Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus Istimewa dan Sederhana, Simak!




Jika membahas seputar kue, tentu ada banyak sekali jenis kue seperti bolu, brownies, nastar, dan lainnya. Tetapi di Indonesia ada banyak sekali kue tradisional yang kini mulai jarang atau sulit didapatkan. Salah satu yang sulit didapatkan yakni, kue putu ayu dimana kue tersebut adalah kue tradisional khas Indonesia.

Biasanya kue ini disajikan ketika ada acara besar seperti pernikahan dan khitanan. Nah, daripada kamu sulit mencari kue tersebut, lebih baik kamu membuatnya sendiri sebab. Bagaimana cara buat putu ayu kukus? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Putu Ayu Original


Bahan-bahan:

- Tepung terigu (250 gr)

- Gula pasir (125 gr)

- Telur (4 butir)

- Ake emulsifier (1 sdt), kalian bisa menggantinya dengan SP,TBM, dan ovalet.

- Garam (1/4 sdt)

- Daun pandan (2 lembar)

- Santan sedang (200 ml)

- Pasta pandan (1 sdt)

Taburan Kelapa:

- Kelapa parut muda (100 gr)

- Sejumpat garam

- Vanili bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yakni, siapkan terlebih dahulu cetakan lalu olesi sedikit minyak.
  2. Selanjutnya, kukus kelapa parut dengan menggunakan garam beserta vanili, kemudian angkat, tiriskan.
  3. Berikutnya, susun kelapa parut pada dasar cetakan, kemudian kamu bisa menekan-nekan agar padat, lalu sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya, masak santan bersamaan dengan daun pandan hingga mendidih. Jika sudah, buang daun pandan, lalu dinginkan. Kamu bisa memasukkan pasta pandan dan pewarna hijau, kemudian aduk rata lalu sisihkan.
  5. Kamu bisa mulai memasukkan terigu sedikit demi sedikit sembari mengadukya hingga rata, aduk menggunakan mixer atau wisker dengan perlahan.
  6. Jika sudah, masukkan terigu sedikit demi sedikit sembari mengaduknya hingga rata dengan kecepatan yang pelan.
  7. Mulai masukkan larutan satan secara perlahan sembarimengaduknya dengan aduk balik, gunakanlah spatula dan aduk hingga merata.
  8. Kamu bisa lanjut memanaskan kukusan, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan menggunakan lap bersih untuk menyerap uap air.
  9. Setelah itu, masukkan adpnan ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah diberi kelapa parut sampai penuh.
  10. Mulai kukus adonan dengan menggunakan api kecil selama sekitar 20 menit, atau kamu bisa menakarnya sendiri hingga matang.
  11. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari cetakan.

2. Putu Ayu Merah Putih


Bahan-bahan:


- Tepung terigu (150 gr)

- Telur (2 butir)

- Cake emulsifier (1/2 sdt)

- Gula pasir halus (125 gr)

- Santan dengan tingkat kekentalan sedang (125 (ml)

- Garam (1/4 sdt)

- Vanilla bubuk (1/4)

- Kelapa parut (10 gr)

- Pewarna makanan merah (3/4 sdt)

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, siapkan alat pengukus, campurkan kelapa parut dan garam, lalu kukus selama 10 menit.
  2. Setelah itu, kocok telur, emulfisier, dan gula menggunakan mixer, aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, ayak terigu, vanili, dan garam kemudian masukkan ke dalam kocokan telur secara bertahap dengan cairan santan. Aduk hingga merata, kemudian beri pewarna.
  4. Berikutnya, siapkan cetakan putu ayu lalu oleskan minyak, kamu bisa mengisi dengan parutan sebanyak 1 sdt dengan kelapa yang telah dikukus tadi, setelah itu padatkan dengan menekannya
  5. Tuang adonan putu ayu ke dalam cetakan hingga penuh.
  6. Setelah itu, kukus selama kurang lebih 20 menit, kemudian angkat dan keluarkan dari cetakan. Kue putu ayu merah putih siap untuk disajikan.
Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar resep dan cara membuat kue putu ayu. Selamat mencoba.

9 comments

  1. Gampang ya bikinnya, saya lagi ngidam putu ayu juga udah lama. Harus coba bikin sendiri nih

    ReplyDelete
  2. Ternyata bikinnya cepet dan gampang yah. Biasanya nenek ku nih yang bikin, jadi kangen pengen makan kue putu buatan beliau lagi.

    ReplyDelete
  3. Wah resep membuat putu ayu ini mudah untuk diikuti
    Jadi pengen buat juga di rumah
    Selama ini KLO pengen putu ayu ya beli, kapan kapan buat sendiri ah

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.netFebruary 12, 2022 at 7:42 AM

    Hmmm.. yummy!! Kayaknya seru nih wiken gini nyobain resep Putu Ayu. Buat cemilan untuk anak-anak dan ayahnya.

    ReplyDelete
  5. kangen banget makan putu soalnya saat ini makin sulit nyari jajanan kayak gini. dulu masih banyak yang jualan putu ayu keliling kampung. setelah baca ini bisalah nyoba bikin sendiri wkwk

    ReplyDelete
  6. Wah putu ayu ini salah satu jajan tradisional yang aku suka banget. Dulu pernah bikin sendiri tapi masih gagal mba hehe

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget sama kue putu ayu.
    Jajan yang aku bisa lupa daratan kalau ketemu di tempat jualan kue tradisional.
    Kebayang dengan panduan resep kak Nunu, aku bisa bikin putu ayu yang banyak dan menikmatinya di waktu hangat. Ummm~

    ReplyDelete
  8. Duh enaknya manis-manis gitu apalagi pake kelapa di atasnya. Jajanan pasar gini biasanya beli mulu, nggak kepikiran buat bikin padahal bahan-bahan dan caranya nggak sulit juga ya..

    ReplyDelete
  9. Putu ayu merah putih. Ini patut dicoba. Terima kasih telah berbagi resep, Mbak Nunu.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam