplyDelete
  2. Waktu aku kecil dulu, selalu suka melihat embah putri yang menunaikan ibadah sholat mulai dari wudhu. Membersihkan yang nampak dan tidak nampak (pikiran) sebelum berserah dan memuja. Indah sekali.

    ReplyDelete
  3. Thank you remindernya mbak Nunu, kadang kalau diburu waktu kita lupa dengan rukun-rukun yang harus sempurna. PR Juga buat ngingetin anak-anak nih, kalau wudhu itu harus benar gerakannya.

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali infonya buat yang lagi belajar wudu agar salatnya sempurna, ya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilah masih inget dan hapal doa berwudhu yang jadi hapalan waktu SD.Semoga sholat kita semua diterima Allah .dona

    ReplyDelete
  6. Tambahin tentang sunah2 wudunya juga Mbak biar lengkap ini artikelnya. Bagus buat pengingat kita sebagai muslim. Karena meskipun kita lakuin tiap hari kalau ga baca literatur begini mungkin aja selama ini kita ada yang kepeleset dan gak sadar kan. Terima kasih banyak sudah menuliskannya Mbak.

    ReplyDelete
  7. Ini pentiiingg banget.
    Wudhu adalah tahapan yg sangat essential, sebelum kita komunikasi dgn ALLAH.
    makasi, mba

    ReplyDelete
  8. memang segala bermula dari niat ya mba, selain niat dan doa sebelum wudhu, ada doa setelah wudhu juga yang perlu diingat. menjaga wudhu juga salah satu hal yang Rosulullah kerjakan. Beliau selalu memperbarui wudhu setelah berhadats.

    ReplyDelete
  9. nah untuk membasuh kaki ini biasanya aku basuh sampai betis, bukan bermaksud melebih lebihkan tapi dengan demikian jadi lebih yakin dan tenang kalau mata kaki pasti terbasuh juga...

    ReplyDelete
  10. Cmiiw, hanya ajaran dari guru kami, dan sekarang selalu kami ajarkan kepada santri, membaca niat wudhu itu dibarengkan saat membasuh wajah.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah anak-anakku sejak diajarkan tata cara berwudhu, juga kami ajarkan doa sebelum dan sesudah wudhu. Biar makin afdhol. Terima kasih atas sharingnya ini mbak.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih pengingatnya mbak nunu, urgensi wudhu ini sangatlah penting. kita sholat dan wudhu setiap hari kadang malah lupa. ketika ngajarin anak aku kaya reminder lagi ke diri sendiri.

    ReplyDelete
  13. Ini syariat yang kadang terlewat dilakukan membaca doa sebelum berwudu, kaya yang sepele tapi sebenarnya perlu dilakukan dan dibiasakan

    ReplyDelete
  14. Duh jadi ingat Almarhum nenek yang pertama kali mengajarkan tata cara wudhu, nenekku dulu telaten banget ngajarin cucu-cucunya yang masih kecil-kecil terus sholat bareng, jadi kangen masa kecil.

    ReplyDelete
  15. MashaAllah~
    Sebenarnya kalau diperhatikan dari mulai cara wudlu saja, aturannya sedemikian indah. Sangat baik untuk kesehatan dan kebersihan diri karena dilakukan (minimal) sehari 5 kali.

    ReplyDelete
  16. iya mbak, sekarang PR ku ini
    membiasakan anak anakku untuk selalu berdoa saat wudhu dan menjalankan rukun rukunnya

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam