Ternyata Inilah Arti Dari Kata “Saranghae” Yang Sering Diucapkan Didalam Drama Korea



Saat ini demam Korea di tanah air memang semakin ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Bahkan orang yang semula tidak tertarik dengan dunia korea, kini menjadi tertarik dan mulai menonton film, drama, ataupun mendengarkan music Kpop. Tidak hanya sampai disitu saja, kecintaan orang – orang terhadap dunia korea ini juga sampai membuat banyak orang tertarik untuk memahami bahasa korea.

Biasanya orang yang menyukai segala sesuatu tentang korea akan mulai belajar bahasa korea dari kata – kata yang sering digunakan didalam tayangan atau drama. Sehingga tidak jarang orang yang sering menonton tayangan berbahasa korea lama – kelamaan akan mulai paham dengan bahasa tersebut. Namun dari banyaknya kata yang digunakan ada satu kata dalam bahasa korea yang paling terkenal.

Kata tersebut tidak lain adalah “Saranghae” yang dalam bahasa korea arti saranghae ini adalah aku cinta kamu atau bisa jadi saranghae ini merupakan ungkapan untuk menunjukan perasaan sayang kepada seseorang. Biasanya anda bisa dengan mudah menemukan kata saranghae ini digunakan baik didalam percakapan di drama atau bahkan didalam lirik lagu.

Penggunaan kata saranghae untuk menggambarkan rasa cinta kepada seseorang inipun tidak hanya bisa digunakan dalam satu versi. Dalam bahasa korea untuk menunjukan rasa sayang atau cinta kepada seseorang ada beberapa versi kata yang bisa digunakan. Bahkan ungkapan sayang yang diberikan pun bisa berbeda – beda tergantung kepada siapa kita memberikan ungkapan tersebut.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa jenis kata yang bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang kita sayang dalam bahasa korea selain kata saranghae.

1.     Saranghaeyo

Saranghaeyo merupakan bentuk general atau standar yang digunakan ketika seseorang ingin mengungkapkan isi hatinya kepada seseorang. Cara penggunaan kata saranghaeyo ini juga lebih bersifat universal atau tidak tergantung pada kondisi maupun usia dari lawan bicara kita. Tapi sebaiknya anda hanya menggunakan kata saranghaeyo ini kepada orang yang sudah cukup akrab.

2.     Saranghamnida

Saranghamnida ini merupakan kata lain selain saranghae yang digunakan untuk menyampaikan perasaan kita kepada seseorang. Hanya saja yang berbeda dari penggunaan kata saranghamnida ini biasanya digunakan untuk konteks yang lebih formal.

3.     Saranghaeng

Saranghaeng ini merupakan kata lain yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan kita kepada seseorang dengan lebih menggemaskan. Dalam bahasa kore biasanya penggunaan kata saranghaeng ini diucapkan untuk memperlihatkan sisi aegyo kepada pasangan. Selain digunakan untuk memperlihatkan sisi manis ternyata kata ini juga bisa digunakan saat kita sedang meledek orang yang kita sayangi.

4.     Saranghanda

Saranghanda ini merupakan ungkapan perasaan sayang kita kepada seseorang yang biasanya disampaikan lewat tulisan. Jadi jika anda sedang membuat surat cinta ataupun puisi untuk pasangan anda, kata Saranghanda ini yang paling cocok digunakan untuk menggambarkan perasaan cinta anda kepada orang tersebut.

5.     Nado Saranghae

Nado Saranghe ini merupakan ungkapan yang digunakan untuk membalas ketika ada orang yang menyatakan perasaanya kepada kita. Jadi jika kita juga sama – sama membalas perasaan cinta tersebut maka kita bisa membalasnya dengan mengucapkan Nado Saranghae.

Itulah beberapa versi dari penggunaan kata Saranghae yang bisa digunakan sesuai dengan konteks lawan bicara dan juga kondisi anda. Meskipun memiliki arti yang sama tetapi tetap saja anda juga harus mengetahui makna dari setiap kata tersebut agar anda tidak salah dalam menggunakannya kelak.

16 comments

  1. Iya memang sering banget denger kata-kata ini dalam percakapan drama korea, tapi lumayan jarang kalau drakor-nya bergenre sageuk/kerajaan yang bahasanya lebih formal. Ternyata ungkapan kata cinta dalam bahasa korea juga bermacam-macam ya, tergantung seberapa dekat dengan seseorang.

    ReplyDelete
  2. Ternyata mau ngomong aku cinta kamu gitu ada berbagai varian bahasa Koreanya, ya, Mbak. Yang paling sering dengar Saranghaeyo sama Saranghamnida.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata banyak turunan katanya ya. Terima kasih Mbak sudah mengulas ini, jadi tahu hehe.

    Saya taunya saranghae aja, ottoke, mianhae, gitu gitu aja 😄

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ada beberapa versi dari penggunaan kata Saranghae yang bisa digunakan sesuai dengan konteks lawan bicara dan juga kondisi kita ya..Jadi tahu saya kapan mesti digunakan

    ReplyDelete
  5. Semuanya artinya sama tapi beda suasana beda pengucapanya. Gumawo info.y

    ReplyDelete
  6. Informasi yang bagus Mba.. saya dulu cuma tahu saranghae, sekarang jadi tahu macam2 bentuk nya tergantung situasi dan kondisi

    ReplyDelete
  7. Banyak bentuk katanya ya ternyata si kata "saranghae" ini

    ReplyDelete
  8. Wah iya, sering banget dengar kata saranghae di drama Korea
    Ternyata ada banyak arti dan versi kata saranghae ya mbak

    ReplyDelete
  9. baru tau mbak macam-macamnya, arena taunya cuma sarangheyoooo hihihi

    ReplyDelete
  10. ternyata hanya beda sedikit, artinya beda ya
    demam korea dimana-mana ya mbak

    ReplyDelete
  11. Nado Saranghanda..kak Nunu.
    Jadi inget Nyai teriak di drama "it's okay to not be okay"

    Saranghae, Saranghandago, Saranghandanikka.
    ^^

    ReplyDelete
  12. Kata-kata yang selalu ada saat kita nonton drama Korea ya kosakata ini ya, Mbak Nunu. Hahaha. Lagi nonton drakor apa?

    ReplyDelete
  13. wah ternyata variasi saranghae banyak juga, sering denger di drama korea tapi ga gitu ngeh

    ReplyDelete
  14. Wah banyak banget variasinya, berarti tergantung "kedalaman" dan mau ditujukan kepada siapa ya

    ReplyDelete
  15. Kalau aku bisa cuma ngomong sarang burung.. love you sekebon.. wkwkw..

    ReplyDelete
  16. Kalau sekarang dipelesetin jadi "sarangbeo" hehehe. Aku juga jadi tau macam-macam 'sarang' nih, thanks to drakor. Mayan lah yaaa jadi ngerti dikit-dikit hehe.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam