Yuk, Kita Amalkan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud



Umat Muslim sangat dianjurkan untuk melafalkan doa setelah sholat tahajud. Pasalnya, Allah SWT akan senantiasa mengabulkan, mengampuni, serta memberikan semua yang dibutuhkan oleh hamba-hamba-Nya.

Adapun mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud yang umumnya dilakukan pada sepertiga malam. Namun, ada sebagian ulama yang menyebutkan bahwa sholat tahajud bisa dilakukan setelah sholat Isya asalkan harus tidur terlebih dahulu.

Lantas, bagaimanakah bunyi bacaan doa setelah sholat tahajud? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Bacaan Latin Doa Sesudah Sholat Tahajud

“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa’dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa muhammadun sahllallahu alaihi wasallama haqq. Was sa’tu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu, wa ma anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa anta mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.”

Artinya : “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagiMu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau Maha Benar. JanjiMu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepadaMu aku berserah. Hanya kepadaMu juga aku beriman. kepadaMu aku pasrah. Hanya kepadaMu aku kembali. KarenaMu aku rela bertikai. Hanya padaMu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali pertolongan Allah.”

Keistimewaan Sholat Tahajud

1. Sebagai Penyelamat Dari Siksa Api Neraka

Ada sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, menyebutkan bahwa terdapat 7 golongan yang mendapatkan perlindungan Allah SWT dari siksa api neraka. Ya, salah satunya adalah mereka yang senantiasa mengingat Allah SWT di keheningan sampai menjatuhkan air matanya Ketika menunaikan sholat tahajud.

2. Allah SWT Akan Mengabulkan Doa

Inilah yang membuat sholat tahajud menjadi waktu yang paling mustajab dalam memanjatkan doa. Di sepertiga malam, Allah SWT akan turun dari Arsy-Nya untuk mengabulkan permohonan bagi hamba-hamba-Nya yang berdoa setelah selesai menunaikan sholat tahajud.

3. Dapat Menyehatkan Tubuh

Sholat tahajud tak hanya sekedar ritual ibadah, melainkan juga memiliki beragam manfaat bagi Kesehatan tubuh. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa proses terbaik metabolisme dalam tubuh manusia itu terjadi di sepertiga malam.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika orang yang rajin menunaikan sholat tahajud selalu memiliki fisik bugar dan jarang sakit. Seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang senantiasa bugar sepanjang hari dan tak pernah mengalami sakit berkat rajin sholat tahajud.

11 comments

  1. Sangat bermanfaat sekali mba, untuk saya dan seluruh umat Muslim yg membacanya. Terkadang saya pribadi suka terburu-buru ketika sholat dan tak membaca doa dengan perlahan

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, besar sekali manfaat shalat tahajud bagi kaum muslim ya, Nu. Tinggal bagaimana diri kita yang bertekad melakukannya *ngomong sama diri sendiri.

    ReplyDelete
  3. Waah. Terima kasih telah mengingatkan tentang baik melalui artikel ini. Membangkitkan lagi semangatku utk salat tahajud

    ReplyDelete
  4. Sungguh banyak sekali nikmat yang didapatkan ketika melakukan solat tahajud ini yaaa terutama fisik bugar dan jarang sakit.

    ReplyDelete
  5. Ini pengingat banget buat kita, ya. Duh, apalagi saya masih bolong-bolong shalat tahajud Astaghfirullah.. semoga bisa mengamalkan sunnah ini lebih baik lagi. Makasih kaaakk :")

    ReplyDelete
  6. Sholat Tahajud sangat istimewa, mkch ya mba dingatkan lagi, Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud ini sangat bermanfaat banget buat aku amalkan biar selalu mendapatkan kelancaran.

    ReplyDelete
  7. Pengingat banget ini berikut jadi tahu doa setelah sholat tahajud. Biasanya saya cuma doa pakai bahasa Indonesia aja. Noted banget nih langsung dicatat. Makasih mba

    ReplyDelete
  8. aku pun ada bacaan setelah shalat tahajud mba, dapat dari ustadzku.. lumayan banyak dzikir2nya, kadang ada beberapa yang lupa dan harus lihat contekan hehe

    ReplyDelete
  9. Kak thanks remaindernya... Artikel ini jadi pengingat aku yang tahajudnya masih bolong-bolong

    ReplyDelete
  10. Makasih sharingnya kak, semoga bisa istiqomah bisa shalat tahajud terus, aminn

    ReplyDelete
  11. terimakasih telah menjadi pengingat ya kak :D

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam